Sumatera Barat Siap Menyambut Tamu TDS 2014

Launching Tour de Singkarak 2014.
Grand Launching Tour de Singkarak 2014.

Jakarta (Paradiso) – Event bertaraf Internasional perpaduan antara olahraga dengan pariwisata, Tour de Singkarak siap di gelar ke enam kalinya 7 – 15 Juni 2014 mendatang di 18 Kabupaten/Kota  Provinsi Sumatera Barat.

Grand launching event akbar ini diselenggarakan di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 9 Mei 2014.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus penggagas dan Executive Chairman Tour de Singkarak, Sapta Nirwandar mengatakan untuk perhelatan kali ini akan sangat kental memadukan culture, nature, dan sport. “Dari tahun ke tahun event ini menjadi kebanggan bukan hanya orang Sumatera Barat, tapi Indonesia secara umum, karena lebih dari 20 negara akan hadir. Opening kali ini akan gelar di Padang Pariaman yang terkenal akan coklatnya, tepatnya di Pantai Tiram,” ujar Sapta.

Kebanggan Tour de Singkarak memberikan dampak yang langsung dirasakan oleh masyarakat. “Salah satunya jalan raya sepanjang 1200 kilometer yang menjadi lintasan para pebalap bagus tanpa lubang, karena ini merupakan salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi,”kata Sapta Nirwandar.

Launching Tour de Singkarak 2014 (5)Senada dengan Wakil Menteri, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan Tour de Singkarak telah memberikan banyak dampak positif di berbagai bidangbagi warganya. event tahunan ini dirasakan telah menjadi milik bersama sehingga menjadi landasan kuat dalam usaha promosi Sumatera Barat ke mancanegara.

Menyongsong digelarnya TDS 2014, segenap masyarakat Sumatera Barat dan pemerintah provinis kembali siap menjadi tuan rumah paling hangat untuk menyambut seluruh peserta, official, media, dan seluruh panitia, serta wisatawan domestik dan mancanegara yang akan hadir. Gubernur juga mengajak semua pihak untuk memanfaatkan momen istimewa ini untuk mendukung kemajuan Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya.

Menurut Gubernur, destinasi wisata di Sumatera Barat memang tidak ada yang berubah karena umumnya Pariwisata Sumbar menjual alam yang hijau dan eksotis yang tidak perlu di rubah keadaannya. “Targetnya bukan kepada pebalap, tapi bagaimana Sumatera Barat terekspos ke dunia luar melalui event ini,” kata Iwan Prayitno.

Tahun ini TDS akan akan menjelajahi 9 etape/stage dalam 9 hari pelaksanaan. Partisipasi Kabupaten /kota meningkat menjadi 18 dengan bergabungnya Kabupaten Pasaman Barat. Kemudian etape kali ini juga dikemas semakin berkualitas dengan jarak tempuh lebih panjang, yakni 1250 kilometer serta total hadiah sebesar 1,3 miliar rupiah.

Adapun jumlah peserta yang akan bertanding sebanyak 20 team yang berasal dari 23 negara, yaitu Indonesia sebagai tuan rumah, Malaysia, Tunisia, Selandia Baru Thailand, Australia, Iran, Singapura, Argentina, Spanyol, Taiwan, Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Belanda, Korea Selatan, Amerika Serikat, Uzbekistan, Mongolia, Inggris, Filipina, Marok, Moldova, dan Jepang. (Murdy)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.