Raffi-Nagita, Kartika Putri Promosikan Wonderful Indonesia, Siapa Nyusul?

JAKARTA (Paradiso) – Satu demi satu, artis-artis muda Indonesia mulai bangga dengan brand Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Setelah Pevita Pierce yang up load foto-fotonya di destinasi Tanjung Kelayang, Belitung dan Raja Ampat Papua, kini giliran presenter “Dahsyat” Raffi Ahmad dan istrinya Nagita Slavia, serta pembawa acara “Inbox” Kartika Putri mengisi instagramnya dengan foto pariwisata Indonesia.

“Semakin banyak artis yang peduli dengan pariwisata, semakin besar pengaruhnya, di domestic market maupun mancanegara, terutama negara tetangga Malaysia-Singapore, yang dekat secara budaya dengan Indonesia. Para artis itu berfungsi sebagai media, atau endorser. Yang kata-kata dan ajakannya biasanya didengarkan dan dijalani oleh fans-nya dengan suka rela,” ucap Menpar Arief Yahya, di Jakarta.

Menurut Menpar, POS –Paid Media, Own Media, dan Social Media—saja tidak cukup, harus digabung dengan “E” atau endorser media. Karena itulah, Kemenpar memberi kesempatan pada artis dan tokoh yang memiliki follower besar di social media untuk dijadikan pendongkrak brand Wonderful Indonesia. “Saya sedang menerapkan teori 3-I, yakni intensif, inovatif dan interaktif,” jelas Arief Yahya.

Intensif maksudnya, mempromosikan destinasi itu tidak bisa hanya sekali pukul, dengan rilis, terus selesai. Tidak bisa begitu, harus konsisten, terus menerus digempur, dengan berbagai informasi yang memikat orang, dari berbagai sudut pandang. Lalu inovatif, harus dilakukan dengan penuh kreasi baru. “Survei membuktikan video pendek 30 detik, 60 detik, paling disukai. Lalu, picture, dan selebihnya text. Tetapi harus penuh inovasi, dengan konvergency media, dikeroyok dari berbagai sisi,” kata dia.

Interaktif, kata dia, ini yang paling penting. Harus ada alat ukur, harus ada feedback yang bisa dilihat respons-nya. Misalnya Raffi punya 10 juta follower aktif di instagram, lalu 6 juta twiter, maka dalam waktu cepat bisa membuat tranding topic. “Nah, dari situlah ukuran sukses tidaknya meng-endorse sebuah tema pariwisata, destinasi maupun promosi,” kata Arief.

Dia juga mencontohkan Phillip Kottler, guru marketing dunia. Kalau tokoh itu berstatemen bagus, maka seluruh ahli marketing dunia percaya. Karena dia adalaha guru pemasaran kelas dunia. “Kita harus sadar, ketika brand kita belum kuat, kita masih membutuhkan endorser. Nike misalnya, dia masih terus berpromosi dengan banyak bintang sebagai endorser,” ungkapnya.

Arief juga mencontohkan Leonardo di Caprio, peraih Piala Oscar yang sedang berkunjung ke Taman Nasional Leuser Aceh. Nama Wonderful Indonesia langsung heboh luar biasa. Bintang film Hollywood yang mengawali debut dari drama film Titanic, yang diangkat dari kisah nyata tenggelamnya kapal pesiar itu, cukup menghebohkan dunia. Ada apa tiba-tiba Di Caprio peduli konservasi lingkungan? Mengapa memilihnya hutan tropis di Indonesia lagi?

Sama halnya dengan artis Julia Robert yang memilih lokasi syuting film Eat, Pray, Love, di Bali? Memang film itu sendiri tidak booming, tetapi cerita bahwa dia mengambil gambar berminggu-minggu dengan setting Ubud, Bali, maka jutaan pasang mata mengeksplorasi Pulau Dewata itu. Value Wonderful Indonesia menanjak cukup dramatik akibat karya cinematografi itu.

