Promosi Pariwisata Indonesia Harus Lebih Vulgar

Wiryanti Sukamdani (tengah) dan Lola Amaria (kanan).
Wiryanti Sukamdani (tengah) dan Lola Amaria (kanan).

Jakarta (Paradiso) – Promosi pariwisata melalui cerita film masih belum banyak dilakukan di Indonesia. PadahalĀ  film bisa menjadi sarana yang sangat efektif mengenalkan keindahan alam dan keunikan budaya suatu daerah yang kemudian bisa menarik orang untuk datang.

“Setalah Laskar Pelangi dan Eat, Pray, Love, belum ada lagi film yang terbilang berhasil memberikan dampak pada pariwisata,” kata Lola Amaria saat menjadi pembicara dalam talkshow Film Sebagai Sarana Promosi Pariwisata Efektif, yang dilaksanakan di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center, Minggu (30/08/2014).

Produser film Negeri Tanpa Telinga tersebut, mencontohkan Amerika Serikat sebagai negara yang sukses meningkatkan popularitas wilayahnya lewat film. ” Banyak sekali judul film Amerika yang memakai nama daerah seperti Leaving Las Vegas, Crazy in Alabama, Hawai Five-O, New York I Love You,” ungkap Lola.

Apa yang dilakukan Amerika Serikat sebenarnya juga bisa dilakukan oleh Indonesia “Memang industri film di Amerika Serikat sudah besar dan mendunia, namun Indonesia masih belum terlambat jika kedepan ingin menjadikan film sebagai sarana promosi pariwisata,” jelas Lola lagi.

Artis, sutradara, dan produser film ini juga mengungkapkan bagaimana lokasi syuting film Sex and The City bisa menjadi sebuah paket wisata. “Ada paket tour yang mengajak orang melihat dimana saja tempat syuting film tersebut,” terang Lola.

Hal senada diungkapkan Wiryanti Sukamdani, Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI).

“Benar apa yang disampaikan Lola, kedepan film-film yang dibuat yang mengangkat Indonesia Judulnya harus dibuat lebih Vulgar artinya bisa menyebut langsung nama tempatnya misal Jakarta The Dream Land,” kata Yanti, yang juga menjadi pembicara dalam seminar tersebut. (Erwin)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.