Semarak Peringatan 200 Tahun Meletusnya Tambora

Jakarta (Paradiso) – Memperingati 200 tahun meletusnya Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat (NTB) tepatnya di Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima pada April nanti dan puncak acara di tanggal 11 April 2015 akan digelar berbagai kegiatan dalam satu tema besar “Tambora Menyapa Dunia” (TMD).

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan momentum meletusnya Gunung Tambora 200 tahun harus dimanfaatkan sebagai promosi wisata NTB. “Momentum ini kita gunakan dalam event besar ini. Tambora Menyapa Dunia akan fokus pada Sumbawa. Lombok sudah cukup terkenal,” kata Arief saat konferensi pers “Tambora Menyapa Dunia” di Jakarta, Selasa (11/3/2015).

Kesempatan sama, Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin mengatakan sepanjang tahun ini ada beragam acara pendukungan (supporting event) yang berlangsung di semua kabupaten di Pulau Sumbawa.

Beragam acara akan berlangsung selama rangkaian peringatan “Tambora Menyapa Dunia”, seperti gelar seni budaya, wisata minat khusus dan sport adventure, seminar, serta bakti sosial yang berlangsung sejak Maret hingga Agustus 2015.

gunung tambora image, gambar gunung tambora
Beberapa kegiatan yang termasuk ke dalam sport adventure meliputi Tambora Bike yang menyusuri jalanan dari Lombok sampai Dompu sepanjang 480 kilometer selama tiga hari. Ada juga Mount Tambora Ultra Trail Run dan Tambora Chalenge Trans Sumbawa.

Selain bersepeda, ada juga event lari sejauh 320 kilometer. Jika jarak tersebut tercapai, event ini akan memecahkan rekor lari di Asia Pasifik dengan durasi selama 60 jam berlari nonstop. Ada juga lari maraton sejauh 42 kilometer maupun lari 10 kilometer di Dompu.

Event lainnya berupa pacuan kuda dengan joki cilik di Bima dan Dompu serta, atraksi menangkap sapi menggunakan laso, Trabas Tambora oleh Ikatan Motor Indonesia, Ekspedisi Selebriti Mendaki Tambora, Tambora Savana Run serta Lakey Kite Surf Exhibition Camp di Pantai Lakey Kecamatan Huu, Dompu.

Sedangkan dari kelompok seminar, akan ada seminar arkeologi di Bima, peluncuran kembali buku La Hami, pameran arkeologi dan museum, seminar arsitektur landscape tentabg vulkanologi, serta pameran foto.

Sementara itu, kegiatan bakti sosial akan diisi dengan penyelenggaraan operasi katarak dan bibir sumbing, penghijauan hutan Tambora, pameran produk unggulan, seperti kopi Tambora dan pasar rakyat serta pesta kuliner yang puncak acaranya akan berlangsung di Desa Dorocanga.

Event ini pun tak hanya fokus pada wilayah Tambora saja, melainkan akan menyebar di 10 kabupaten/kota lainnya. Rangkaian Tambora Menyapa Dunia akan dimulai pada 4-12 April 2015 dengan puncak acara 11 April 2015 yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Yusuf Kalla.

Targetkan 15 Ribu Wisman

Arief Yahya mengatakan pada puncak acara TMD yang berlangsung di kawasan Gunung Tambora diperkirakan akan dihadiri sekitar 10.000-15.000 wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

“Gunung Tambora dan Rinjani di NTB bagian dari Wonderful Indonesia akan kita promosikan untuk menarik wisman sehingga bisa membantu capai 10 juta kunjungan tahun ini.”

Arief mengatakan NTB merupakan destinasi wisata unggulan yang kita tempatkan sebagai bagian dari Great Bali. “Sekitar 40% wisman yang berkunjung ke Indonesia masuk melalui Bali. Kita berusaha tarik mereka agar melanjutkan ke NTB dan destinasi lain di kawasan Timur Indonesia atau Bali Beyond,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB Muhammad Fauzal menuturkan penyelenggaraan event pariwisata TMD merupakan upaya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB yang tahun ini mentargetkan 2 juta wisatawan.

“Kami sudah mempersiapkan fasilitas bagi wisatawan untuk event ini. Misalnya, kami meminta warga mengubah fungsi rumahnya sementara untuk penginapan bagi para wisatawan,” jelasnya. (bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.