Mirip juga dengan James Bond 007 di Thailand? Pintarnya Negeri Gajah Putih itu, lokasi syuting itu diabadikan dengan nama James Bond 007, dan industry tour and travel di Thailand selalu menceritakan melalui tour guide-nya, bahwa lokasi itulah tempat James Bond syuting. “Artis itu punya fans, yang kadang kala tidak masuk akal karena cintanya. Karena ada fans fanatic inilah, apa yang diucapkan artis langsung menjadi trending topic dan diikuti sepenuh hati,” jelas Arief Yahya.

Di dunia entertainmen, Raffi, Nagita, dan Kartika itu sudah sangat popular. Bagaimana tidak? Hampir setiap hari tampil menghibur orang di TV. Apapun yang dilakukan Raffi dan Nagita selalu mendapat sorotan publik. Masih ingat momentum pernikahan mereka 2014 silam? Program bertajuk “Janji Suci Nagita – Raffi”? Sampai-sampai tayang dua hari nonstop selama 10 jam?

Tayangannya disiarkan live di Trans TV dan sukses menyedot perhatian masyarakat. Siaran live 16 dan 17 Oktober 2014 itu punya rating rata-rata 4.8 dengan share lebih dari 30 persen! Program pernikahan mereka ada di urutan ke 4 dari 100 program tertinggi ratingnya pada minggu ke-42 di 2014 silam. Fantastik! Dan hal itu sukses menaikkan channel share Trans TV dari 7.4 jadi 12,4. Ada kenaikan 67 persen. Lewat program Janji Suci Nagita – Raffi, saat itu posisi Trans TV yang ada di urutan ke-7 naik ke posisi empat besar dengan melewati Trans 7, MNC TV dan Indosiar. Trans TV hanya di bawah SCTV, RCTI dan ANTV pada minggu itu.

Di dunia maya, Raffi Ahmad juga seperti Dewa. Apapun yang diposting Raffi, selalu dihujani ribuan bahkan puluhan ribu komentar dari para followersnya. Simak saja postingan foto Rafathar Malik Ahmad, putra Raffi Ahmad di instagram, 23 September 2015.

Fotonya langsung mendapat lebih dari 97 ribu like dari followersnya. Nah, kedahsyatan inilah yang ingin diambil Menpar Arief Yahya untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. “Raffi ini memiliki followers hampir 10 juta di Instagram, dan Twitter 6 juta lebih. Jadi dia adalah tokoh muda panutan. Dengan Raffi posting gambar-gambarnya soal destinasi (wisata, red), pasti banyak yang tahu dan ingin juga,” tutur mantan Dirut Telkom itu.

Tak hanya Raffi dan Nagita, presenter Kartika Putri juga ikut digandeng.  Sama dengan Raffi dan Nagita, Kartika Putri juga dijadikan Duta Wisata Pesona Indonesia. Tugasnya, mempromosikan destinasi wisata Indonesia secara intensif, inovatif, dan juga interaktif. “Kemungkinan akan bertambah lagi. Artis-artis yang menjadi Duta Wisata Pesona Indonesia akan mempromosikan wisata dan budaya Indonesia secara interaktif lewat sosial medianya.” ujar Arief Yahya.

Raffi Bangga Jadi Endorser Pesona Indonesia

Apa kata artis Raffi Ahmad tentang Wonderful Indonesia? Pesona pariwisata Indonesia? “Saya senang bisa ikut mempromosikan pariwisata di tanah air. Saya sebenarnya baru sadar, network di media social begitu besar. Begitu aktif di twitter, langsung punya 7 juta followers. Sampai-sampai perusahaan medsos itu berkirim surat ke email saya. Mereka klarifikasi, apa betul? Ini akun saya?” ucap Raffi Ahmad.

Raffi n arief yahya2“Twitter sendiri tidak percaya, dalam waktu enam bulan followers saya naik drastis. Bagus juga mereka konfirmasi ke saya. Semula saya juga tidak terlalu ngeh, dengan followers. Sekarang baru tahu, bahwa mereka adalah teman di dunia maya yang sangat interaktif,” kata Raffi, yang mengaku followersnya sangat interaktif itu.

Dia yakin bisa menterjemahkan apa yang dimaui Menpar Arief Yahya dengan rumus 3-I itu.

