Purbalingga Jadi Tuan Rumah Jambore Pokdarwis Tingkat Jawa Tengah

PURBALINGGA (Paradiso) – Purbalingga akan menjadi tuan rumah Jambore Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Kegiatan ini akan digelar 26-28 Juli 2019. Lokasinya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Pokdarwis dari 35 Kabupaten /Kota Se Jawa Tengah dijadwalkan hadir.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, Purbalingga ini memiliki banyak potensi wisata yang besar. Mulai dari alamnya, sejarahnya bahkan seni dan budaya tradisional khas Purbalingga,” tuturnya.

“Lembah Asri Serang yang menjadi tempat pelaksanaan Jambore Pokdarwis, adalah salah satu area yang dikelola oleh Pokdarwis. Sehingga sangat tepat untuk mempromosikan pariwisata Purbalingga. Bagi yang ingin saksikan Pokdarwis, silahkan datang ke Desa Wisata Serang, Purbalingga” tambah Dyah

Acaranya bakal dijamin seru. Selain sebagai ajang Kompetisi Pokdarwis se Jateng, Ada juga hiburan yang disajikan dengan unik. Mulai dari panggung hiburan, kuliner dan kerajinan gelar karya Pokdarwis.

Jambore Pokdarwis bukan sekadar kompetisi. Melainkan sebagai sarana untuk membangun sinergi dan meningkatkan citra Purbalingga, sebagai salah satu tujuan wisata utama di Jawa Tengah.

Para peserta bakal diperkenalkan dengan berbagai destinasi wisata. Mereka dapat belajar dan berdiskusi pengembangan wisata. Sekaligus memperluas jejaring untuk saling mempromosikan wisata di daerah masing-masing.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga & Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinoeng N Rahmadi mengatakan, jejaring promisi harus tercipta di wilayah Jawa Tengah. Sebab, sebuah daerah tidak bisa berjalan sendiri untuk memasarkan wisata unggulan. Pokdarwis Serang ini nantinya bisa menjual wisatanya pada Pokdarwis Brebes, bisa dijual di Klaten, bisa juga di Cilacap.

“Kami telah menyiapkan sejumlah destinasi unggulan untuk dikunjungi peserta. Di antaranya Rest Area D’Las, Pinesan, dan kebun buah stroberi, serta Goa Lawa Purbalingga (Golaga),” tuturnya

Sinung menambahkan, aktivitas jambore memang dipusatkan di Rest Area Serang. Tapi kami akan menampilkan daya tarik yang berdekatan dengan lokasi acara,” ujarnya.

Menteri Arief Yahya sangat mengapresiasi dengan Jambore Pokdarwis Jawa Tengah yang akan digelar di Purbalingga.

“Pokdarwis dapat menciptakan kominitas pariwisata yang kuat karena ekosistem industri pariwisata akan hidup lebih subur dan andal. Ini menarik. Pokdarwis didorong menjadi duta-duta wisata yang andal dan profesional dengan standar kelas dunia. Bupati dan Walikota di daerah, yang langsung berhubungan di depan dengan masyarakat, harus lebih banyak berperan untuk menciptakan sadar wisata di level yang paling dasar, masyarakat,” tutur Menpar, Arief Yahya.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.