Taiwan Excellence, Tawarkan Teknologi dan Budaya Taiwan

JAKARTA (Paradiso) – Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang selama ini telah setia mendukung produk Taiwan, Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT), Taiwan, bekerjasama dengan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), menggelar serangkaian acara bertemakan, Taiwan Excellence Carnival 2016 di kawasan destinasi wisata Ancol, Jakarta, Minggu (4/9/2016).

Dengan acara utama yaitu Taiwan Excellence Happy Run yang diikuti 6500 pelari dari berbagai daerah di Indonesia, Taiwan Excellence Carnival 2016 juga menghadirkan beraneka demonstrasi produk inovatif Taiwan terbaru kemudian festival kuliner khas Taiwan hingga beragam games seru berhadiah menarik.
Pelaksanaan dari Taiwan Excellence Carnival 2016 ini sudah dihadirkan untuk ketiga kalinya di Indonesia. Yang kali ini juga ditandai dengan menghadirkan sebuah atraksi istimewa terbaru yaitu, Taiwan Excellence Gallery, yang merupakan representasi resmi dari Taiwan Excellence Pavilion di Taipei.

Dalam jumpa media Executive Director TAITRA, Tony Lin bersama Director of Taiwan Trade Center Jakarta, Danny Liao menegaskan, “kesuksesan Taiwan Excellence Campaign selama 5 tahun terakhir ini telah membawa Indonesia lebih dekat dengan merek dan produk Taiwan. Harapannya melalui kesuksesan ini tidak hanya menyebarkan kebahagiaan melalui kegiatan marathon, tetapi juga menyebarkan pesan kebaikan dengan kegiatan amal Book Charity 2016, di mana para pengunjung dapat mendonasikan buku kepada yang membutuhkan”.

Dan melalui sektor penunjang pariwisata dari Taiwan yang juga menjadi sponsor utama Taiwan Excellence Carnival 2016 yaitu Eva Airlines dan China Airlines melalui perwakilannya General Manager Eva Air Indonesia, Makmun Hamsa dan General Manager Indonesia Branch, David Chen menjelaskan, “dengan adanya kebijakan bebas visa masuk ke Indonesia membuat semakin ramainya sektor airlines dari Taiwan. Dengan tujuan utama masih menuju kota-kota besar di Indonesia, seperti; Jakarta, Bali dan Surabaya”.
Executive Vice President Taitra, Walter Yeh, mengatakan banyak produk asal Taiwan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan bangsa Indonesia. “Kita mempunyai banyak produk yang telah berkembang di Indonesia, seperti lampu LED, produk ritel, elektronik, hingga kuliner seperti Chatime,” ujar Walter.
Menurut dia, Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting bagi Taiwan. Angka perdagangan kedua negara di tahun lalu mencapai 81 Triliun rupiah. Sementara produk Taiwan banyak digemari karena berharga murah tapi dengan kualitas baik. “Di Taiwan, ekspor Indonesia termasuk yang terbesar atau di urutan ke 14,” kata dia.Untuk itu, dia berharap agar Indonesia dan Taiwan terus menjalin kerja sama perdagangan yang baik dan meningkatkan ekonomi kedua negara. “Kita antusias untuk terus menjalin kerja sama di tahun-tahun berikutnya,” kata dia.

Sedangkan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) mendorong perusahaan teknologi asal Taiwan untuk lebih banyak menginvestasikan produknya di Indonesia. Sebab, Ketua Umum Apkomindo, Soegiharto Santosa, mengatakan penggunaan produk Taiwan di Indonesia juga terus meningkat. “Banyak produk Taiwan dengan market share nomor satu di Indonesia,” ujar Soegiarto.
Menurut dia, salah satu keunggulan produk teknologi asal Taiwan yaitu berkualitas baik namun dengan harga terjangkau. Brand asal Taiwan pun saat ini menguasai pasar komputer di Indonesia, seperti Asus, Acer dan HTC.

Soegiharto berharap, produk asal Taiwan itu tidak hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar, namun juga ikut membangun pabrik di Indonesia. “Dengan itu akan terjadi alih teknologi,” kata dia.
Tidak hanya produk teknologi, berbagai brand asal Taiwan di bidang penerbangan, jasa logistik hingga kuliner kenamaan seperti Chatime juga dipamerkan di Taiwan Excellence Fair 2016. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.