Rubah Mindset untul Kembangkan Wisata Bahari

wisata bahariJakarta (Paradiso) – Sebagai negara kepulauan, dengan luas lautan yang mencapai dua pertiga wilayahnya, sektor kelautan Indonesia seharusnya bisa menjadi kekuatan besar bagi pembangunan kesejahteraan masyarakatnya.

Namun sayangnya potensi sektor kelautan tersebut belum digarap optimal, termasuk dalam sektor pariwisata. Semestinya dengan potensi yang dimiliki, Indonesia bisa menjadi destinasi favorit wisata bahari yang dapat mendatangkan wisatawan mancanegara lebih banyak lagi.

Menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, salah satu kendala mengapa sektor kelauatan, termasuk potensi wisatanya belum tergarap dengan optimal adalah mindset pemerintah dan masyarakatnya yang belum berorientasi pada laut.

“Mental kita masih belum goes to ocean, masih berorientasi ke darat,” kata Sapta Nirwandar saat menjadi pembicara dalam kegiatan Diskusi Maritim “Wisata Bahari, Bisnis dan Investasi Masa Kini” di Jakarta, Senin (29/9).

Sapta menuturkan, mindset tersebut sangat penting dan harus mulai dirubah meski membutuhkan waktu tidak sebentar untuk merubahnya. “Jika ingin mereformasinya bisa dari berbagai bidang, misalnya olahrga. Disekolah-sekolah masih belum dikenalkan olahrahraga air seperti diving misalnya,” jelas Sapta.

Sapta mengungkapkan pulau-pulau di Indonesia jauh lebih indah dibanding Maladewa sekalipun, namun sayangnya sarana-sarana pendukung wisata bahari masih belum terbangun dengan baik, Sapta mencontohkan ketersediaan pelabuhan  untuk bersandar cruise dan Yacht.”Marina kita belum banyak, padahal potensi untuk wisata tersebut sangat besar,” ungkapnya.

Hal senada diamini oleh Ismail Ning, pengusaha sektor kelautan. Ismail mengatakan infrastruktur masih menjadi kendala terbesar bagi investasi di pulau-pulau kecil.

Apalagi menurut Ismail investasi dalam sektor maritim membutuhkan modal yang lebih besar “Perlu ada kordinasi yang baik antar instansi untuk menyelesaikannya, ternasuk soal undang-undang kelautan,” ungkapnya. (Erwin)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.