Promosi Belitung Lewat “Touring Superbike Ducati”

Mari Pangestu melepas Flagg Off Ducati Touring Superbike di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.
Mari Pangestu melepas Flagg Off Ducati Touring Superbike di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Jakarta (Paradiso) – Banyak cara untuk mempromosikan destinasi wisata, salah satunya dengan cara touring sepeda motor. Dalam rangka promosikan daerah wisata di Belitung, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung event Touring Trophy Superbike Ducati yang akan berlangsung di Belitung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka Pangestu mengatakan agenda ini merupakan cara kreatif untuk mengangkat daerah pariwisata.

“Banyak cara yang dilakukan untuk mempromosikan suatu lokasi pariwisata hingga membuat daerah menjadi terkenal,” katanya saat pelepasan Flagg Off Ducati Touring Superbike di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Mari menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah mempromosikan Belitung sebagai World Class Destination.  “Saya berharap event ini bisa mengangkat Belitung sebagai tujuan destinasi wisata di dunia. Karena potensi nya cukup besar,” ujarnya.

Belitung dikenal memiliki jalan aspal yang mulus dengan pemandangan pantai putih, laut biru, dan bebas dari kemacetan. Daerah ini menjadi lokasi pilihan untuk menggelar even ini. Dijadwalkan, titik Start dan Finish berada di lokasi pembangunan Belitung Highland Resort yang terletak di sebelah lokasi pembangunan Museum Maritim Nasional.

Acara ini merupakan ajang pertama yang diprakarsai oleh PT Bintang Berlian Belitung ini bekerjasama dengan Ducati Superbike Owner yang akan berlangsung tanggal 23 sampai 25 Mei 2014 di Belitung. Menurut catatan ada sekitar 600 motor Ducati di Indonesia, dan sebagian bergabung dalam Ducati Superbike Owner Indonesia.

Investasi Pariwisata Favorit

Provinsi Bangka Belitung sendiri menjadi destinasi investasi pariwisata terfavorit sampai kuartal satu tahun ini yang mencatat investasi di sektor pariwisata mencapai 11,385 juta dolar AS.

Belitung mulai ramai dibicarakan wisatawan sejak dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Destinasi seperti pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Mari Pangestu mengatakan total Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sektor pariwisata di Babel sampai kuartal 1 2014 mencapai 11,385 juta dolar AS atau sebesar 88 persen dari total investasi yang ada.

“Periode ini Provinsi Kepulauan Babel menjadi destinasi realisasi investasi tertinggi untuk PMDN sebesar 11,385 juta dolar AS dari total PMDN kuartal 1 2014 sektor pariwisata sebesar 12,888 juta dolar AS,” kata Mari.

Menurut Mari, hal itu menunjukkan telah terjadi penyebaran daerah investasi pariwisata oleh investor. Ia menambahkan peningkatan investasi itu sekaligus menunjukkan keseriusan investor untuk merealisasikan investasinya di Babel di mana realisasi PMDN kuartal 1 2014 yang setiap tahunnya didominasi oleh Bali dan DKI Jakarta.

“Pertumbuhan realisasi investasi Indonesia pada kuartal 1 2014 menunjukkan tingkat pertumbuhan yang sangat baik yaitu 130,128 juta dolar AS,” katanya.

Dibandingkan dengan kuartal 1 2013 meningkat 256,42 persen dan seluruh realisasi investasi itu sudah dimulai sejak Januari 2014.

Kesuksesan “Sail Belitung 2012” diakui mampu mendongkrak pertumbuhan investasi di Babel. “Investor hotel juga sudah semakin banyak yang masuk,” katanya.

Ia mencontohkan realisasi investasi dilakukan jaringan Hotel Aston pada awal 2014. Investor lain yaitu PT Bintang Berlian Belitung bekerja sama dengan PHM Hospitality dan Caldera Dewata yang segera merealisasikan investasi di Pantai Tanjung Tinggi di lahan 7,8 ha senilai Rp1 triliun.

Konsep yang diusung yakni resortainment pertama di dunia terdiri dari 184 kamar, 10 suites, 21 villa, floating waterpark teknologi Jerman, Pirates of Belitung, spa, gym, kids club, wedding chapel, beach club, dan tempat makan. (bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.