Sales Mission Danau Toba di Jakarta Raup Transaksi Didulang Rp11,25 Miliar

JAKARTA (Paradiso) – Tidak salah destinasi Danau Toba memilih Jakarta sebagai lokasi sales mission. Destinasi ini mendulang Rp11,25 Miliar dari program Table Top dan Direct Selling. Efek aplikasi strategi marketing jitu dan penawaran paket wisata super menarik.

Inkam besar diraih destinasi Danau Toba. Menggelar sales mission pada 19-21 Oktober 2018 di Ballroom 1 Hotel Sheraton, Jakarta, mereka mampu meraup pendapatan total Rp11,25 Miliar. Jumlah maksimal ini dijaring melalui 30 seller yang dikirim langsung dari Sumatera Utara. Komposisinya 17 travel and tour juga 13 hotel. Mereka ‘berkolaborasi’ dengan 30 buyer dari Jakarta.

“Kami gembira karena bisa memanfaatkan momentum ini. Pendapatan maksimal bisa dioptimalkan dan ini bagus untuk destinasi Danau Toba. Program sales mission seperti ini memang efektif untuk menarik kunjungan wisatawan dan perekonomian,” ungkap Ketua DPD ASITA Sumatera Solahuddin Nasution, Rabu (24/10).

Jumlah inkam besar Rp11,25 Miliar ini berasal dari dua kran. Kran pertama adalah Table Top. Program ini mampu menghasilkan inkam Rp10,15 Miliar. Hasil penjualan 13.920 pax Misi Penjualan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba. Lalu kran keduanya berupa Direct Selling. Lini ini menghasilkan nilai potensial transaksi Rp988,95 Juta dari 702 pax. Real transaksinya juga Rp113 Juta dari penjualan 16 pax.

“Kami terus mengoptimalkan setiap peluang bisnis yang muncul. Sejauh ini hasilnya cukup positif. Kami tetap akan melakukan evaluasi. Harapannya, akan ada kenaikan inkam signifikan ketika destinasi Danau Toba mengikuti program sales mission lagi,” terang Solahuddin.

Hasil positif di Jakarta tidak lepas dari penawaran menarik yang diberikan destinasi Danau Toba. Dan, market pun menempatkan paket Caldera Danau Toba Tour sebagai paket wisata favorit. Bila mengambil paket Caldera Danau Toba Tour, wisatawan bisa menikmati keindahan di sana selama 4 hari 3 malam. Paket ini juga sangat ramah, yaitu hanya Rp1.595.000 per orang.

Paket Caldera Danau Toba Tour ini baru bisa dinikmati minimal untuk 4 orang per trip. Dan, paket ini juga sangat terbuka bagi grup dengan jumlah minimal 25 orang. Harga dasar yang ditawarkan juga lebih miring, yaitu Rp1.375.000 per orag per trip. Namun, kesemua harga individu dan grup tersebut di luar banderol tiket pesawat.

“Ada banyak keseruan yang bisa dinikmati wisatawan dari paket Caldera Danau Toba Tour ini. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Silahkan saja mau datang dalam kelompok kecil atau besar. Yang jelas, paket ini akan membuat wisatawan terkesan dan puas. Ini adalah paket andalan,” tegasnya.

Menjadi andalan, paket Caldera Danau Toba Tour mengajak wisatawan menikmati 3 destinasi. Ada Kota Medan, Prapat atau Pulau Samosir, dan Berastagi. Saat berada di Prapat, wisatawan bisa mengeksplore nuansa indah dan segarnya udara Danau Toba. Prapat juga memiliki legenda Batu Gantung. Kisahnya berawal dari penolakan gadis yang akan dijodohkan hingga akhirnya menjadi batu.

Dari Prapat, wistawan akan diajak ke Pulau Samosir. Dijuluki ‘Negeri Indah Kepingan Surga’, pulau ini memiliki destinasi Tomok, Ambarita, dan Simanindo. Tomok dan Ambarita adalah kampung tradisional suku Batak Toba. Wisatawan bisa menikmati rumah adat, museum, hingga tarian tradisional Batak Toba. Alternatif lainnya menikmati proses pembuatan kain ulos.

“Destinasi Danau Toba memang menjanjikan. Daya tariknya selalu besar. Hasil positif dari sales mission Jakarta memang menggembirakan. Kawasan destinasi Danau Toba ini memiliki potensi besar. Hasilnya menjadi semakin optimal, karena paket wisata dan harga yang ditawarkan sangat menarik,” terang Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kemenpar I Ni Wayan Giri Adnyani.

Eksplorasi wisatawan akan bertambah besar. Mereka bisa menikmati keindahan Bukit Simarjarunjung dengan ketinggian 1.200 mdpl. Dari sini, wisatawan bisa melihat keindahan Danau Toba secara utuh. Secara geografis, bukit ini berada di rute Prapat menuju Berastagi. Wisatawan juga bisa singgah di Air Terjun Sipiso Piso yang terkenal eksotis.

Saat berada di Berastagi, wisatawan bisa menikmati udaha segardan pemandangan eksotis sepuasnya. Wilayah ini juga terkenal sebagai penghasil sayur-sayuran dan buah dengan kualitas terbaik. Dengan kekuatannya, hasil pertanian di sini diekspor ke beberapa negara. Dari Berastagi, wisatawan pun bisa melanjutkan trip menuju Medan. Kota ini menawarkan city tour dan wisata belanja.

“Destinasi Danau Toba ini eksotis. Semua harus aktif untuk meraih market. Inkam dari sales mission di Jakarta sangat positif. Namun, itu hanya trigger saja. Secara konsep, industri juga harus aktif dan punya inisiatif untuk terus mengembangkan marketnya,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.