Tari Piring Sambut Pembalap di Etape 6 TdS 2014

TdS etape 6Sumbar (Paradiso) – Tari Piring dan Lagu Bareh Solok menyambut Pebalap di garis Finis TDS 2014 etape 6. Tahun ini merupakan kali pertama kota Kota Solok terlibat langsung dalam penyelenggaraan balap sepeda yang diinisiasi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Masyarakat pun bersorak sorai mengucap selamat datang saat para pebalap masuk garis finis di Balai Kota, Solok Kota.

“Biasanya wilayah kami hanya dilalui, tapi tahun ini kami terlibat untuk menjadi tuan rumah,” kata Irzal Ilyas Dt Lawik Basa, Walikota Solok Kota, kepada wartawan disela-sela menyambut kedatangan rombongan pebalap TDS 2014.

Solok terkenal sebagai penghasil beras unggulan dari Sumatera Barat, kelezatan rasa beras dari Solok sudah terkenal keberbagai daerah. Tidak salah jika kekezatan rasa beras tersebut kemudian menjadi inspirasi untuk sebuah lagu yang berjudul “Bareh Solok”.

Diharapkan dengan adanya gelaran TDS dan Solok Kota terlibat langsung sebagai tuan rumah bisa semakin mengangkat nama Solok Kota hingga keluar negeri, terutama untuk sektor pariwisatanya.

Solok Kota sendiri memiliki beragam potensi wisata yang sangat menarik terutama untuk wisata sejarah dan budaya. Salah satunya adalah Stasiun Kereta Api Solok yang di bangun pada masa kolonial Belanda. Stasiun  tersebut memiliki peranan strategis karena menjadi salah satu gudang penyimpanan remapah-rempah.

Potensi wisata budaya ada Rumah Gadang Gajah Ma’aram misalnya.  Rumah Gadang tertua di Solok Jalan Kota tersebut berada di Jalan Syech Sialahan. Disebut Gajah Ma’aram karena bentuknya menyerupai gajah mengeram dan rumah bekas Angku Lareh yang pada masa itu rumah tersebut dipakai sebagai tempat untuk belajar pidato. Selain itu ada beberapa obyek wisata alam yang menarik di kota ini seperti Pulau Belibis, Air Terjun Sarasah Batimpo, dan  Puncak Payo.

Kohei Uchima Kembali Menjadi yang Tercepat

Etape 6 yang memulai start di Kota Padang Panjang tersebut memiliki jarak sepanjang  111 kilometer. Pebalap dari tim Japan Cycling Federation Kohei Uchima kembali menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 jam 37 menit, 48 detik. Sebelumnya Uchima menjraih podium utama pada etape pertama.

etape 6 TdSPosisi kedua etape 6  ditempati Soufiane Haddi dari tim Skydive Dubai dengan catatan waktu 2 jam 38 menit 27 detik. Dan tempat ketiga diraih pebalap Indonesia, Dadi Suryadi dengan catatan waktu 2 jam 38 menit 29 detik.

Sementara untuk ASEAN Rider Clasification pebalap tercepat direbut oleh Dadi Suryadi yang memenangkan kategori ini untuk kelima kalinya. Dadi Suryadi berhasil mencatatkan waktu 17:29:23 diikuti oleh Bambang Suryadi dari Indonesia National Team (INA) dengan catatan waktu 17:33:40. Posisi ketiga kategori ini diraih pebalap Filipina, Boots Ryan Cayubit dari Team 7 Eleven Roadbike (T7E) dengan catatan waktu 17:34:20.

Sementara untuk General Classification, Jersey kuning masih dikenakan Amir Zargari (PKY) untuk keempat kalinya setelah mencatat waktu 17:23:04. Posisi kedua diraih rekan satu timnya, Rahim Emami dengan 17:24:28. Posisi ketiga diraih Hossein Alizadeh dengan 17:25:15 dan posisi keempat diduduki oleh Arvin Moazemi Godarzi dengan 17:26:33.

Start di Tengah Keriuhan  Pasar

Ada satu yang unik dalam etape 6 tahun ini, biasanya titik start TdS dilaksanakan di depan kantor Walikota atau Bupati, atau tempat terkenal lainnya. Namun  kali ini titik start dilaksanakan di sekitar Pasar Kota Padang Panjang.

“Ini merupakan tempat start  yang unik, digelar di tengah pasar, dan ini untuk kali pertama,” kata  Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di titik start etape 6 Tour de Singkarak.

Sementara itu, menurut Walikota Padang panjang  Hendri Arnis Dipilihnya lokasi tersebut salah satu pertimbangannya adalah agar masyarakat bisa lebih dekat dengan dengan peserta TdS. Pasar merupakan tempat dimana orang dari berbagai latar belakang bertemu.

“Kenapa dilaksanakan di pasar karena ingin mendekatkan diri dengan masyarakat. Even ini dananya berasal dari uang rakyat, jadi harus kembali ke rakyat. Diharapkan wisatawan yang datang juga bisa berbelanja di pasar, “ kata Hendri, sesaat sebelum start etape 6 dimulai. (Erwin)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.