Sabang International Regatta Diluncurkan

sabang regattaJakarta (Paradiso) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan Sabang International Regatta untuk mengangkat potensi wisata kawasan yang terletak di Pulau Weh Provinsi Aceh tersebut ke tingkat global.

Peluncuran Sabang International Regatta dilakukan Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenparekraf, Tazbir serta Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam di kawasan Pantai Gampang, Sabang, belum lama ini.

“Sabang merupakan salah satu kawasan wisata bahari, pantai, laut yang memiliki potensi luar biasa,” kata Direktur Promosi Wisata Dalam Negeri, Tazbir.

Melalui kegiatan Sabang International Regatta, tambahnya, diharapkan ke depan banyak kapal pesiar dari luar negeri yang masuk ke Sabang. Selain itu, nantinya Sabang mampu menjadi marina, tempat bersandarnya kapal layar (regatta) seperti negara tetangga Malaysia, Thailand dan lainnya.

Namun demikian, Tazbir menyatakan, untuk mencapai hal tersebut diperlukan dukungan dan kesiapan daerah seperti anggaran, infrastruktur dan sumberdaya manusia.

“Dengan peluncuran ini diharapkan mampu mendorong daerah untuk meningkatkan kesiapan-kesiapan tersebut,” katanya.

Selain memiliki sumberdaya alam bahari yang potensial, lanjutnya, Sabang juga didukung infrastruktur yang bagus serta fasilitas penginapan yang cukup memadai.

Bahkan, rencananya maskapai Garuda Indonesia akan membuka penerbangan langsung dari Medan ke Sabang sehingga semakin mempermudah akses ke wilayah tersebut.

Ia mengatakan pihaknya akan mempromosikan Sabang International Regatta hingga ke manca negara dengan memanfaatkan pasar-pasar wisata berskala internasional.

Sementara itu Walikota Sabang, Zulkifli H Adam menyatakan, melalui kegiatan ini diharapkan mendongkrak wisatawan ke pulau paling barat Indonesia itu.

Ia menyatakan pada triwulan pertama 2014 (Januari-Maret) jumlah wisatawan nusantara ke Sabang sebanyak 220.834 orang sedangkan wisatawan manca 3.971 orang. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.