TDS 2014, Jalur Terpanjang Etape 7 Dijuarai Brenton Jones

etape 7Sumbar (Paradiso) – Memasuki etape ke 7, Jumat (13/6/2014) lomba Balap sepeda Tour de Singkarak 2014, para peserta harus melakoni perjalanan yang cukup melelahkan.

Dengan jarak 176,5 kilometer Etape 7 merupakan yang terpanjang dari semua etape yang harus dilalui pebalap di TdS tahun ini. Titik start etape ini ada di kabupaten Sijunjung dan garis finish berada di Kabupaten Dhamasraya.

Etape 7 merupakan salah satu etape spesial sprint ada tiga titik sprint  dilalui Pebalap yakni pada kilometer 90, 133.5, dan kilometer 152. Hanya ada satu jalur tanjakan atau King of Mountain (KOM) yakni di kilometer 30.

Pebalap asal tim Avanti Racing Team (ART),  Brenton Jones menjadi yang tercepat pada etape kali ini dengan catatan waktu 4 jam 2 detik. Posisi kedua ditempati Mehdi Sohrabi dari Tim Tabriz Petrochemichal Team (TPT) Dan Mark Julius Bordeos dari  Team 7 Eleven Roadbike (T7E) menjadi pebalap yang masuk finish diposisi ketiga.

Sementara untuk Asean Rider Classification, Dadi Suryadi dari tim dari Pegasus Continental Cycling Team (PCT) masih memimpin dengan catatan waktu akumulatif 21 jam 29 menit 56 detik. Tempat kedua ditempati Bambang Suryadi dari Indonesia National Team (INA) dengan catatan waktu 21 jam 33 menit 42 detik.  Dan posisi ketiga diisi Boots Ryan Cayubit dari Team 7 Eleven Roadbike (T7E) dengan catatan waktu 21 jam 34 menit 42 detik.

Untuk klasifikasi umum, Amir Zargari (PKY) masih  yang terdepan dengan catatan waktu akumulatif 21 jam 23 menit 18 detik. Zargari secara berturut memenangkan untuk yang ke  kelimanya dalam klasifikasi ini , posisi kedua dibuntuti oleh rekan satu timnya Rahim Emami  dengan catatan  waktu  21 jam 24 menit 45 detik. Posisi ketiga ditempati Hossein Alizadeh (TSR) dengan catatan waktu 21jam 25 menit 32 detik.

Tahun Depan Dharmasraya Siap Jadi Etape Awal

Seperti juga kabupaten lainnya yang dilalui  TDS, sambutan masyarakat Dhamasraya tak kalah meriah menyambut para pebalap yang melintas diwilayahnya. Cuaca panas dengan sinar batahari yang terik tidak menjadi penghalang masyarakat berkerumun dipinggir jalan meneriaki dan memberi semangat kepada para pebalap.

Gelaran TdS 2014 merupakan tahun kedua  Kabupaten Dhamasraya terlibat menjadi tuan rumah lomba balap sepeda tahunan tersebut. Bupati Dharmasraya Adi Gunawanberjanji untuk bisa menjadikan wilayahnya sebagai tempat titik start etape pertama pada penyelenggaraan TDS tahun 2015 mendatang.

“Saya berharap Tahun depan kami (Kabupaten Dhamasraya)  bisa menjadi tuan rumah untuk etape pertama,” kata bupati Dharmasraya.

Lebih lanjut, Adi pun berjanji untuk mempersiapkan semua hal yang diperlukan agar bisa menjadi tuan rumah TDS mendatang.  “Untuk menjadi tuan rumah titik start etap awal, Toilet umum dan perhotelan yang memenuhi persyaratan bagi para atlet dan panitia penyelenggara . Saat ini baru ada 6 hotel dengan kapasitas 200 kamar. Kami berusaha dalam satu tahun kedepan bisa menambah menjadi 300 kamar. Kita akan undang investor untuk bangun hotel,” kata Adi.

Kabupaten Dhamasraya merupakan daerah dengan budaya masyarakat yang heterogen. Sebuah daerah yang kaya akan keragaman budaya.  Ada 4 etnis mayoritas yang hidup di kabupaten ini yakni  Minang, sunda, Jawa, Dan Batak. Selain itu kabupaten ini juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik dengan wilayah lainnya di Sumatera Barat.

Kabupaten ini memiliki obyek wisata menarik seperti Candi Padang Roco, salah satu bukti kejayaan peninggalan Kerajaan Swarnabhumi ( Dharmasraya) yang diperkirakan ada pada abad ke XI-XII.  Ada juga Air Terjun Timbulun, kawasan wisata yang menawarkan kenyamanan  tempat yang cocok untuk jogging dan sepeda santai  dengan pemandangan alam yang masih alami dan udara yang segar.

Kabupaten ini terkenal sebagai tempat penghasil batu cincin yang indah bernama Sungai Dareh dan  banyak diburu penyuka batu mulia. Batu indah dengan warna hijau tersebut harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Diharapkan dengan terpilihnya Dhamasraya sebagai tuan rumah TDS 2015 akan semakin mengenalkan segala potensi kabupaten ini kepada masyarakat luas, terutama obyek wisatanya. (Erwin)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.