Samosir Luncurkan Kalender Event “Horas Samosir Fiesta 2017”

JAKARTA (Paradiso) – Sebanyak sepuluh event pariwisata digelar sepanjang tahun 2017 di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Event festival musik dan budaya telah disiapkan untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Samosir.

“Ini baru pertama kali kami me-launching kalender pariwisata. Ada pun tujuan launching untuk memberikan satu informasi yang jelas dan dalam mempromosikan Danau Toba khususnya di Samosir,” kata Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam acara Grand Launching Calender of Event Samosir “Horas Samosir Fiesta 2017” di Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Rapidin mengatakan selama event-event yang diselenggarakan di Samosir akan menyuguhkan keindahan alam dan atraksi wisata. “Ini event yang bertaraf internasional. Ini benar-benar kami kemas dan kelola secara profesional,” katanya.

Rapidin berharap kalender pariwisata “Horas Samosir 2017” bisa sesuai dengan sasaran. Ia menegaskan Kabupaten Samosir bisa menjadi kawasan wisata kelas dunia.

Samosir adalah sebuah kabupaten yang berada di tengah Danau Toba. Pulau Samosir bisa diakses melalui Dermaga Ajibata dan Dermaga Balige di Kabupaten Toba Samosir, Dermaga Tigaras dan Parapat di Kabupaten Simalungun, dan Dermaga Muara di Kabupaten Tapanuli Utara.

Rapidin Simbolon menambahkan festival ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 2,2 miliar. Targetnya adalah dapat menjaring turis lokal maupun mancanegara hingga sejumlah 250 ribu orang.

“Kami telah memulai festival serupa dari tahun 2012. Analisa kami, kegiatan ini meningkatkan jumlah kunjungan pertahunnya. Pada tahun 2016, jumlah kunjungan mencapai target, yakni 190 ribu orang dengan 35 ribu di antaranya dari mancanegara. Semoga tahun ini dapat memperoleh 250 ribu kunjungan,” kata Rapidin.

Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Ombang Siboro menambahkan pihaknya terus melakukan promosi di dalam dan luar negeri. Untuk menjaga hal itu, tahun ini dibikin lagi festival tahunan itu.  “Kami ingin mengembangkan dan mempromosikan serta menjaga pasar turis yang datang ke kawasan Samosir. Maka kami sepakat berkomitmen mengembangkan pariwisatanya dengan melakukan festival ini,” ucap Ombang.

Dalam peluncuran festival ini, para penonton dihibur dengan Tarian Tor Tor Somba yang diiringi musik Gondang Sabangunan, yaitu alat musik tradisional Batak. Ada pula peluncuran lagu song theme of Samosir, yakni Negeri Indah Kepingan Surga. Berbagai pejabat yang hadir pada kesempatan ini seperti walikota Jakarta Pusat, Pejabat Kementerian Pariwisata, Anggota DPR RI hingga Sekjen PDIP. (*)

 

Berikut ini susunan 10 acara di Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2017:

  1. Festival Pasir Putih pada tanggal 25 Maret bertempat di Pasir Putih Parbaba
  2. Festival Gondang Naposo pada tanggal 29-30 April di Parbaba
  3. Samosir Band Festival pada tanggal 12-13 Mei bertempat di Pantai Pasir Putih
  4. Batak Fiesta pada tanggal 27-29 Juni di Tuktuk Siadong
  5. Horja Bius pada tanggal 7-8 Juli di Tomok
  6. Samosir Music International pada tanggal 12 Agustus di Tuktuk Siadong
  7. Samosir Lake Toba Ultra, 22-23 September di Panguruan-Sianjur-Harian
  8. Samosir Jazz Seasons, 28 Oktober di Samosir
  9. Sigale-gale Carnival, 25 November di Tuktuk Siadong
  10. Festival Sipinggan pada tanggal 28 Desember bertempat di Sipinggan.
Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.