Realisasi Investasi Pariwisata Meroket Sebesar 256,3%

Jumpa pers Hospitality Investment World (HIW) Indonesia 2014.
Jumpa pers Hospitality Investment World (HIW) Indonesia 2014.

Jakarta (Paradiso) – Hingga Kuartal I 2014 (Maret 2014), nilai realisasi investasi pariwisata telah mencapai angka 130,13 Juta dolar AS, dengan PMA sebesar 117,24 Juta dolar AS dan PMDN sebesar 12,86 Juta dolar AS.

Apabila dibandingkan dengan nilai realisasi investasi pariwisata pada Kuartal I tahun 2013 (sebesar 36,51 Juta dolar AS) atau mengalami peningkatan sebesar 256,43 persen.

Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf, Firmansyah Rahim mengatakan membaiknya kinerja pariwisata Indonesia yang ditunjukan dengan peningkatan jumlah wisatawan, daya saing yang menguat, membuat persepsi positif dunia internasional terhadap Indonesia kian membaik.

“Kondisi ini, membuat Indonesia menjadi negara tujuan investasi pariwisata paling menarik bagi para investor, baik dalam maupun luar negeri. Peningkatan ini menunjukan bahwa investasi pariwisata kita tengah menjadi sorotan investor dunia,” ujar Firmansyah di Jakarta dalam acara Hospitality Investment World (HIW) Indonesia 2014.

Dikatakan, meski di tengah kondisi perpolitikan yang terjadi pada tahun pemilu ini, sama sekali tidak mempengaruhi minat investor untuk terus menanamkan modalnya di Indonesia.

Indonesia dinilai menonjol pada kategori culture and heritage (budaya dan warisan sejarah) dan rich natural resources (kekayaan dan keindahan alam). Untuk faktor harga, Indonesia dipandang sebagai destinasi yang berdaya saing karena value for money berada pada peringkat 9 dalam daya saing harga dari 140 negara yang diteliti WEF.

Firmansyah menjelaskan kegiatan HIW 2014 diharapkan akan menjadi forum yang akan mempertemukan pemilik hotel lokal dan internasional, operator dan service management hotel. “Ini penting untuk membahas strategi meningkatkan pertumbuhan pariwisata dan perhotelan di Indonesia,” katanya.

HIW 2014 diselenggarakan oleh Kemenparekraf bekerja sama dengan Terrapin Singapura mengangkat tema “Meet Indonesia’s Leading Hospitality Owners, Operators, and Investors’’.

Firmansyah mengatakan Indonesia menjadi negara tujuan investasi pariwisata paling menarik bagi investor karena kinerja pariwisata Indonesia belakangan ini terus meningkat. “Di samping itu, daya saing Indonesia semakin kuat, serta persepsi positif dunia internasional terhadap Indonesia semakin membaik,” katanya.

The World Travel & Tourism Council (WTTC) menyebutkan peran pariwisata semakin signifikan dalam perekonomian global.  Tahun 2013, pasar pariwisata dunia sudah mencapai 7 triliun dolar AS, sedangkan pada 2014 diperkirakan pertumbuhannya bisa mencapai 4,2 persen.

Indonesia dinilai sebagai negara yang berhasil memanfaatkan momentum itu, sehingga dalam kelompok G20 Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan pariwisata tinggi. “WTTC memperkirakan tahun 2014 ini Indonesia berpeluang mencapai pertumbuhan kunjungan wisman 14,2 persen dan wisnus 6,3 persen. Kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian diperkirakan bisa mencapai 8,1,” katanya.

Pihaknya mencatat menguatnya daya saing pariwisata Indonesia juga menarik para investor. Data The Travel and Tourism Competitiveness Index yang dilansir World Economic Forum (WEF) 2013 menyebutkan daya saing pariwisata Indonesia mampu naik empat peringkat. “Bila tahun 2012 berada di peringkat 74, pada 2013 berada di peringkat 70 dengan keunggulan daya saing alam harga, sumber daya alam, maupun prioritas kebijakan pariwisata,” katanya.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia, Wiryanti Sukamdani, mengungkapkan Industri perhotelan dan restoran masih akan tetap mendominasi nilai investasi pariwisata sepanjang tahun ini. Itu karena potensi dan pembangunan untuk meningkatkan peluang peningkatan pariwisata berbagai daerah di Indonesia masih belum seimbang.

“wisatawan anak muda masih mendominasi sepanjang tahun ini hingga berkisar 53%. Sebab itu pembangunan hotel pada tahun ini campuran antara hotel budget (tanpa bintang) dan hotel upscale (bintang 4 atau 5),” ujarnya.

Ikon Kuliner Indonesia Mendunia

Hadir dalam acara Hospitality Investment World (HIW) Indonesia 2014 ini beberapa stakeholder di bidang perhotelan yang menandatangani MoU untuk menghadirkan ikon kuliner Indonesia di jaringan hotel mereka.

Di antaranya adalah Chairman Tauzia Group Hotel Marc Steinmeyer, Chairman Sahid Group Hotel sekaligus Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Wiryanti Sukamdani, Chairman Panorama Hospitality Management Christian Kuntadi, dan Chairman Carlson Panorama Hospitality Javier.

“Ini saatnya bagi Indonesia untuk memperkenalkan kulinernya ke seluruh dunia. Indonesia memiliki banyak sekali resep makanan yang fantastis. Tantangannya adalah menumbuhkan rasa bangga atas kuliner yang dimiliki Indonesia,” kata Steinmeyer.

Selain itu, Wiryanti Sukamdani menilai bahwa kuliner khas Indonesia harus bisa hadir di berbagai wilayah di dunia seperti apa yang telah dilakukan Malaysia, Thailand, dan Vietnam terhadap kuliner khas negaranya.

“Di luar negeri belum banyak restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia, sementara restoran khas Thailand, Vietnam, dan Malaysia mulai bermunculan dimana-mana,” ujarnya.

Menurut Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus dan MICE Kemenparekraf Achyaruddin, pemerintah akan memberikan coaching clinic kepada para chef dari hotel-hotel yang ingin menyajikan menu kuliner Indonesia. “Pada 2 Mei nanti pemerintah akan mengadakan coaching clinic di New York untuk 5 hingga 6 makanan dari total 30 ikon kuliner Indonesia,” jelas Achyar.

Achyaruddin juga mengharapkan pengembangan kuliner Indonesia ini akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat khususnya para petani pangan.

Selain kuliner, pemerintah akan mengembangkan spa khas Indonesia agar dikenal secara mendunia layaknya shiatsu ala Jepang, Thai massage, dan lain-lain. “Terdapat 9 budaya spa tradisional Indonesia yang akan dikaji secara mendalam untuk dikembangkan sebagai salah satu sektor pendukung pariwisata,” ujarnya. (bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.