Serba Wow di Bintan Triathlon 2018

BINTAN (Paradiso) – Bintan Triathlon 2018 memang keren abis. Evennya langsung diserbu sekitar 4000-an wisman dari 20 negara. Sebanyak 1400 orang tercatat sebagai peserta. Sementara sisanya, berasal dari pendamping lomba dan keluarga yang diboyong ke Bintan.

Crowdnya jangan ditanya lagi. Bintan langsung heboh. Tua-muda, laki-laki-perempuan, semuanya adu cepat di destinasi yang berbatasan dengan Singapura itu.

Ya, Bintan Triathlon 2018 terbukti sukses membuat nama Bintan kian populer sebagai destinasi sport tourism. Lomba yang dimulai dari Nirwana Garden Beach Resort itu langsung heboh. Semua terlihat happy saat diajak berkompetisi menerabas renang, lomba bersepeda dan lari. Rute Nirwana Gardens Resort – Ria Bintan – Waduk Lagoi – Pasar Ole-ole sampai dirasa kurang untuk memuaskan dahaga petualangan mereka di Indonesia.

Sprint Distance dengan jarak renang 750m dengan mudah dilahap 1400 peserta. Bersepeda 20km dan lari 5km juga dengan mudah ditaklukkan. 

Yang mencoba tantangan lebih juga bisa enjoy di sini. Ada olympic Distance dengan jarak renang 1,5km, bersepeda 40km dan lari 10km yang bisa diterabas. 

Bahkan anak-anak pun bisa ikutan berkompetisi. Untuk Kids Distance dengan jarak renang 150m, bersepeda 6km dan lari 1.5km. Jarak ini akan dilakoni anak usia 8 sampai 11 tahun, Minggu (13/5).

Yang 12-15 tahun juga bisa ikutan. Kelasnya pun ada. Yang ingin tampil, panitia sudah menyiapkan Youth Distance dengan jarak renang 300m, bersepeda 12km dan lari 3km. 

“Lombanya diawali renang dengan menghadap Laut China Selatan. Kondisi perairannya juga baik pada bulan Mei ini dengan suhu 29°C. Jadi semua bisa enjoy,” tutur Bupati Bintan Apri Sujadi, yang didampingi Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira, Sabtu (12/5).

Penanggung Jawab Calendar of Events (CoE) Kemenpar, Esthy Reko Astuti juga ikut mengamini. Usai mengibarkan flag off kategori wanita, wanita berkerudung itu langsung melontarkan banyak pujian untuk Bintan. “Bintan makin dikenal dunia. Makin jadi rujukan even sport tourism kelas dunia. Untuk acara ini saja, lebih dari 30 portal terkait sport, tourism, lifestyle dan entertainment ikut mem-publish Bintan Triathlon 2018 ini. Selamat untuk Bintan,” ucapnya. 

Esthy memang tak mengada-ada. Saat even berlangsung, Indoconnect, Just Run Lah, Vacationer, Garuda Airlanes “COLOURS” MAGAZINE, AsiaTri, Active, Expat Living, An-za Magazine, GenPI.co dan portal-portal lainnya tak henti-hentinya memberitakan Bintan Triathlon 2018. 

Dan semuanya, diperkuat dengan digital banners oleh MetaSport Website, Fitness First Website dan Garuda Airline yang memiliki jangkauan luas.

Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira juga seirama. Dia mengaku tak heran dengan kesan menyenangkan dan supporting luar biasa dari beragam  portal ngetop. Sejak awal, kata dia, Bintan memang sudah diposisikan sebagai destinasi sport tourism. Beragam even internasional sudah kerap digelar di sana. Dari mulai Tour de Bintan, Ironman Bintan Indonesia, Bintan Triathlon hingga Sungailiat Triathlon, semua selalu dibanjiri ratusan peserta asing.

“Itu fakta. Coba lihat Bintan Triathlon 2018. Pesertanya 1400 orang. Masing-masing pesertanya rata-rata didampingi pendamping lomba dan keluarga. Total ada 4000- an wisman yang kumpul  di bintan. Semua butuh tempat menginap, makan, transportasi, dan sarana hiburan. Banyak sekali devisa yang masuk dalam sekali kegiatan,” terang dia.

Ada direct value, repeater value dan media value yang bisa digapai dari Bintan Triathlon. Nominalnya diyakini tidak sedikit. Apalagi even ini dikelola oleh Meta Sports, sebuah event organizer yang sudah memiliki jaringan di lebih dari 100 negara. Itu belum termasuk publikasi dari media nasional. “Sport tourism memang menjadi salah satu andalan Bintan. Ini menjadi andalan kami untuk memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Hal ini membuat Menpar Arief Yahya ikutan happy. Suksesnya sport tourism di border area, diyakini bakal membuat Bintan kian sejahtera. 

“Sport tourism seperti ini  membuat Bintan menjadi destinasi sport tourism popular di Singapore,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya 

“Sportainment” gabungan antara sport tourism dan entertainment telah menjadi brand Bintan. Dengan jalan yang mulus di semua tempat, lalu 3A –akses, atraksi, dan amenitas—sudah lebih maju, membuat Bintan tumbuh menjadi surga pariwisata. 

“Lokasinya yang dekat Singapura, seolah menjadi halaman bermain bagi orang yang berada di Singapura, bukan hanya orang-orang Singapura. Enjoy Bintan Triathlon. Salam Wonderful Indonesia,” ungkap Menpar. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.