STP Bali Dipadati Calon Peserta SBM-PTN Pariwisata

NUSA DUA (Paradiso) – Sebanyak 1630 peserta melalui jalur Seleksi Bersama Masuk (SBM) PTN Pariwisata (PTNP), Senin (6/5, 2019) mengikuti seleksi tahap 1 di STP Bali. Jumlah peserta yang ikut seleksi masuk PTN P ini terus meningkat dari  tahun ke tahun. Seleksi tahap 1 yang berlangsung dari tanggal 6 -10 Mei ini, meliput tes psikolosi, bahasa Inggris dan wawancara.  Sementara hasil tes tahap 1 ini baru akan diumumkan pada 20 Mei 2019.

“Tentu jumlah peserta yang besar ini menjadi kabar yang menggembirakan sekaligus membanggakan dikarenakan terus meningkatnya peminat dan kesadaran calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di PTNP terutama STP Bali,”ungkap Ketua STP Bali, Drs. Dewa Gde Ngurah Byomantara,M.Ed yang juga Ketua Seleksi Calon Mahasiswa baru.

SBM-PTNP adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata dimana seleksi ini diadakan serempak di 6 Perguruan Tinggi di bawah Kementrian Pariwisata yakni STP NHI Bandung, STP Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makasar, Poltekpar Palembang dan Poltekpar Lombok.

Sesuai jadwal, Senin, 6 Mei 2019 telah berlangsung Ujian Seleksi Tahap Pertama secara serentak dengan tema ujian Pisikologi. Pada Selasa,  7 Mei 2019 akan berlangsung ujian Bahasa Inggris dan pada 8-10 Mei 2019 akan berlangsung wawancara. Seleksi tahap 1 ini akan diumumkan serentak pada 20 Mei 2019. Calon Mahasiswa SBM-PTNP yang lolos akan ikut seleksi  Tahap II dengan materi  Pemeriksaan Kesehatan pada  24 Mei 2019.

Seleksi ini terlihat berlangsung ketat. Setiap calon mahasiswa wajib  menggunakan pakaian rapi dan membawa Kartu Tanda Peserta. Dengan ketatnya pengawasan diharapkan seleksi  ini dapat menemukan calon mahasiswa yang memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh PTNP.

“Calon mahasiswa baru harus memenuhi kualifikasi, diharapkan kedepannya akan mecetak lulusan terbaik tidak hanya dari segi kemampuan tapi juga dari segi perilaku,” ungkap Drs. Dewa Gede Ngurah Byomantara.

Sementara itu secara khusus tentang Sekolah Tinggi Pariwisata Bali (STP Bali), Byo mengatakan STP Bali adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Bali. STP Bali sudah berdiri sejak tahun 1978 dibawah pengawasan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Semua program studi yang ada di STP Bali telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan  Tourism Education Quality (TED-QUAL) serta  Thermes Fundation, United Nation Word Tourism Organization (UNWTO). Dari 8 program studi yang diusulkan, 5 program studi terakreditasi A, satu masih kategori B dan 2 lainnya sedang menunggu hasil akreditasinya.

Karena banyaknya peminat yang ingin menjadi mahasiswa maka STP Bali juga telah  membuka Pendaftaran SMM-PTNP pada  2 – 31 Mei 2019. Pendaftaran ini dapat dilakukan dengan mengunjungi http://pensisba.stpbali.ac.id atau bisa langsung mendaftar ke Gedung Perpustakaan STP Bali dengan membawa berkas-berkas yang sudah dihimbau melalui Web maupun Sosial Media STP Bali. Dengan dibukanya pendaftaran SMM-PTNP ini diharapkan calon mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari STP Bali. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.