Serunya Menikmati Kuliner di Kuningan Saat Lebaran

KUNINGAN (Paradiso) – Kementerian Pariwisata telah menetapkan wisata kuliner sebagai salah satu pariwisata unggulan. Sebab, kuliner paling mudah didorong untuk melangkah “go international”. Terlebih saat musim #PesonaMudik2018. Kuliner jadi chek list wajib selain silahturahmi.

Salah satu kuliner yang wajib untuk dicoba saat Lebaran adalah di Kuningan. Selain memiliki menu yang beragam, Kuningan juga menawarkan pemandangan yang indah.

“Untuk anda yang kebetulan sedang mudik atau melintas di Kuningan, wajib mencoba beberapa tempat wisata kuliner. Dijamin akan puas. Apalagi view di Kuningan luar biasa. Ini akan menambah #PesonaMudik2018 bersama keluarga,” kata Menpar Arief Yahya, Jumat (1/6).

Berikut #Top10PesonaKulinerLebaran di Kuningan yang asyik untuk disambangi.

1. Resto Grage Lanai

Restoran di Jalan Raya Sangkanhurip No.1 ini memiliki panorama yang sangat bagus. Tempatnya luas, kolam ikan yang besar, taman yang indah, suasana menyenangkan, pilihan tempat duduk yang banyak.

Terdapat juga yang di gazebo lesehan sehingga sangat nyaman apabila membawa keluarga untuk makan di sini. Tidak hanya itu, fasilitas parkirannya juga besar, toilet cukup baik, pelayanan baik dan ramah. Menunya sendiri terdapat ikan bakar, sayur asem dan tahu goreng. Semuanya enak. Harga sesuai rasa dan tempat.

2. Kedai Tahu Kopeci

Tahu ini adalah khas Kuningan. Jika dibandingkan tahu Sumedang, tahu Lamping lebih berisi, tidak kopong. Kalau beli tahu Lamping, harus sabar antri, karena peminatnya banyak. Sekitar tahu Lamping banyak juga yang berjualan tahu. Tapi yang paling maknyus tetap tahu Lamping asli.

Jika musim mudik lebaran, jangan tanya deh kemacetan yang ditimbulkan. Orang Kuningan yang menetap di sana aja sampai malas pergi ngantri di tahu Lamping ini. Tahu ini enak dimakan dengan buras. Buras yang tersedia adalah buras oncom dan buras polos. Untuk teman makan tahu, menurut aku enak buras polos. Buras oncom sepertinya enak dimakan dengan bakwan.

Untuk mendapatkan tahu ini, tinggal meluncur ke Lamping, pertigaan sebelum pertanian dari arah Kota Kuningan.

3. Rumah Makan Cipondok

Rumah Makan Cipondok terletak di Desa Cipondok. Bagi warga Kuningan, rumah makan ini sudah tidak asing lagi. Selain memang menyajikan makanan khas, rumah makan ini juga menyajikan pemandangan pesawahan. Tentu hal itu membuat pengunjung semakin menikmati makanannya sambil menikmati pemandangan pesawahan.

Rumah makan ini jadi rekomendasi untuk anda yang ingin makan bersama keluarga ataupun rekan bisnis. Harga yang ditawarkan relatif tidak terlalu mahal. Yang menjadi favorit dari rumah makan cipondok adalah olahan ikan guramenya. Alamatnya di Jl. Windujanten No. 75 Windujanten, Kuningan, Jawa Barat.

4. Dapur Bebek

Bagi anda warga kuningan penyuka bebek, Rumah Makan Dapur Bebek tentu menjadi rekomendasi. Karena disini disajikan menu olahan bebek yang enak dan lezat. Tempatnya juga cukup nyaman untuk makan bersama keluarga ataupun teman.

Disini juga tersedia mainan anak, bisa digunakan bagi anda yang membawa anak. Selain itu lahan parkir juga cukup luas tentu hal itu juga menjadi salah satu pertimbangan bagi anda yang akan menikmati enaknya hidangan dan olahan bebek. Alamatnya di Jl. Siliwangi No. 5 Purwawinangun, Kuningan, Jawa Barat.

5. Koecang dan Leupeut

Koecang dan leupeut sama-sama terbuat dari beras ketan. Jika leupeut ditambahkan kelapa dan campuran kacang kemudian dibungkus dengan daun kelapa, sedangkan koecang dicampur dengan sedikit air apu kemudian dibungkus menggunakan daun bambu.

