Promosi Pariwisata, Kemenpar Perkuat Kerja Sama dengan Google

Jakarta (Paradiso) – Google sebagai salah satu penyedia konten internet paling populer di dunia, ternyata memberi kontribusi terhadap peningkatan traffic kunjungan di laman indonesia.travel hingga enam kali lipat. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan hal tersebut saat bertemu Sergey Brin, salah satu co-founder Google di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (28/12).

Menpar mengatakan bahwa konsumen wisatawan saat ini sudah bergeser ke arah digital dan mobile. Untuk itu, pihaknya akan terus bekerja sama dengan Google dalam hal digital marketing.

“Konsumen wisatawan asing saat ini sudah beralih ke digital dan mobile, mulai dari informasi hingga pembayaran. Sementara saat ini kita masih melakukannya secara tradisional. Untuk itu, kita harus mulai beralih ke digital marketing dan kita bermitra dengan Google,” ujar Arief.

Di tahun ini, sudah ada 5 negara top yang jadi target Kemenpar. Dan di tahun depan rencananya akan ditambah lagi jumlahnya. “Kerja sama ini diharapkan bisa mendorong Indonesia jadi nomor satu di digital marketing,” terang Arief.

Beberapa bentuk kerja sama yang akan dilakukan dengan Google antara lain melalui Google Ad, Youtube, ditambah semacam microsite di Google Plus yang memuat informasi mengenai Indonesia.

Terpesona Keindahan Raja Ampat

Sergey Brin mengutarakan niatnya untuk merekam alam bawah laut Raja Ampat, Papua yang memang menyimpan seribu keindahan dan memanjakan ribuan mata yang melihatnya, nantinya rekaman itu sesuai rencana akan ditampilkan di layanan Google Street View Under Water.

“Indonesia itu sangat indah. Banyak sekali tempat indah di Indonesia. Saya ingin menjadikan Raja Ampat sebagai salah satu daerah yang masuk ke dalam program underwater streetview dari Google,” ujar Brin.

Brin sendiri sebelum menyambangi Jakarta baru saja menghabiskan masa liburan Natal di Raja Ampat. Kedatangan CEO Google ke Indonesia memang sangat bertepatan sekali dengan nuansa liburan hari raya Natal.

Bagi orang terkaya di dunia dan tercatat menduduki peringkat ke-20 paling kaya tingkat dunia itu memberikan sebuah pengakuan apabila dirinya ini sengaja ingin membuktikan langsung bagaimana pesona dan keindahan alam yang tersimpan di tanah Papua tersebut yaitu Raja Ampat. Dan setelah akhirnya ia berhasil untuk melihat dan menikmati bagaimana pesona alamnya, pria beusia 42 tahun itu mengaku sangat terpukau. “Satu kata untuk Raja Ampat adalah ‘stunning’,” kata Brin.

Hal ini wajar saja, Raja Ampat memang menyimpan kekayaan alam yang mempesona, banyaknya terumbu karang dan keindahan alam yang dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Lautnya yang memiliki warna berbeda, tentu membuat pemandangan mata begitu indah, sehingga tak jarang banyak orang takjub melihat keindahan alam yang ada di Papua ini. Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki tempat wisata alam yang bagus dan menawan. (*/bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.