Potensi Luar Biasa dan Hebohnya Pasar Wisata Situ Bagendit di Garut

GARUT (Paradiso) – Make over terus diberikan kepada destinasi wisata Situ Bagendit. Terletak di wilayah Garut, Jawa Barat, program Pasar Wisata Situ Bagendit 2018 pun sukses digulirkan pada 26-29 April. Menaikan pamor destinasi unggulan legendaris tersebut, respon positif pun ditunjukan oleh publik.

“Situ Bagendit ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Destinasi ini menarik minat wisatawan untuk datang. Respon publik juga bagus terhadap penyelenggaraan event Pasar Wisata Situ Bagendit,” Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dadang Rizki Ratman.

Mempromosikan Garut, Pasar Wisata Situ Bagendit menjadi magnet bagi wisatawan. Mereka terlihat memadati venue. Menikmati eksotisnya situ, hingga aneka menu yang ditawarkan Pasar Situ Bagendit. Pitana menambahkan, event Pasar Situ Bagendit ini sukses menjadi corong promosi pariwisata Garut. Sebab, mampu menarik massa dalam jumlah besar.

“Kalau melihat antusiasme publik, event Pasar Wisata Situ Bagendit ini sukses digelar. Pasar Wisata ini direspon luar biasa oleh pengunjung. Bagus sebagai bagian dari promosi Kabupaten Garut. Kami harap tahun depan bisa digelar lebih baik lagi,” lanjutnya.

Mengusung tema ‘Kulinerku di Destinasi’, Pasar Wisata Situ Bagendit juga sukses mengatrol kuliner asli Garut. Kuliner ini menggunakan bahan baku sederhana, seperti singkong, umbi, kacang tanah, ikan gabus, juga banyak lagi. Meski dari bahan baku murah meriah, tapi soal rasa jelas juara. Disulap jadi beragam kuliner, hasil olahan bahan baku itu justru ramai disertu wisatawan.

Bukan hanya cita rasa, tampilan dari kuliner tersebut juga menarik. Bentuknya unik, warnanya pun eye catching hingga terlihat sangat instagramable. Selain dewasa, para generasi milenial juga terlihat sangat menikmati kuliner-kuliner tersebut. Dadang menerangkan, kuliner Garut kini semakin berwarna dengan adanya sentuhan tangan kreatif.

“Garut selama ini identik dengan dodol. Padahal, di sini juga banyak tersaji kuliner-kuliner unik yang nikmat. Event ini mampu membangkitkan kekuatan lain kuliner Garut. Kini kuliner Garut menjadi lebih berwarna,” tutur Dadang lagi.

Sajian kuliner ini pun jadi semakin special. Sebab, Pasar Wisata Situ Bagendit juga menyajikan beragam hiburan. Parade seni budaya yang diitampilkan mulai dari genre tradisional hingga modern. Selain itu, ada juga seni kontemporer melalui seni rupa terapung di atas Situ Bagendit. Show ini menjadi replikasi kreativitas seniman-seniman di wilayah Garut.

“Sama seperti event lainnya, Pasar Wisata ini memberikan hiburan seni budaya. Yang membuat semakin berkesan, parade seni budaya ini asli kearifan lokal dari Garut. Para seniman di Garut memang kreatif sekali,” tambah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut Budi Gan Gan Gumilar. 

Selain didukung kekuatan kuliner dan culture, Pasar Wisata Situ Bagendit juga bermetamorfosa. Wajah situ semakin cantik dengan beragam spot selfie nomaden. Konsep ini pun semakin memanjakan kaum milenial. “Penyesuaian dilakukan Pasar Wisata. Ini seiring pesatnya industri digital dan style generasi milenialnya. Dengan mamasukan unsure digital, Pasar Wisata ini menjadi fomulasi ideal,” tuturnya.

Opini serupa dilontarkan Kepala Bidang Area Jawa Kemenpar Wawan Gunawan. Wawan mengatakan, generasi zaman now selalu tertarik dengan Destinasi Digital. Semua aktivitas dilakukan secara digital. Mulai dari mencari prodak hingga membandingkannya dilakukan secara digital. “Semua aktivitas para milenial bergeser ke konsep digital. Sesuatu yang instagramable. Situ Bagendit ini pun sudah mengarah ke sana,” tuturnya.

Terlihat lebih instagramable, Situ Bagendit pun kece untuk berselfie. Positioningnya kini lebih jelas yaitu esteem economy, lalu differentiation-nya pun instagramable dan digitalable photogenic. Untuk branding, destinasi zaman now. Budi Gan Gan menjelaskan, Situ Bagendit akan dibuat lebih instagramable.

“Evaluasi tetap dilakukan karena kami ingin Situ Bagendit terus berkembang. Setelah event ini selesai, kawasan Situ Bagendit harus lebih instagramable. Sebab, potensi Situ Bagendit memang besar. Kami gembira karena penyelenggaraan Pasar Wisata Situ Bagendit ini sukses. Kondisi ini tentu menjadi point plus,” tegas Budi Gan Gan.

Kadisparbud Jawa Barat Ida Hernida menerangkan, Pasar Wisata Situ Bagendit bisa didorong menjadi Destinasi Digital unggulan di Jawa Barat. Sebab, potensi besar dimiliki Situ Bagendit selain respon positif masyarakatnya. “Situ Bagendit ini bisa dikembangkan sebagai destinasi unggulan. Semua aspek sangat positif. Di sana juga bisa dikembangkan beragam event. Dengan begitu, jumlah kunjungan wisatawan naik. Ujungnya tentu perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah terkatrol,” kata Ida.

Sukses menggelar Pasar Wisata Situ Bagendit, apresiasi diberikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar pun menjelaskan, Situ Bagendit memenuhi semua aspek sebagai destinasi pariwisata termasuk digital. Sebab, aspek nature dan culture-nya kuat. Akses komunikasi bagi para pengunjung juga sangat bagus. 

“Kawasan Situ Bagendit ini memenuhi aspek 3A. Atraksinya, aksesibilitas, dan amanitas di sana sangat bagus. Komunikasi dan sinyal internet kuat. Padahal ini syarat utama Destinasi Digital. Pasar Wisata Situ Bagendit ini menjadi potensi besar untuk pengembangan Destinasi Digital. Ada banyak keunggulan di sana karena karakter Situ Bagendit ini kuat,” tutup Arief. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.