Potensi Pasar Singapura Digali KBRI dan Kemenpar Lewat Rising Merdeka Week 2018

JAKARTA (Paradiso) – Tingginya potensi wisatawan Singapura, terus dieksplorasi. Yang terbaru melalui Rising Merdeka Weeks 2018, di Paragon Shopping Mall, Singapura. Event ini dihelat KBRI dan didukung penuh Kementerian Pariwisata. Dan akan berlangsung 8-19 Agustus 2018. Wonderful Indonesia akan mengerahkan seluruh kekuatannya untuk menjaring wisman dalam ukuran jumbo.

Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengatakan, Singapura adalah salah satu pasar utama Indonesia. Wisman Singapura yang datang ke Indonesia pada tahun 2017, mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Yakni dari 1.472.767 wisman menjadi 1.512.813 wisman, naik sebesar 2,72 persen.

“Kenaikan yang sangat kecil ini menjadi catatan bagi Kementerian Pariwisata untuk me-maintain pasar utama. Caranya dengan memperkenalkan destinasi baru, memperbanyak kegiatan selling dan menjual paket wisata yang kompetitif,” ujar Pitana, didampingi Asisten Deputi Pemasaran 1 Regional I Masruroh di Jakarta, Kamis (2/8).

Selain menjadi hub internasional, lanjut Pitana, Singapura menjadi salah satu pasar prioritas Indonesia. Karena, lokasinya yang sangat dekat. Singapura juga memiliki beberapa titik cross border dengan Indonesia. Yaitu Batam dan Bintan.

“Ini juga momentum untuk kita mempromosikan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. Agar, buyers mendapatkan gambaran dan informasi tentang produk daya tarik yang dimiliki oleh Indonesia. Sehingga menambah daftar pilihan dari wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke Indonesia,” ujarnya.

Masruroh menambahkan, kegiatan kali ini bertepatan dengan HUT ke-73 RI. Karenanya, tema yang diangkat Rising Merdeka Week 2018 “Indonesia Today and Tomorrow”.

“Rising Merdeka Week 2018 merupakan event country promotion terintegrasi trade, investment dan tourism. Juga akan memamerkan serta mendorong aktivitas bisnis pelaku usaha kedua negara,” ujar Masruroh yang biasa disapa Iyung.

Sedangkan Paragon Shopping Mall di Orchard Road dipilih lantaran jadi pusat perbelanjaan yang memiliki jumlah pengunjung sebanyak 18 juta pada tahun 2017. Jumlah tenants sebanyak 311 toko. Kegiatan Rising Merdeka Week 2018 di prediksi memiliki nilai komersial sebesar USD 150.000.

“Mengingat tingginya angka pengunjung dari kalangan masyarakat Singapura serta wisatawan asing lainnya serta lokasi strategis Paragon di Orchard, maka kegiatan Rising Merdeka Week 2018 menjadi salah satu kegiatan promosi Wonderful Indonesia yang tepat sasaran. Oleh karena itu Kemenpar mendukung acara tersebut,” ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai Rising Merdeka Week 2018 di Singapura merupakan momentum yang paling potensial. Momen tepat untuk menjaring lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.

Apalagi, selama ini Singapura merupakan pasar pariwisata utama Indonesia. Dalam acara Rising Merdeka Week 2018, pelaku industri dari negara-negara lain juga akan turut serta sehingga memperbesar peluang promosi bagi Indonesia.

“Jumlah wisatawan mancanegara Singapura ke Indonesia selama ini adalah salah satu yang terbesar,” kata Arief Yahya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.