Raja Ampat Antusias Sambut Torch Relay, 10 Destinasi Andalan Disiapkan

JAKARTA (Paradiso) – Antusias masyarakat menyambut Asian Games 2018 tidak hanya marak di Pulau Jawa. Tapi, terjadi juga di Timur Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Raja Ampat dipercaya sebagai salah satu lokasi persinggahan pawai obor (Torch Relay) Asian Games 2018, 26-28 Juli mendatang.

Potensi wisata bahari Raja Ampat akan jadi bagian dari rangkaian 50 kabupaten/kota di 16 provinsi di Indonesia yang akan dilalui obor Asian Games.

“Jadi kami di daerah sudah rapat dua kali dengan panitia pusat Asian Games (Inasgoc). Seluruh stakeholder mendukung kegiatan api Asian Games itu di Raja Ampat,” ungkap Anggota Inasgoc Yusdi Lamatenggo di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Sabtu (21/7).

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengatakan, Obor Asian Games tidak salah bila singgah ke Raja Ampat. Keindahan alam Raja Ampat gaungnya sudah mendunia. Tidak kalah dengan Maldives. Demikian juga destinasi underwaternya. CNN travel dan TripAdvisor selalu menempatkan Raja Ampat sebagai the best dive site, the best snorkel site yang meyakinkan.

“Raja Ampat potensinya luar biasa. Juara di dunia. Atraksinya juga oke. Tinggal memikirkan akses dan amenitas, agar standar dunia,” jelas Arief Yahya.
Berikut 10 Destinasi terbaik di Raja Ampat versi Tripadvisor.

1. Pantai Pasir Timbul

Alam Raja Ampat yang sudah luar biasa, masih ditambah dengan keajaiban yang istimewa, yaitu pasir timbul. Atraksi ini menjelma menjadi sebuah pulau pasir. Lokasinya berada dekat dengan Pulau Mansuar. Seperti layaknya pulau pasir lainnya, pulau di salah satu destinasi wisata di Raja Ampat paling hits ini akan menunjukkan pasir putihnya jika air laut sedang surut.

Inilah momen yang pas buat kamu berselfie dan menjejakkan kaki sebelum pulau hilang disapu air laut saat pasang.

2. Wayag

Wayag juga termasuk salah satu ikonnya Raja Ampat. Jejeran batu karang berbalut warna hijau di tengah lautan biru yang menyajikan panorama luar biasa indah membuat Raja Ampat begitu mendunia. Tidak sulit untuk bisa mendapatkan momen yang mengesankan di Wayag. Berpose dengan latar belakang pemandangan yang aduhai pun sudah menjadi keharusan tersendiri.

3. Pianemo

Ingin sekadar menikmati pemandangan alam Raja Ampat dari ketinggian, Pianemo adalah spot yang pas untuk itu. Gugusan batu karang dan birunya laut bisa dilihat dari ketinggian. Karena potensi yang ditawarkan, tidak sedikit juga yang menyebut Pianemo sebagai Wayag mini.

4. Arborek

Jika kamu ingin bertemu dengan warga lokal, sekaligus menikmati panorama yang indah, Pulau Arborek adalah yang harus kamu kunjungi. Hampir semua warganya memiliki keramahan dan senyuman yang lebar, siap menyambut dengan tangan terbuka siapa pun yang datang ke kampung mereka.

Satu peringatan untuk kamu yang ingin berkunjung ke kampung Arborek, jangan sampai tercuri hati karena ketulusan yang ditunjukkan warganya.

5. Puncak Harfat Jaya

Puncak Harfat Jaya memang tujuan favorit wisatawan untuk hiking. Sebab dari puncaknya anda akan menyaksikan pemandangan yang sangat memesona. Untuk menggapai Puncak Harfat Jaya tidak dibutuhkan waktu yang lama. Hanya kurang lebih selama 30 menit saja.

Namun, bukan berarti mudah untuk dilakukan. Butuh stamina yang prima untuk bisa melangkahkan kaki di puncaknya. Tetapi jangan khawatir, sebab selama pendakian, Sahabat Sporto akan menjumpai pemandangan indah yang dapat menggusur rasa lelah.

6. Pagoda Sapta Ratna

Wihara Buddha Jayanti Kota Sorong memiliki bangunan Pagoda Sapta Ratna. Dibangun pada tahun 1992, semula dimaksudkan sebagai tempat penyimpanan abu jenazah umat Buddha, kini juga bisa dijadikan tempat latar belakang berfoto.

7. Manta Sandy

Berenang besama pari manta menjadi salah satu incaran wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat, Papua Barat. Tak heran, salah satu tempat berkumpulnya pari manta jadi tempat penyelaman tersibuk di Raja Ampat.

Ialah Manta Sandy, yang jadi tempat berkumpul, mencari makan, dan membersihkan diri pari manta. Spot yang berada di kawasan Selat Dampier ini cukup dekat dari Pulau Arborek, sekitar 15 menit dengan speedboat. Spot Manta Sandy termasuk ke dalam Kawasan Konservasi Perairan (KKP), Selat Dampier, salah satu dari lima KKP yang ada di Raja Ampat.

8. Goa Keramat Pulau Misool Raja Ampat

Di sana wisatawan tak hanya bisa melainkan pantai saja. Terdapat sebuah gua yang menyimpan misteri dan mengundang penasaran. Gua itu bernama Gua Keramat dan berada di Teluk Tomolol.

wisatawan harus menggunakan speed boat yang disewa dari Desa Harapan Jaya. Perjalanan harus ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Wisatawan pun disarankan untuk menyewa pemandu lokal agar mendapatkan informasi mendetail mengenai objek wisata yang akan dikunjungi.

9. Teluk Kabui

Bebatuan karst, suguhan pemandangan hijau, birunya air laut, hingga lanskap yang indah jadi alasan kenapa Raja Ampat jadi tempat wajib untuk dikunjungi. Selain Pulau Wayang dan Pulau Painemo yang menawarkan panorama bak surga, ada pula Teluk Kabui yang tak boleh dilewatkan.

Karst satu ini cukup menarik perhatian, sebab bentuknya yang unik dan berbeda dengan bebatuan pada umumnya. Karena berada di tengah teluk yang dikelilingi air jernih berwarna hijau, kamu bisa melihat terumbu karang dari atas.

10. Pantai Yeben

Pantai Yeben terletak di pulau yakni Pulau Yeben. Memakan waktu sekitar 1,5 jam dari Pantai Cemara, jarak yang lumayan jauh.

Tapi, tentunya terbayar dengan panorama menakjubkan di pantai Yeben. Pantainya memiliki pasir putih yang sangat halus.

Jika kamu melihat ke laut, maka dapat dipastikan terpukau karena airnya yang sangat jernih. Bahkan, Anda bisa melihat ikan aneka warna bebas berenang tanpa perlu menyelam karena airnya yang bening. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.