Sambut Penerbangan Langsung Hong Kong-Medan, Pariwisata Sumut Makin Keren

MEDAN (Paradiso) – Aksesibilitas pariwisata Sumatera Utara (Sumut) makin terbuka lebar. Setelah maskapai penerbangan Cathay Dragon membuka rute penerbangan baru Hong Kong-Medan. Rute tersebut segera diluncurkan secara reguler mulai 30 Oktober 2018.

Untuk itu Kemenpar pun langsung bergerak. Tak tanggung-tanggung, 2 acara pun dipersiapkan untuk menyambut penerbangan perdana ini. Sajian ini semakin mempertegas keramahan khas pariwisata Indonesia.

“Ini merupakan salah satu komitmen Kemenpar terutama dalam upaya peningkatan angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Terlebih Hong Kong masuk dalam regional Greater China yang merupakan salah satu fokus pasar kita,” ujar Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Ni Wayan Giri, Jumat (26/10).

Acara pertama adalah sajian Dinner Meeting Ceremony. Sajian ini akan dilangsungkan pada hari Senin 29 Oktober 2018. Acara ini akan mengundang seluruh stakeholder terkait penerbangan perdana ini. Dari mulai Gubernur Sumut Edy Rahmayadi hingga Direktur Layanan Pengiriman Cathay Pacific Algernon Yau. Giri mengatakan, acara ini dimaksudkan untuk memperkuat kerjasama antara pemerintah serta maskapai Cathay Dragon yang juga merupakan bagian dari Cathay Pacific.

Acara pun berlanjut pada ke esokan harinya. Dimana akan dilakukan upacara penyambutan di Bandara Kuala Namu. Giri menerangkan nantinya seluruh penumpang yang tiba pada penerbangan perdana itu akan diberikan souvenir Wonderful Indonesia. Begitu juga dengan penumpang yang akan berangkat menuju Hong Kong. Selain itu upacara pemotongan tumpeng pun akan dilakakuan untuk menandai dimulainya penerbangan tersebut.

“Kami berharap, rute baru ini akan semakin mengangkat pariwisata Sumut. Terlebih Medan merupakan salah satu pintu gerbang menuju Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba yang masuk ke dalam 10 bali baru. Sekaligus membangkitkan semangat maskapai lainnya untuk dapat membuka rute baru ke Indonesia,” pungkas Giri.

Sementara itu Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Iyung Masruroh menerangkan, nantinya rute tersebut akan dilakukan 3 kali dalam seminggu. Yaitu di hari Senin, Selasa dan Rabu. Sedangkan penerbangan dari Medan menuju Hong Kong akan dlayani pada hari Selasa, Jumat dan Minggu. Rute ini akan dilayani dengan armada Airbus A320.

Performa positif memang ditunjukkan pariwisata Sumut. Pada tahun 2015, Sumut tercatat dikunjungi oleh 229.288 orang wisman. Catatan ini terkoreksi positif di tahun 2016 dengan torehan 233.643 wisman. Sedangkan di tahun 2017, Sumut dikunjungi oleh 261.736 wisman.

“Kami makin optimis dengan adanya rute penerbangan ini angka kunjungan wisman ke Sumut akan lebih baik lagi. Terlebih yang kita tuju adalah Hong Kong,” ujar Iyung.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga menyambut baik penerbangan langsung tersebut. Apalagi dengan adanya acara penyambutan semakin mempertegas keunggulan pariwisata Indonesia.

“Ini sangat bagus. Berikan sambutan hangat bagi para wisatawan sehingga mereka makin betah berwisata ke Indonesia. Saya optimis angka kunjungan wisman akan makin meningkat dengan banyak penerbangan baru masuk ke Indonesia. Yang akhinya mempercepat pertumbuhan pariwisata Indonesia,” ungkap Menpar.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.