Ribuan Peserta Ikuti Jakarta Marathon 2014

marathon4Jakarta – Ribuan peserta Festival City Marathon tepat pada pukul 05.00 WIB mulai berlari. Para peserta lari akan menempuh jarak bervariasi. Minggu (26/10/2014) subuh, peserta mulai berkumpul di Silang Daya Monas.

Para peserta lomba lari ini menggunakan baju putih tulisan ‘Festival City Marathon’ dan mengenakan celana pendek. Masih belum diketahui apakah Jokowi hadir dalam acara ini. Ada 5 kategori lomba yaitu full marathon (42,195 km), half marathon (21 km, finis di Jln. HR Rasuna Said), 10 Km (finis di Jln. Hayam Wuruk), 5 Km (finis di Jln. Pintu Besar Selatan), serta Maratoonz (untuk anak-anak).

Rute yang dilalui yakni mulai dari Silang Monas Barat Daya menuju Jl Budi Kemuliaan – Jl Abdul Muis – Jl Majapahit – Jl Gajah Mada.

Selanjutnya dari Jl Pintu Besar Selatan – Jl Kunir – Jl Lada Dalam (Museum Sejarah Jakarta) – Jl Hayam Wuruk – Jl Juanda – Jl Pos (Pasar Baru) – Mesjid Istiqlal – Jl Veteran. Dari jalan Veteran masuk ke Jl Medan Merdeka Barat – Jl MH Thamrin – Jl Imam Bonjol – Jl Rasuna Said.

Dari Rasuna Said, pelari diarahkan berputar di Pancoran menuju Jl Gatot Subroto – Jl Gerbang Pemuda – Jl Asia Afrika – Plaza Senayan – Jl Hang Tuah – Jl Sisingamangaraja – Jl Sudirman – Jl MH Thamrin – Silang Barat Daya.

Dimenangkan Para Pelari Kenya

Para pelari kelas dunia asal Kenya menguasai jalannya marathon. Mereka dominan di kategori half marathon (21 kilometer) dan full marathon (42,195 kilometer).

Untuk kategori half marathon putra, Joseph Nwangi Ngare finis pertama dengan catatan waktu 1 jam 4 menit 12 detik. Finis kedua adalah Silas Mututi Gmchori (1 jam 6 menit 16 detik), disusul Collins Kipkorin (1 jam 11 menit 13 detik).

Sedangkan kategori half marathon putri dimenangi Peninan Kigen (1 jam 14 menit 24 detik). Edinan Koech (1 jam 18 menit) dan Jacline Taziro (1 jam 31 menit 20 detik) menyusul finis kedua dan ketiga. Para pelari di atas berasal dari Kenya.

Untuk nomor full marathon, Julius Seurei menjadi juara putra dengan catatan waktu 2 jam 14 menit 51 detik. Posisi kedua ditempati Kennedy Liken Kipro (2 jam 16 menit 47 detik), dan Yusuf Sowgoka (2 jam 23 menit 10 detik) finis ketiga.

Di bagian putri, atlet yang finis tiga besar berasal dari Kenya. Mereka adalah Nyansikera Winfridah (2 jam 40 menit 25 detik), Mercy Jemutai (2 jam 43 menit 17 detik), dan Elizabeth Jenuyut Chemweko (2 jam 43 menit 44 detik).

Jakarta Marathon merupakan event tahunan yang diselenggarakan Inspiro, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Event ini juga bertujuan untuk menjadikan Jakarta sebagai destinasi sport tourism dunia.

Pelari Dihibur JKT48

Grup vokal JKT48 menghibur para pelari sekaligus menutup acara Jakarta Marathon 2014. Dalam acara ini, lebih dari seribu pengunjung dan peserta lomba menonton aksi JKT48 di panggung di dekat Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Dalam acara penutupan itu, mereka membawakan lima lagu pilihan. Walau cuaca panas terik, para peserta lomba tetap gembira dan bernyanyi bersama setelah menyelesaikan rute maraton pilihan mereka.

Lomba pada tahun ini merupakan perhelatan yang kedua. Lebih dari 14 ribu peserta maraton melintasi rute sepanjang 42 kilometer yang melewati Monas, Gatot Subroto, dan Kota Tua.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menunjuk JKT48 sebagai duta pariwisata DKI Jakarta yang memiliki slogan Enjoy Jakarta. Penampilan JKT48 pada Jakarta Marathon 2014 diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, terutama yang berasal dari Jepang. (bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.