Potensi Wisata Kesehatan Belum Digarap Serius

TO GO WITH STORY "AFPLIFESTYLE-HEALTH-ASJakarta (Paradiso) – Potensi wisata kesehatan di Indonesia hingga kini masih belum digarap serius, padahal, jika dapat dikembangkan secara maksimal, setidaknya mampu menahan laju kunjungan wisatawan domestik untuk berobat ke negeri tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

Asnawi Bahar, President Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) mengatakan sudah ada dua rumah sakit yang sebetulnya akan disiapkan untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata kesehatan yakni Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung dan Rumah Sakit Dr. Cipto di Jakarta.

“Hanya saja, selama ini masih terus dalam proses pembahasan dan sebatas demo, belum ada langkah konkret untuk meningkatkan dan mempersiapkan diri baik dari segi kualitas pelayanan dan kesehatan,” ujarnya.

Dikatakan, selain itu, pemerintah pun harus dapat terus mendorong, dan memfasilitasi jaringan rumah sakit yang ada di Indonesia sehingga potensi tersebut dapat lebih maksimal, dan masyarakat Indonesia lebih senang berobat di dalam negeri.

“Potensi kita sebetulnya sangat besar dan perlu untuk dikembangkan. Sudah mulai banyak pula fasilitas medical yang modern tetapi kalau dari rumah sakitnya sendiri belum siap dari kualitas pelayanan, akan sulit bagi kami para travel agent untuk mempromosikannya dalam paket wisata,” katanya.

Ditambahkannya, dalam wisata kesehatan ini, pihak rumah sakit biasanya akan bekerjasama dengan biro perjalanan untuk membawa pasien beserta keluarganya mengelilingi berbagai destinasi wisata yang ada di sekitar rumah sakit. Dengan demikian pasein dapat berobat sambil berwisata.

Sementara Tazbir, Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenparekraf mengakui saat ini pengembangan wisata kesehatan di Indonesia masih belum terintegrasi, agresifitas untuk mempromosikannya pun masih kurang.

“Ya, kita harus terus bersinergi antara pemerintah, pihak rumah sakit, dengan biro perjalanan untuk menjual paket wisata kesehatan ini. Sebab, saat ini masih belum tergarap. Kita harus segera menggenjotnya, kalau tidak akan ketinggalan,” ungkapnya. (*/ant)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.