Resmi Dibuka, Sail to Bintan 2018 Bagian dari Konsentrasi Kemenpar di Crossborder

BINTAN (Paradiso) – Utamakan yang utama. Hal itu lah yang sering diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam berbagai kesempatan. Ungkapan menteri asli Banyuwangi itu terus dibuktikan dengan mendukung berbagai event di perbatasan atau biasa disebut dengan Crossborder.

Hal itu terlihat juga di perhelatan Sail to Bintan yang resmi dibuka pada tanggal 4 November 2018 di Lagoi Bay, Bintan.

“Di bulan Desember ini dan tahun 2019 pak Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu memberikan arahan agar pariwisata di perbatasan harus terus digenjot dan inovatif agar kunjungan wisatawan terus meningkat. Sail Bintan 2018 ini sangat atraktif dan penuh inovasi dalam cara mendatangkan wisatawan. Kita harus manfaatkan ini dengan publikasi yang baik,”ungkap Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani seperti disampaikan Kiagoos Irvan Faisal, Kepala Bidang Pemasaran Area II (Kep.Riau) dalam sambutan resminya.

Giri meminta kepada semua pihak industri maupun panitia pelaksana untuk meramu event dengan publikasi yang cantik. Publikasi yang telah ditetapkan oleh tim Kemenpar adalah dengan mengedepankan unsur pra event, on event dan pasca event. Tujuannya jelas, untuk mengundang seluruh wisatawan agar datang ke Indonesia.

“Jadi semua promosi platform media harus sama-sama dilakukan oleh semua pihak terkait. Sosial media maupun media konvensional. Karena Kemenpar terus melakukan ini dengan konsisten, harus dilakukan juga oleh semua,” kata Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Masruroh yang juga dibenarkan oleh Irvan.

General Manager Bintan Resort Cakrawala Lagoi Bintan Abdul Wahab juga mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan Kemenpar. Karena, dengan dukungan-dukungan Kemenpar maka event berskala internasional itu dapat terlaksana dengan berkesinambungan.

“Momen Wonderful Sail Indonesia kita terus manfaatkan dengan baik momentum ini. Karena ini bisa terus memperkenalkan Bintan yang indah ini ke wisatawan. Ini akan kami ikuti setiap tahun dan berturut-turut,”kata Abdul Wahab. Abdul juga memberikan apresisi kepada pemerintah setempat karena dengan perhatian dan koordinasinya mampu terus melahirkan event-event di Bintan yang berkualitas.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zainal Prawira menjamin dan mempersilahkan kepada semua industri maupun pihak yang ingin menggelar acara berkualitas di Bintan. Karena Bintan punya semuanya. Fasilitas nomer wahid. Akses, Amenitas, dan Atraksi juga mumpuni.

Masruroh juga mengatakan yang sama. Bahkan bukan hanya Bintan, Batam juga siap menyambut wisatawan Crossborder apalagi jelang Tahun Baru 2018.

Wanita yang biasa disapa Iyung itu menyebutkan contohnya seperti Industri di Batam yang menawarkan ragam paket menarik.

“Banyak event menarik yang sudah di-create sampai malam pergantian tahun baru. Bagi yang senang sport tourism, konser, semuanya ada. Sikahkan cek jadwal dan agendanya,”kata Iyung.

Di Batam, pilihan wisatanya pun sangat lengkap. Mulai Pulau Penyengat, Gedung Gonggong, Kota Rebah, Patung Seribu, Kelenteng Senggarang, Laguna Treasure Bay, Lagoi Bay, Trikora Beach Telaga Biru, hingga Pulau Beralas Pasir.

Belum termasuk wisata belanja di Nagoya Mall, bermain kano di Pulau Galang, trekking di Historical Camp Vietnam, snorkeling di Pulau Abang, dan trail bike di Pulau Galang. Wanita berhijab itu juga mengajak berwisata dengan harga murah saat weekdays.

“Sekarang makin menarik lagi. Kini sudah ada paket Hot Deals. Banyak potongan harga yang bisa dinikmati ‪dari Senin sampai Kamis. Spa, golf, kuliner, belanja, sampai potongan harga feri, semuanya ada. Jadi, silakan ke Batam dan Bintan saat weekdays,” ajaknya.

Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Kemenpar di Singapura Sulaiman Shehdek melengkapinya dengan uraian singkat tentang destinasi Batam dan Bintan.

“Paket leisure Batam dan Bintan sangat cocok untuk Singaporean. Dari anak muda, orang tua, sampai keluarga, semuanya ada,” paparnya.

Semangat industri-industri di Batam Bintan diacungi jempol oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurutnya, itulah resep paling ampuh untuk mencapai target di tahun 2019.

“Kalau mau memajukan sektor pariwisata memang harus seperti itu. Sektor ini harus dikeroyok rame-rame. Kalau kita bersinergi, saya yakin tidak ada yang bisa mengalahkan pariwisata Indonesia. Melalui Indonesia Incorporated kita akan bigger-broader-better together, apalagi di Crossborder seperti Kepulauan Riau,” terangnya.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.