Bahwa zaman itu cepat berubah. Media juga semakin “intensif, innovative dan interaktif.” Sosial media memberi peluang untuk memenuhi persyaratan 3-I tersebut. Semakin intensif, semakin efektif mempengaruhi opini public. Semakin innovative, semakin memikat perhatian public. Dan semakin interaktif, semakin hebat kedekatan dan semakin intim dengan public.

“Saya yakin, bisa membuat trending topic dengan hastag pariwisata. Saya sudah pernah mencoba, dalam beberapa hari, mendiskusikan dengan tema sesuatu di twitter, langsung menjadi trending topic,” ucap Raffi. Dengan followers 7 jutaan, dan itu follower aktif, tentu tidak sulit buat Raffi untuk menjadi endorser untuk mendapatkan tranding topic.

Raffi mengaku selama ini tidak banyak liburan atau jalan-jalan. Tetapi, begitu sudah berkeluarga dan punya anak, dia mulai berubah. Tuntutan keluarga, yang menghendaki ada masa-masa liburan, jalan bersama, tidak bisa dihindarkan. “Saya dulu nggak pernah mau liburan, sejak umur 15 tahun ke Jakarta, sampai saya mau nikah jarang banget liburan. Tapi setelah menikah, saya berubah. Saya jadi ingin lihat daerah-daerah eksotis di tanah air,” terangnya.

Begitu pun Kartika Putri, yang sudah geregetan untuk mempromosikan Wonderful Indonesia di medsos. “Orang Indonesia itu sangat terpengaruh oleh figure dan trend. Kalau figurnya mengenakan baju model tertentu, besoknya sudah banyak yang ikut-ikutan. Jadi, kalau figurnya jalan-jalan ke suatu tempat di tanah air, pasti banyak yang mengikuti trend itu,” kata Kartika, yang juga presenter Inbox itu.

Menpar Arief Yahya pun menawarkan kepada Raffi, Sagita dan Kartika untuk eksplorasi ke objek wisata yang akan ada event besarnya, seperti International Tour de Ijen Banyuwangi 2016, Festival Tambora 2016, Tour de Bintan 2016, Tour de Flores 2016 dan lainnya. “Kalian belum pernah ke Kawah Ijen kan? Ada bluefire, persis di atas kawah seluas 5000 hektare itu setiap pukul 01.00 sampai 03.00 WIB, Hanya ada dua di seluruh dunia, Ijen dan satu lagi di Iceland,” ujar Menpar Arief Yahya.

Tambora di Sumbawa, lanjut Arief Yahya, juga sangat cantik. Lengkap, ada gunung dengan sejarah yang sudah mendunia, Tambora. Ada Danau Satonda, danau yang airnya seperti Laut Mati, orang tidak tenggelam, atau mengapung saja jika mandi di sana. Ada Teluk Saleh, yang view-nya mengagumkan. Ada Pulau Moyo, yang menjadi langganan Lady Diana, Mic Jagger, dan selebriti dunia. Ada kombinasi, savanna yang luas, langit yang indah dan pemandangan yang sulit ditemukan di lokasi lain di Jawa. “11 April 200 tahun yang lalu, Tambora pernah menyapa dunia dengan letusan yang mempengaruhi musim,” kata Arif Yahya.

Tetapi soal mau ke mana, kapan, mempromosikan apa, tidak perlu khawatir. Indonesia punya 10 destinasi wisata unggulan. Ada Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Setelah itu Danau Toba di Sumatera Utara. Di dekat Ibu Kota, ada  Kepulauan Seribu. Eksotisme lainnya, juga bisa dinikmati di Tanjung Kelayang Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Wakatobi  di Sulawesi Tenggara, Morotai di Maluku Utara, serta Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur.

Soal festival dan event budaya, kata Menpar, juga ada ratusan jumlahnya. Tinggal disesuaikan dengan skedul dan tema-temanya saja. Siapa lagi artis, penyanyi, bintang film, presenter, yang bakal bergabung menjadi endorsernya Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia? Kita tunggu saja. (*/bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.