Rotary District 3410 Berkarya di PAUD Pelangiku Jombang

JOMBANG (Paradiso) – Rotary Club District 3410 Bandung baru – baru ini mengadakan kegiatan pengolahan limbah anorganik di PAUD Pelangiku Jombang. Acara ini cukup menyenangkan dan menggembirakan bagi peserta rotary dan anak-anak PAUD.

Rotary club adalah organisasi sosial kemasyarakatan dengan layanan internasional. Berkomitmen dalam program pelayanan sosial dengan fokus kegiatan pada 6 area focus. Untuk Indonesia terbagi atas dua wilayah pelayanan yang dikenal dengan nama distrik. Distrik 3410 untuk Indonesia Bagian Barat dan Distrik 3420 untuk Indonesia Bagian Timur. Kabupaten Jombang merupakan wilayah/distrik layanan 3420 tetapi kegiatan Rotary club tidak dibatasi oleh layanan wilayah administrasi.
Kegiatan prioritas Rotary, atau sering disebut 6 Area focus adalah :
 Peace and conflict prevention/resolution (perdamaian dan penyelesaian konflik)
 Disease prevention and treatment (pencegahan penyakit) contoh: polio plus
 Water and sanitation (air dan sanitasi) contoh : penyediaan air bersih dan pengelolaan limbah
 Maternal and child health (kesehatan ibu dan anak) contoh : penyiapan kesehatan ibu dan anak-anak, kesehatan wanita, gizi ibu hamil dan anak-anak.
 Basic education and literacy (pendidikan dasar) contoh : penyiapan pendidikan dan prasarana dasar pendidikan, perpustakaan dan pendukungnya
 Economic and community development (pengembangan ekonomi dan masyarakat) contoh : kesejahteraan rumahtangga, pelatihan untuk keterampilan ibu-ibu,

Kegiatan di Jombang baru-baru ini diselenggarakan oleh Rotary Distrik 3410. Saat itu Rotary District 3410 diundang oleh PAUD Pelangiku Jombang, kegiatan ini diselenggarakan tanggal 24-26 November 2017 yang langsung didukung oleh DG. Sumantoro Rajiman sebagai District Governor 3410 dan Tim District 3420.
Tujuan Kegiatan ini membuka wawasan masyarakat bahwa limbah rumah tangga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehingga limbah rumah tangga tidak perlu keluar dari rumah. Selain itu limbah rumah tangga bisa menjadi cara untuk menambah pendapatan keluarga dengan cara dibuat kreasi seni serta alat edukasi dalam mengurangi sampah anorganik yang ada di lingkungan sekitar rumah.

PAUD Pelangiku dibawah pengelolaan Salis Mustaqim, M.Psi. berharap dengan kegiatan yang dilakukan saat ini dapat memberikan nilai tambah untuk keterampilan para peserta, dapat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian rumah tangga dan dapat menurunkan jumlah sampah rumah tangga yang dibuang pada Tempat Pembuangan Sampah Sementara. Narasumber kegiatanini adalah Asistant Governor (AG) Endang Paminto dari Rotary Club Bandung Kota Kembang dan Rita Isdiantini dari Rotary Club Bandung Siliwangi

Kegiatan Training of Trainer (TOT) Kriya Limbah Rumah Tangga di PAUD Inklusi Pelangiku diikuti oleh beberapa kelompok Komunitas Masyarakat yaitu Orang Tua Murid PAUD Pelangiku, para Guru PAUD Inklusi se jombang, SLB dari beberapa daerah di Jawa Timur yaitu Jombang, Mojokerto dan Gresik, Guru-Guru Bidang Seni, Budaya dan Keterampilan (SBK), PKK Kabupaten Jombang, Karang Taruna dan Mahasiswa di Kabupaten Jombang.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.