Sahid Group Terus Kembangkan Diri

Sahid Yogya Lifestyle CityJakarta (Paradiso) – Group Sahid Hotel kini telah tumbuh menjadi jaringan hotel independen yang besar di Indonesia. Sahid Hotels saat ini telah mengelola 20 hotel, yakni terdiri dari hotel bintang 5, bintang 4, bintang 3, dan budget hotel (bintang 2) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jumlah kamar yang dikelola sebesar 2.718 kamar dan 14 hotel dalam pembangunan yang rencana dibuka tahun 2015/2017 dengan jumlah 3.723 kamar, sehingga total akan menjadi 6.441 kamar.

Vice President Sahid Group, Exacty Sukamdani Sryantoro menjelaskan jejak Sahid Group di Indonesia berawal pada tahun 1965, dimana Sukamdani S Gito Sardjono membangun hotel berbintang pertama di Solo. Setelah 9 tahun kemudian membangun hotel tertinggi pertama di Indonesia saat itu, yaitu Hotel Sahid Jaya di Jakarta yang kemudian berubah nama menjadi Grand Sahid Jaya Hotel pada 2012.

“Berbekal 27 tahun berkecimpung di industri hospitality, pada tahun 1992, Sahid Group melakukan diversifikasi bisnis ke sektor property. Diawali melengkapai kawasan Sahid City Jakarta, membangun apartemen Istana Sahid pada 1995. Kemudian Sahid Office Boutique, Sahid Memorial Hospital, Sahid Sudirman Residence, dan yang terakhir dalam penyelesaian Sahid Sudirman Center. Sahid Sudirman Center diperkirakan selesai pada awal 2015, ini merupakan bangunan tertinggi di Indonesia,” ujar Exacty saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Selain perkantoran, rumah sakit dan apartemen, Sahid Properti juga mengembangkan area residensial kelas menengah seperti Almira Green Residence, Sahid Metropolitan Residence serta Sahid Garden Residence yang direncanakan pembangunan pada awal 2015. Jumlah total luas bangunan yang sudah dioperasikan seluas 320.700 m2.

Selain di Jakarta, Exacty menjelaskan,ekspansi Sahid Properti juga dilakukan di daerah-daerah seluruh Indonesia. Di kawasan Indonesia timur dikembangkan Sahid Timika Lifestyle City, kawasan Indonesia tengah dikembangkan Sahid Sengigi Resort, Sahid Jaya Makassar dan Sahid Manado.

Juga dikawasan Indonesia barat dikembangkan Sahid Surabaya Condotel, Sahid Semarang Condotel, Sahid Yogya Lifestyle City, Sahid Bandar Lampung, Griyadi Bangka dan Sahid Bintan Beach Resort.

“Keseluruhan perencanaan telah mencapai tahap finalisasi dan rencana pembangunan mayoritas medio 2015 hingga 2018 dengan total area yang dibangun mencapai 879.300 m2 dengan kontribusi terbesar dari Sahid Yogya Lifestyle City. Bilamana seluruh pembangunan property khususnya condotel dan apartemen selesai pada akhir 2018, maka total luas bangunan akan mencapai 1,2 juta m2,” jelasnya.
Pengelolaan proyek sepenuhnya akan dikelola Sahid Hotels yang merupakan jaringan hotel milik Sahid Group. Selain memiliki hotel sendiri, Sahid Hotels juga mengelola hotel lain yang dimiliki oleh investor.

“Berangkat dari industri hospitality keunggulan Sahid Properti adalah mengembangkan konsep condotel, dimana pengembangan proyek dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan anatara developer dengan pengelola condotel,” Exacty menmenjelaskan.

Kembangkan Kawasan Terpadu Sahid Yogya Lifestyle City
Sahid Property saat ini sedang membangun kawasan terpadu baru di Yogyakarta, Sahid Yogya Lifestyle City. Proyek yang dibangun di atas lahan seluas 2,2 hektaare ini terintegrasi dengan hotel, condotel, dan mall yang sedang dibangun saat ini diberi nama Amarta.

Exacty menjelaskan, bangunan baru ini memiliki luas bangunan mencapai 55.393 m2 dan tergabung dengan condotel, apartement, mall, convention center, area parkir dan area hijau. Bangunan ini akan memiliki konsep pewayangan di dalamnya.

“Condotel akan dibangun di atas mall dan terdiri dari 9 lantai. Total unit yang akan dibangun sebanyak 543 unit yang mulai dipasarkan per hari ini. Masih ada mall yang akan selesai pada Juli tahun depan dan renovasi hotel yang masih berjalan. Total investasi yang kami habiskan mencapai Rp750-800 miliar,” terangnya.

Exacty menambahkan, selain memiliki konsep pewayangan, semua bangunan juga memiliki konsep hijau sehingga bisa menghemat energi. Sirkulasi udara yang ada di komplek ini juga lebih maksimal karena besarnya ruang terbuka hijau.

“Mall yang terdapat di komplek ini sudah beroperasi sejak beberapa bulan lalu dan akan beroperasi sepenuhnya pada Desember tahun depan. Okupansi mall juga sudah mencapai 70-80% dan masih akan terus bertambah saat soft opening pada Juli 2015,” ungkap Exacty. (*)

 

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.