Seniman India Bantu Pulihkan Industri Pariwisata Bali

DENPASAR (Paradiso) – Bali kembali nge-hits. Namanya bakal kembali melambung tinggi lantaran seniman India kompak membantu memulihkan World’s Best Destination 2017 versi TripAdvisor itu. Sebanyak 60 penari India tanpa diminta, tanpa direka-reka, bakal kompak unjuk gigi di Bali pada 27 Januari 2018 mendatang.

Suguhan performance-nya dijamin keren. Semuanya bakal dibungkus dengan balutan kemasan yang yahud. Bersama seniman Bali, 60 penari India tadi akan berkolaborasi menampilkan culture yang menawan. Yang penasaran, silakan langkahkan kaki ke Ksirarnawa Taman Budaya, Denpasar. Dijamin, Anda akan happy saat menyaksikan suguhan even yang dicreate Asosiasi India Bali (AIB) itu.

“Nanti akan ada pentas budaya. Para seniman itu direncanakan tinggal di Bali selama lima hari dan akan menghabiskan waktu berlibur mereka di Bali,” kata Sekretaris IAB Sonia Kaur, Sabtu (6/1).

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika langsung mengapresiasi langkah IAB tadi. Menurut Pastika, langkah IAB memiliki arti penting bagi industri pariwisata Bali. Apalagi, evennya juga ikut didukung penuh oleh Paiketan Krama Bali. Masyarakat lokal ikut dilibatkan. Dan semuanya bersinergi dalam mengangkat pariwisata Bali. “Ini tidak hanya akan mempererat hubungan seni dan budaya, tapi juga bukti bahwa Bali aman dikunjungi,” kata Pastika.

Pastika meyakini kedatangan seniman India akan membuat wisatawan, khususnya mancanegara, tidak ragu berlibur ke Bali. Karena itu, dia sangat mendukung event tersebut. “Kegiatan ini merupakan ajang promosi pariwisata bagi Bali sekaligus mempererat hubungan budaya dan seni yang telah ada,” imbuh Pastika.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Gede Yuniartha Putra juga tak kalah gembira dengan langkah yang diambil IAB. Baginya, India memiliki arti penting bagi industri pariwisata Bali. Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) Bali, sebanyak 21.222 turis India berlibur ke Pulau Dewata hingga November 2017. Turis asal India berada di posisi ketiga setelah Tiongkok dengan 85.898 orang dan Australia (72.795).

Secara total, jumlah turis India ke Bali sepanjang Januari-November 2017 mencapai 243.638. Jumlah itu meningkat 48,25 persen dibanding periode yang sama 2016 lalu sejumlah 164.345.

Wajah Menpar Arief Yahya pun terlihat makin segar. Makin bersemangat. Apalagi, pemulihan pariwisata Bali ikut dibantu seniman-seniman India. Baginya, kedatangan rencana penampilan seniman-seniman India itu bakal semakin membangkitkan gairah wisatawan untuk berwisata ke Pulau Dewata. “Ini bisa menggairahkan pariwisata di Bali. Juga bisa meningkatkan angka kunjungan wisman (wisatawan mancanegara-red). Terimakasih sudah membantu pariwisata Bali. Salam Wonderful Indonesia,” tutur Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.