Ribuan Rombongan Mudik Gratis Diberangkatkan di Silang Monas

JAKARTA (Paradiso)- Kurang dari seminggu menjelang Idul Fitri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melepas rombongan mudik gratis yang dimulai Sabtu (9/6) pagi di silang Monas. Sabtu ini rombongan pemudik yang dilepas terdiri dari 133 bus dan 5.985 penumpang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi, yang melepas rombongan pemudik, menyatakan apresiasinya terhadap para pemudik dan petugas yang turut serta melancarkan program Mudik Bareng 2018.

“Saya mengapresiasi pemudik yang turut memanfaatkan program pemerintah ini, demi tujuan penyelenggaraan Angkutan Lebaran yang lebih lancar dan berkualitas,” ujarnya saat ditemui di silang Monas, Sabtu (9/6).

Acara pelepasan rombongan mudik gratis oleh Kemenhub yang dimulai Sabtu (9/6) ini secara bertahap akan dilaksanakan hingga Rabu (13/6) mendatang. Acara serupa juga akan digelar di beberapa titik lain yaitu di Tangerang (Kantor Pemkab Tangerang, 10 Juni), Depok (Terminal Jatijajar, 11 Juni), dan Bekasi (Kantor Pemkab Bekasi, 12 Juni).

Hingga per 9 Juni, data sementara total pemudik yang telah terdaftar sebanyak 41.615 penumpang dan 1.823 unit motor. Jumlah ini telah memenuhi kuota mudik gratis yang disediakan pemerintah. Demikian pula untuk arus balik, kuota telah terisi sebanyak 96%.

Dalam acara pelepasan peserta mudik gratis oleh Kemenhub ini, Budi didampingi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Hindro Surahmat, Direktur Pembinaan Keselamatan Ahmad Yani, serta Direktur Angkutan dan Multimoda Cucu Mulyana.

Untuk menjaga keselamatan peserta mudik bareng ini, Kemenhub telah melakukan langkah preventif terkait keselamatan. “Kami telah menerbitkan surat edaran pada pihak terkait untuk melakukan pengawasan dan pelaksanaan, salah satunya dengan rampcheck,” lanjut Budi.

Kegiatan rampcheck ini dilakukan bagi kendaraan yang akan digunakan untuk operasional mudik bareng dan dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Keselamatan dengan dibantu oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), serta Dinas Perhubungan Provinsi dan Kota.

Tak hanya itu, Kemenhub juga menegaskan bahwa kondisi kesehatan pengemudi harus diperhatikan sebagai salah satu syarat mengoperasikan kendaraan. Oleh karena itu, saat pelepasan mudik gratis ini juga dilakukan tes urine bagi para pengemudi yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memastikan bahwa pengemudi bus mudik ini dalam keadaan sehat dan tidak di bawah pengaruh narkoba. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.