Sketcher Semakin Dikenal di Indonesia Melalui Komunitas dan Influencer

Jakarta (Paradiso) – Komunitas seni kian berkembang di Indonesia, apalagi dengan adanya media sosial yang membuat komunitas ini semakin dikenal oleh masyarakat. Salah satu contohnya komunitas seni sketsa (sketch) yang ada di Indonesia. Atas kesamaan hobi, para anggota ini berkumpul untuk menyalurkan ide-ide melalui sketch.

Selain untuk menyalurkan hobi, lewat sketch orang-orang juga mendapatkan teman serta lingkungan baru. Hal ini membuat hasil karya para sketcher, sebutan pelaku seni sketsa menjadi beragam. Tidak terbatas pada objek khusus yang digambar sebagai karya yang berdiri sendiri, akan tetapi komunitas juga dapat memberikan saran dan perspektif lain. Misalnya dari bentuk alam, bangunan, hingga budaya yang membuat sketch tersebut menjadi lebih hidup.

Salah satu komunitas para sketcher yang rutin berkumpul dan mengadakan kegiatan adalah Sketchwalker. Kumpulan dari sketcher di seluruh Indonesia ini berawal dari sekedar kesamaan hobi saja, yaitu jalan-jalan dan mengisi waktu luang dengan sketching. Walau memiliki latar belakang yang berbeda, dengan berkumpul, membuat, dan berbagi karya kepada sesama anggota Sketchwalker, memberikan banyak pengalaman dan kesenangan. Selain Sketchwalker masih terdapat beberapa komunitas lainnya, seperti Urban Sketcher, Sketchaholic, Indonesian Sketcher, dan masih banyak lagi, sehingga kini bukanlah hal yang sulit untuk berkenalan dengan dunia sketch beserta lingkungannya.

Terlepas dari komunitas, beberapa sketcher ternama di Indonesia juga terlihat tidak hanya berfokus pada 1 aspek saja, namun menggabungkan beberapa aspek lainnya sehingga menjadi suatu karya indah yang memiliki cerita. Salah satu public figure yang sering memperlihatkan karya sketchnya di sosial media, adalah Wahyu Rudi Astadi atau yang akrab disapa dengan Odie Project Pop.

Odie bercerita bahwa membuat sketch merupakan kegiatan untuk melatih fokus otak, yang dimana menghasilkan kesenangan dan ketenangan layaknya menjalankan sebuah hobi. Menurutnya menuangkan ide-ide dan penangkapan visualnya dalam bentuk sketch lebih memiliki nilai dari sekedar mengabadikan suatu momen dari kamera ponsel.

Tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang menggambar (Odie merupakan Sarjana Ilmu Politik lulusan FISIP UNPAR Bandung), pria ini menekuni seni sketch ini kurang lebih sejak 3 tahun ke belakang, saat berkenalan dengan teman-teman yang bergabung di Sketchwalker, sebuah grup yang terdiri dari orang-orang dari berbagai disiplin ilmu dan profesi, tapi semua punya hobby yang sama, yaitu sketching.

Meski merasa sebagai seorang pemula dalam menggeluti dunia sketch, beberapa hasil sketch Odie pernah ditampilkan dalam majalah National Geographic Traveler Indonesia, bahkan gambarnya dimuat sebanyak 3 halaman pada media asal Amerika Serikat tersebut. Tentunya hal ini meningkatkan kepercayaan dirinya untuk semakin banyak menghasilkan karya sketsa. Kebanggaan lainnya adalah Odie dipercaya dalam beberapa kesempatan untuk memberikan materi workshop tentang sketching.

Menurut Odie, sketching itu fun, jangan dibuat beban, takut salah, dan juga jangan takut jelek. Karena sketching adalah proses yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Tidak perlu meluangkan waktu secara khusus untuk sketch, karena sketching bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kini Odie sering menghabiskan waktu luangnya untuk menggambar sketch mengenai kegiatan sehari-hari yang sederhana hingga hal-hal unik seperti di dalam toilet pesawat.

Menuangkan sketch ke dalam lagu bersama ProjectPop bukan suatu hal yg tidak mungkin menurut Odie, karena apapun yang berhubungan dengan keseharian atau kekinian selalu bisa menjadi inspirasi dari ProjectPop untuk menjadi sebuah karya. Untuk sementara, karya sketchnya menjadi kalender meja 2018 Project Pop, sebelum bisa lebih jauh menjadi karya lagu yang perlu proses lebih dalam dan matang.

Berkaca dari kisah Odie, untuk memulai menggambar sketsa tidaklah sesulit yang dibayangkan, karena setiap orang memiliki bakat untuk menggoreskan sesuatu. Hal tersebut dapat dimulai dengan membuat karya sendiri. Jika masih dirasa sulit, bergabung dengan komunitas merupakan sebuah pilihan untuk mengembangkan ide-ide serta persepektif baru. Berbekal niat dan keberanian, bukanlah tidak mungkin lahir sketcher-sketcher baru yang handal kedepannya, bahkan hingga karyanya dapat dikenal seperti Odie.

Odie Astadi merupakan salah satu pengisi acara yang akan hadir pada gelaran 1O1 Travel Sketch, yang diselenggarakan oleh PHM Hospitality, sebagai bagian dari Panorama Group. Kegiatan ini merupakan ajang untuk membuat seni sketsa dengan objek berupa bangunan-bangunan bersejarah. The 1O1 Travel Sketch akan diadakan di The 1O1 Jakarta Sedayu Dharmawangsa pada 3-4 November 2018 mendatang. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.