PT ASDP Raih Penyelenggara Pelayanan Jasa Angkutan Terbaik di Ajang TSMA 2017

Jakarta (Paradiso) – Di penghujung tahun 2017, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) merasa sangat bersyukur atas diraihnya predikat penyelenggara pelayanan jasa jasa angkutan Transportasi Laut dan Penyeberangan Terbaik I di ajang Penganugerahan Penghargaan Manajemen Keselamatan Penyelenggara Jasa Angkutan/Transportation Safety Management Award (TSMA) 2017 yang diselenggarakan pada Selasa, 19 Desember 2017 oleh Kementerian Perhubungan.

“Pencapaian ini merupakan kerja keras seluruh insan ASDP untuk memprioritaskan aspek keselamatan baik di sisi operasional maupun layanan kepada pengguna jasa. Bagi kami, keselamatan seluruh pengguna jasa adalah hal yang pertama dan utama,” tutur Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi usai menerima penghargaan di Jakarta, Selasa (19/12).

PT ASDP berhasil meraih peringkat I dengan nilai 94,32 yang diikuti posisi kedua oleh Dharma Lautan Utama dengan nilai 84,46 dan di posisi ketiga diraih oleh PT Pelni dengan nilai 83,49. “Memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa tentunya tidak lepas dari pengawasan aspek keamanan dan keselamatan. Keselamatan bagi kami bukan hanya kewajiban melainkan sebuah kebutuhan.Oleh karenanya, kami selalu berupaya meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan aspek keselamatan dan keamanan di lapangan lebih baik lagi sehingga dapat terwujud service excellent,” tuturnya.

Arahan dari Kementerian Perhubungan selaku regulator terkait aspek keselamatan sangat ASDP perhatikan. Pemenuhan alat-alat keselamatan yang sesuai standar, peningkatan kompetensi dan awareness sumber daya manusia tentang aspek keselamatan dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan regulator, diterapkan dengan sebaik-baiknya, “Ini adalah komitmen kami,” tegas Faik Fahmi.

Para penyelenggara pelayanan jasa angkutan yang mendapatkan penghargaan TSMA adalah merupakan perusahaan yang telah memiliki standar keselamatan tinggi dan tentunya memiliki resiko kecelakaan yang rendah.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pihak penyelenggara pelayanan penerima penghargaan TSMA yang telah membuktikan bahwa keselamatan bukan hanya pemenuhan kewajiban Undang-Undang melainkan sudah menjadi prasyarat yang melekat pada jasa moda transportasi,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo dalam sambutannya.

ASDP Siapkan Layanan Tiket Online di Angkutan Natal dan tahun Baru
Menghadapi Angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang diprediksi akan mencapai puncak pada akhir pekan mendatang, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah mempersiapkan peningkatan layanan bagi pengguna jasa.

“Kami menyediakan layanan pembelian tiket online untuk kemudahan pengguna jasa yan akan menyeberang. Pengguna jasa dapat menentukan jadwal keberangkatan sebelum hari keberangkatan tiba. Tentunya ini akan memberikan kenyamanan bertransaksi,” jelas Christine Hutabarat, Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Cukup pesan tiket melalui website ASDP dan pembayaran dapat dilakukan melalui ATM. Tidak perlu beli tiket di pelabuhan, sehingga dapat lebih menghemat waktu antrean, Pengguna jasa yang ingin membeli tiket ferry berjadwal secara online dapat menggunakan ponsel atau tablet dengan mengakses http://tiket.indonesiaferry.co.id. Pembelian tiket secara online berlaku untuk pemesanan maksimal H-1 keberangkatan.

Layanan penjualan tiket penyeberangan berjadwal secara online saat ini berlaku bagi penumpang, kendaraan roda dua, kendaraan roda empat (pribadi, pick-up, box barang) dan mobil travel jenis Elf. Bagi pengguna jasa yang membeli tiket melalui online dapat menikmati jalur khusus di pelabuhan dengan waktu scan barcode yang diterima setelah membayar tiket- lebih singkat, sehingga dapat lebih cepat menuju kapal.

Selain itu, PT ASDP menyediakan transaksi penjualan tiket di beberapa lokasi di luar area pelabuhan (bufferzone) diantaranya, untuk lintasan penyeberangan Merak ke Bakauheni di Rest Area KM.43 (beroperasi 22 – 25 Desember 2017 dan 29 – 31 Desember 2017 ) dan Terminal Rajabasa (beroperasi 31 Desember 2017 – 2 Januari 2018). Sedangkan untuk pengguna jasa di lintasan penyeberangan Ketapang – Gilimanuk terdapat di Jembatan Timbang Watudodol (beroperasi 22 – 25 Desember 2017 ) dan Jembatan Timbang Cekik (beroperasi 31 Desember 2017 – 2 Januari 2018). “ Di lokasi-lokasi yang kami sebut di atas, pengguna jasa dapat menikmati layanan tambahan ASDP berupa ruang istirahat yang nyaman, kursi pijat, tim medis dan layanan tambahan lainnya,” tambah Christine.

PT ASDP berharap dengan adanya layanan tambahan ini, pengguna jasa dapat menikmati perjalanannya dengan lebih memuaskan sehingga mendapatkan pengalaman menyeberang yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Sekilas Transportation Safety Management Award (TSMA) 2017
Dalam upaya mendorong terwujudnya keselamatan transportasi yang berkesinambungan maka pada tahun 2017 ini Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan Kegiatan Penilaian Manajemen Keselamatan Penyelenggara Jasa Angkutan/Transportation Safety Management Award (TSMA) yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan No. KP 799 Tahun 2017 tentang Penilaian Manajemen Keselamatan Penyelenggara Jasa Angkutan, dimana pelaksanaannya bekerjasama dengan Tim Penilai Independen.

Peserta penilaian adalah penyelenggara jasa angkutan darat, laut, udara dan perkeretaapian, baik yang dilaksanakan oleh BUMN maupun Swasta, sesuai dengan usulan dari masing-masinng sub sektor, dimana pada tahun 2017 peserta penilaian terdiri dari 35 operator jasa angkutan Kegiatan Transportation Safety Management Award (TSMA) bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sebagai pengguna jasa sektor transportasi, dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan.

Penilaian dilakukan berpedoman kepada Pedoman Penilaian dan kriteria sebagai berikut :
a. Organisasi (15%)
b. Sarana (Pelaksanaan Program) (35%)
c. SDM (Pelaksanaan Program) (40%)
d. Pendukung Manajemen Keselamatan (10%)

Kegiatan penilaian/termasuk penilaian ke lapangan telah dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Nopember 2017, dilanjutkan proses penetapan pemenang lomba pada bulan Desember 2017. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.