Cara membedakannya mudah. Leupeut berbentuk memanjang, sedangkan koecang berbentuk segitiga. Nah, kalau kebetulan pergi ke pasar bareng anak-anak, bisa sekalian belajar bentuk-bentuk bangun. Hehe.

Kalau aku beli koecang dan leupeut ini di Pasar Darurat, secara pasar ini lebih dekat ke rumah. Pasar ini adanya di pagi hari. Namanya juga darurat, jadi ya seadanya, memanfaatkan ruas jalan. Pagi-pagi ke Pasar Darurat dengan menggunakan motor sangat menyenangkan. Udara dingin mengelus pipi dengan latar pemandangan di depan Gunung Ciremai yang menjulang tinggi.

6. Warung Bang Jack

Berada di daerah dataran tinggi kuningan, membuat warung bang jack memiliki daya tarik lebih, karena menyajikan panorama alam yang sejuk dan juga pemandangan serta udara yang seger. Untuk menampung berbagai macam kegiatan para tamu, di warung bang jack ini tersedia fasilitas ruangan untuk acara meeting dan juga gathering, juga tersedia lesehan.

Selain hal itu, warung bang jack juga menyediakan mushola, tempat parkir yang luas dan tentunya area hotspot yang semakin memanjakan para pengunjung yang datang. Kuliner ini bisa didapat di Jl. Raya Cirebon-Kuningan Km. 20,4 Desa Caracas, Kuningan, Jawa Barat.

7. Seurabi Ce Nur

Tempat mangkalnya adalah daerah Pasapen, di Jalan Otista. Berjualan di pagi hari. Enaknya lagi, hari kedua lebaran sudah buka lapak kembali. Jadi yang cutinya terbatas saat mudik lebaran, tidak usah khawatir tidak bisa mencicipi serabi khas Kuningan.

Kalau di pedagang seperti ini, topingnya suka-suka kita. Misal kita mau tambahkan kacang kedelai manis, tambahkan telor, tambahkan gula, tambahkan oncom dan lainnya. Tapi topingnya ini kita bawa sendiri. Kecuali untuk topping standar seperti bakwan atau yang terkenal sebutan di sana adalah bala-bala, gorengan oncom, dan telor.

8. Rumah Makan Lembah Ciremai

Lembah Ciremai Restaurant telah menjadi rumah makan yang favorit bagi keluarga. Dengan tempat yang luas dan menyajikan pemandangan alami gunung ciremai, membuat rumah makan ini menjadi rumah makan terbaik dan favorit di kuningan.

Lembah Ciremai menyajikan menu olahan masakan Indonesia. Menu andalannya adalah ayam bakar kampung. Terkadang, Lembah Ciremai Restaurant juga disewa untuk acara resepsi pernikahan. Karena, memang memiliki tempat yang luas.

Selain tempat dan makanan yang enak, fasilitas lainnya juga cukup memanjakan anda yang menikmati santap makan di sini. Rumah makan ini bisa ditemui di Jl. Raya Kuningan-Cirebon Km. 4 Cibentang, Kuningan Jawa Barat.

9. Rumah Makan Ayam Goreng Mang Bewok

Untuk anda yang menggemari ayam goreng, Rumah Makan Mang Bewok ini bisa menjadi alternatifnya. Dengan menyajikan suasana alami dan penyajian tradisional tentu membuat anda semakin betah untuk makan disini.

Rumah makan mang bewok sendiri letaknya tidak terlalu jauh dari kawasan Kuningan. Tempat parkirnya juga cukup luas. Alamatnya di Jl. Siliwangi, Cirendang, Kuningan.

10. Nasi Kasreng

Nasi kasreng merupakan makanan khas Kuningan. Banyak yang menyuguhkan menu ini di Jalan Raya Luragunng, Cibingbin. Atau sekitar 30 menit perjalanan dari Kota Kuningan. Warung-warung yang berjajar di wilayah Kecamatan Luragunng, memiliki atmosfer alam pesawahan. Serta berpadu dengan nikmatnya cita rasa bermacam-macam lauk pauk, seperti sambal,lalapan, gorengan, rebon, pepes, dan lain-lain.

Sebenernya beberapa makanan khas Kuningan mungkin akan kita temui juga didaerah lain. Bahkan lazim disebut sebagai jajanan pasar. Mungkin saja jenisnya sama tapi rasanya atau namanya berbeda. Itulah penjelasan tentang makanan khas Kuningan Jawa Barat. Semoga bermanfaat. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.