Semua Potensi Destinasi Pariwisata Budaya Dikembangkan

Jakarta (Paradiso) – Pemerintah berharap potensi budaya, seperti destinasi wisata budaya, kerajinan tenun dan kuliner khas kelak dapat menjadi salah satu kekuatan untuk dipromosikan ke wisatawan domestik dan mancanegara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan stakeholder, pemerintah dan media diharapkan bisa bersinergi menciptakan solusi dan harmoni dalam pembangunan kepariwisataan.

“Agar tercipta komitmen dan kesepakatan bersama untuk memberikan informasi dan edukasi menyeluruh kepada masyarakat, mengenai potensi wisata Indonesia. Pemerintahan saat ini  melalui Program Pembangunan Pariwisata Nasional mencanangkan target kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia meningkat dari sekitar 9 juta orang pada 2014 menjadi 20 juta orang pada 2019 mendatang,” ujarnya.

Dikatakan, dalam Rencana Kerja Pembangunan Jangka Menengah (RKPJM) Pariwisata kata dia, pemerintah juga telah mencanangkan kunjungan wisatawan Nusantara meningkat dari 250 juta kunjungan pada tahun lalu, menjadi 275 juta kunjungan pada 2019.

“Industri pariwisata sangat diandalkan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan pemerintah menargetkan kontribusi sektor ini terhadap PDB meningkat dari 4,2% pada tahun lalu, menjadi 8% pada 2019 nanti,” katanya.

Ditambahkannya, pariwisata jelas memberikan kontribusi pendapatan langsung kepada masyarakat di lokasi tujuan wisata berada. Kedatangan para wisatawan mancanegara diharapkan dapat mendatangkan devisa dari hanya Rp120 triliun pada 2014, menjadi Rp260 triliun pada 2019.

“Indonesia bagian timur yang kaya dengan wisata bahari lanjutnya, akan menjadi salah satu andalan dalam lima tahun ke depan dan diproyeksikan akan bertumbuh 6%. Agar potensi pariwisata Indonesia tergarap secara maksimal, maka diperlukan sarana sebagai wujud dari rencana pembangunan kepariwisataan nasional,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.