Sektor Pariwisata Butuhkan Sosok Profesional

wisatawan asingJakarta (Paradiso) – Sektor pariwisata memainkan peranan penting dalam perekonomian Indonesia, dengan sumbangan devisa negara mencapai US$ 10 miliar di tahun 2013 membuat sektor ini berada di posisi ke-4 setelah migas, batu bara, dan kelapa sawit. Sebab itu, pariwisata membutuhkan penanganan yang profesional agar pemasukan devisa bisa terjaga dan meningkat lagi.

“Dampak pariwisata dirasakan hampir semua lapisan masyarakat. Multiflyer effect – nya sangat luas, tidak hanya pengusaha hotel, restoran dan transportasi saja, dari perajin hingga pedagang asongan juga merasakan dampaknya. Bahkan pelaku industri kreatif, seperti seniman juga terkena imbasnya ,” ujar Effi Setiabudi, Ketua Asperapi (Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia) di Jakarta, Minggu (10/8/2014).

Effi menambahkan, perlu seorang yang pengalaman dalam menangani sektor pariwisata dan ekonomi kreatif karena menyangkut hajat hidup masyarakat luas, sebab itu pariwisata harus ditangani kalangan profesional tidak boleh sembarangan.

Effi melihat sosok yang tepat untuk memimpin pariwisata dan ekonomi kreatif adalah Yanti Sukamdani yang saat ini menjabat Ketua BPPI (Badan Promosi Pariwisata Indonesia).

“Yanti Sukamdani menurut saya sosok yang tepat untuk menjadi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain kiprahnya puluhan tahun terjun di bisnis pariwisata, berbagai pengalaman di organisasi kepariwisataan dalam dan luar negeri menjadikan dia mumpuni di bidangnya,” ujar pria pengusaha pameran ini.

Effi menjelaskan tidak hanya pengalaman, yang lebih penting memiliki jaringan yang luas dan rekam jejak yang bersih. Dia cukup yakin, Yanti Sukamdani akan bisa membuat lompatan yang besar pada pariwisata Indonesia .

Kesempatan terpisah, I Nyoman Kandia Presiden South East Asia of Tourist Guide Associations (SEATGA), sekaligus Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) menyatakan hal serupa.

Pengalaman sebagai ketua asosiasi pariwisata asean tentunya Yanti memilki jaringan yang luas di kawasan asia tenggara. “Pengalaman, jaringan, dan profesionalisme itu semua dimiliki Yanti Sukamdani. Saya kira pariwisata membutuhkan orang seperti dia untuk bangkit menjadi kekuatan ekonomi utama di Indonesia,” jelasnya.

Kandia menambahkan, kedekatan Yanti dengan para pelaku pariwisata akan menciptakan komunikasi yang efektif. “Dia sangat kompeten dan sudah dikenal para pelaku pariwisata. Jika menjadi menparekraf tentu diterima positif, sepak terjangnya di dunia pariwisata tidak diragukan lagi,” ujar salah satu tokoh pariwisata Bali ini.

“Kalau dilihat pertumbuhan pariwisata saat ini masih relatif lambat, padahal jika dilihat dari potensi yang dimiliki Indonesia cukup besar. Untuk itu perlu membuat gebrakan baru yang bisa mengangkat pariwisata kita lebih tinggi. Hal ini hanya bisa dilakukan orang profesional yang punya jaringan luas,” ujar Nyoman Kandia yang mempunyai anggota pramuwisata 12 ribu di Indonesia dan 60 ribu di kawasan asean.

Kandia berujar sebagai profesional pariwisata, Yanti tahu betul bagaimana menggarap destinasi-destinasi pariwisata yang begitu banyak dan beragam di Indonesia. Pengalaman keliling Indonesia hingga pelosok menjadikannya paham kelebihan dan kekurangan pariwisata yang dimiliki Indonesia.

Sosok Yanti yang bernama lengkap SB Wiryanti Sukamdani sendiri sudah tidak asing dalam dunia pariwisata Indonesia dan asean, selain dikenal sebagai Ketua BPPI saat ini juga menjabat Ketua PHRI (Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia). Pengusaha pariwisata lulusan Cornell University Amerika Serikat tersebut juga pernah menjabat sebagai Presiden ASEAN Tourism Association (ASEANTA) dan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Sektor Pariwisata selain memasok devisa yang cukup besar, juga mampu menyerap 10 juta tenaga kerja di tahun 2013. Sebab itu pariwisata dan ekonomi kreatif perlu dibangun dengan serius agar mampu menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, menggantikan migas dan batu bara yang semakin lama menyusut keberadaannya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.