STP Bali Jadi Penyelenggara Bali International Tourism Congress 2019

NUSA DUA (Paradiso) – Indonesia khususnya STP Bali patut berbangga. Pasalnya  Komite Eksekutif Akademi Internasional untuk Studi Pariwisata, mempercayakan Indonesia khususnya STP Bali untuk menggelar Bali International Tourism Congress (BITC ) 2019. Event ini akan berlangsung di Gedung Widyatula STP Bali pada  6-7 Mei 2019. Sejumlah pakar pariwisata seperti Professor Alastair M. Morrison, Ph.D, Prof. Alison Gill, Dr Bob McKercher, Prof. I Nyoman Darma Putra, Prof. David Airey, Professor Dimitrios Buhalis, Professor Haiyan Song, Prof Pauline J. Sheldon, Professor Kaye Chon, Professor Maria Gravari-Barbas, Prof. Sara Dolnicar dan keynote speaker Menpar Arief Yahya dipastikan hadir dalam event tersebut.

Hal tersebut diungkapkan I Gusti Agung Witarsana, S.ST.Par., M.M,  Ketua Panitia Kegiatan Bali Academy Conference di STP Bali, Minggu (5/5, 2019).  Akademi Studi Pariwisata adalah organisasi  internasional yang bertujuan untuk meningkatkan penelitian teoritis dan praktis di bidang pariwisata.

Keanggotaan Akademi Studi Pariwisata yang terdiri dari para peneliti pariwisata yang sangat mumpuni dari seluruh dunia ini berkeinginan memajukan penelitian ilmiah dan penyelidikan profesional bidang pariwisata.

“Kami sangat bangga kegiatan internasional seperti ini dapat dilangsungkan di STP Bali dengan menghadirkan 12  narasumber para tokoh ternama  dunia. Kesempatan baik ini juga saya harapkan  dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa karena dengan acara ini mahasiswa dapat belajar langsung dalam menghandel event besar bertaraf internasional,” ungkap Drs. Dewa Gede Byomantara, M.Ed, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali yang juga Ketua OC BITC 2019.

Lebih lanjut menurut Agung Witarsana, kongress ini membahas sejumlah hal penting terkait pengembangan dan mengelola destinasi wisata di seluruh dunia, yang  berfokus pada pengembangan dan pelestarian budaya lokal, mempertahankan sumber daya alam dan lingkungan.

Ada tiga hal penting yang dilakukan dalam ajang BITC 2019 yakni pertama, pada 6 Mei 2019, dilakukan seminar dan konggres dengan materi Trend dan Prospek, Pertumbuhan Pariwisata Berkelanjutan dan Lingkungan.

Kedua, pada 7 Mei 2019 membahas tentang Culture and Authenticity dimana materi workshop ini terkait industri yang membahas permasalahan pariwisata Bali dan workshop akademisi untuk publikasi artikel di jurnal bereputasi dunia.

Dan yang ketiga, acara khusus bagi anggota Academic International Forum, yaitu pada 8-11 Mei 2019. Kegiatan ini akan diikuti 80 orang peserta, terdiri dari 68 orang dari luar negeri dan 12 orang dari Indonesia. Sedangkan dari Academic International Forum akan hadir sebanyak 50 anggota. Juga  18 anggota tambahan dari kalangan akademisi dan profesional.

Kegiatan  BITC 2019 ini menjadi sangat penting untuk memajukan sumber daya manusia Indonesia dalam bidang pariwisata. Dengan harapan dapat menjawab dan membantu Indonesia dalam upaya mencapai target 20 juta wisatawan ke Indonesia pada 2019. Kongress ini  sebelumnya pernah diadakan di China pada tahun 2017 dan Yunani pada tahun 2015. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.