Pulau Weh Destinasi Utama Pariwisata Aceh

Aceh (Paradiso) – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menjadikan Pulau Weh sebagai destinasi utama pariwisata di provinsi ujung barat Indonesia tersebut. “Kami menjadikan Pulau Weh sebagai destinasi pariwisata utama di Aceh selain sudah dikenal di dunia, Pulau Weh potensinya menjanjikan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi di Banda Aceh, Senin (8/6).

Pulau Weh lebih dikenal dengan Sabang. Pulau ini merupakan wilayah administratif Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Selain dikenal banyak memiliki tujuan pariwisata, Pulau Weh yang jaraknya sekitar 18 mil laut dari daratan Pulau Sumatra, masuk dalam kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Sabang.

Menurut Reza Fahlevi, tujuan dijadikannya sebagai destinasi utama agar Pulau Weh menjadi pintu gerbang pariwisata Aceh, serta mendukung pariwisata di 23 kabupaten/kota lainnta di Provinsi Aceh.

“Dari Pulau Weh, wisawatan bisa melanjutkan pelancongannya ke berbagai destinasi wisata lainnya di Provinsi Aceh. Dan ini akan menguntungkan wisawatan karena bisa melihat keberagaman pariwisata di provinsi ini,” ujarnya.

Selain itu, tujuan menjadikan Pulau Weh sebagai destinasi utama adalah sebagai bentuk komitmen Pemerintah Aceh menjadikan Sabang sebagai daerah unggulan tujuan wisata nasional,” kata Reza Fahlevi.

Untuk menjadikannya destinasi utama pariwisata Aceh, kata dia, pihaknya memperkuat infrastruktur yang ada serta membangun informasi pariwisata Aceh agar wisatawan mengetahui destinasi wisata lainnya di provinsi ini.

Misalnya, kata dia, jika wisatawan ingin mengetahui pariwisata Islam, bisa berkunjung ke Banda Aceh. Atau pun ingin berwisata sejarah, bisa berkunjung ke Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. “Tidak hanya Sabang dengan Pulau Weh. Kami juga mempromisikan destinasi pariwisata lainnya di Provinsi Aceh. Karena daerah ini memiliki potensi pariwisata menjanjikan,” kata Reza Fahlevi.

Penyelam Medan Juara Festival Selam Pulau Weh

Penyelam asal Medan, Sumatera Utara, meraih juara pada Festival Selam Pulau Weh, yang dipusatkan di Pantai Gapang, Kota Sabang, Provinsi Aceh, 6-7 Juni 2015. Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Ramadhani Sulaiman mengatakan, penyelam asal Medan yang meraih juara pertama tersebut atas nama M Ilham Sulaiman.

“Yang bersangkutan menjuarai kelas bergengsi renang selam 5.000 meter. Atas prestasi tersebut, yang berangkutan meraih hadiah uang Rp5 juta plus trofi dan sertifikat,” kata dia.

Sedangkan juara kedua dan ketiga diraih Muhammad Habibi dan Anuar. Keduanya penyelam Kota Sabang. “Di bagian putri, juara pertama kelas 5.000 meter diraih Sissia Manaf dari Kota Langsa, juara kedua Salmawati dari Aceh Tengah dan Pooja dari Aceh Utara,” kata dia.

Reza Fahlevi mengatakan Festival Selam Pulau Weh diikuti 111 penyelam dari berbagai daerah di Indonesia. “Terdiri 73 laki-laki penyelam dan 38 perempuan penyelam. Mereka berlomba untuk dua kategori, yakni selam olahraga dan selam gembira,” kata Fahlevi.

Festival Selam Pulau Weh digelar untuk mempromosikan pariwisata Pulau Weh. “Selama ini, Pulau Weh, Kota Sabang, dikenal dengan wisata selamnya. Terutama di kawasan Pantai Gapang dan Pantai Iboih, dan Pulau Rubiah,” kata dia. ┬áSelain selam, Festival Selam Pulau Weh juga dimeriahkan dengan kompetisi kuliner. (*/ant)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.