Terminal 3 Bandara Soeta Raih Best Airport of The Year

Jakarta (Paradiso) – Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3 Ultimate dinobatkan sebagai Best Airport Of The Year dalam ajang Bandara Awards 2017.

Bandara Awards 2017 diselenggarakan oleh Majalah Bandara untuk yang ke-9 kalinya. Kali ini penganugerahannya berlangsung di Hotel Borobudur pada Selasa ( 14 November 2017).

Bandara Awards merupakan penghargaan atau apresiasi yang diberikan oleh Majalah Bandara kepada pengelola bandara yang telah memberikan pelayanan terbaik terhadap pengguna jasa bandara. Apresiasi itu didasarkan atas survei langsung ke bandara-bandara di Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, dan dari Miangas hingga Rote.

CEO Bandara Indonesia Group, penerbit Majalah Bandara, Wita Anggraini, mengemukakan pada tahun ini tim Majalah Bandara melakukan survei di 106 bandara. Perjalanan survei dimulai dari bulan April hingga Agustus 2017. Survei tersebut dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada penumpang yang akan melakukan perjalanan di terminal keberangkatan.

“Penilaian Bandara Awards, selain dari hasil survei juga dinilai langsung oleh juri-juri yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu Herry Bakti S. Gumay sebagai Ketua Dewan Juri, Bintang Hidayat, Tengku Burhanuddin, Dudi Sudibyo, Ninok Leksono, Olivia Zalianti, Erwin Nurdin, dan Otong Rukmana. Sedangkan juri kehormatan Bandara Awards 2017 adalah Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso dan Deputi Pengembangan Pasar Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti. Bandara Awards 2017 juga disponsori oleh perusahaan swasta PT Jasa Angkasa Semesta, Tbk atau dikenal sebagai JAS Airport yang mensponsori kegiatan benchmark ke Bandara Changi Singapora untuk pemenang juara I dari setiap kategori,” ungkap Wita saat penganugerahan Bandara Award 2017 di Hotel Borobudur, Selasa (14/11/2017).

​Sekilas tentang PT Jasa Angka Semesta, TBK yaitu perusahaan yang berdiri pada tahun 1984 sebagai penyedia jasa layanan ground handling dan beroperasi di 12 bandara di seluruh Indonesia, di antaranya adalah Bandara Soekarno – Hatta, Bandara Halim Perdanakusuma, Bandara Juanda, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bandara Kualanamu, Bandara Hang Nadim, Bandara Adi Sutjipto, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Bandara Sam Ratulangi dan Bandara Supadio. Dengan sertifikasi internasional ISAGO yang dimiliki, JAS saat ini menangani ground handling dari sebagian besar maskapai asing yang terbang ke Indonesia dengan beberapa prestasi utama yaitu melayani VVIP flight Raja Salman dan Emir Qatar belum lama ini.

Ada beberapa hal yang berbeda di Bandara Awards 2017 ini. Yang pertama, banyak bandara baru yang ikut disurvei, khususnya di kategori UPBU Kelas 3. Agar tidak bias, kategori ini dipecah menjadi UPBU Kelas 3 yang melayani penerbangan komersial dan UPBU Kelas 3 yang melayani penerbangan perintis. Sehingga total, ada enam kategori sesuai dengan kelasnya, yaitu PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), UPBU Kelas 1, UPBU Kelas 2, UPBU Kelas 3 yang melayani penerbangan komersial, dan UPBU Kelas 3 yang melayani penerbangan perintis dan Satpel.

Menurut Wita, Majalah Bandara memutuskan untuk memberikan penghargaan “UPBU Best Airport 2017” kepada satu bandara UPBU terbaik yang diraih oleh Bandara Mutiara SIS Al Jufri, Palu. Selain itu, bandara yang telah disurvei dapat mengetahui urutan penilaian dari 106 peserta Bandara Awards. Majalah Bandara pun memberikan apresiasi kepada bandara-bandara yang masuk ke peringkat 50 besar.

Bandara Awards tahun ini juga memberikan penghargaan khusus kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Bandar Udara Miangas yang berada di pulau terluar dan berbatasan langsung dengan Filipina.

Berdasarkan penilaian dari survey penumpang dan pertimbangan dewan juri, Bandara Internasional Soekarno Hatta Terminal 3 Ultimate dinobatkan sebagai Best Airport of The Year 2017.

Lebih lanjut dijelaskan untuk nominasi dan pemenang Bandara Awards 2017 dibagi berdasarkan kelasnya, yakni UPBU Kelas III yang melayani penerbangan perintis yaitu Bandar Udara Dabo (Juara I), Bandar Udara Tanjung Api Ampana (Juara II), Bandar Udara Harun Thohir (Juara III), Bandar Udara Trunojoyo (Nominasi) dan Bandar Udara Letung (Nominasi). Nominasi dan pemenang UPBU Kelas III yang melayani penerbangan komersil yaitu Bandar Udara Betoambari (Juara I), Bandar Udara Matahora (Juara II), Bandar Udara Utarom (Juara III), Bandar Udara Pongtiku (Juara III), Bandar Udara Rembele (Juara III), Bandar Udara Sultan M. Kaharuddin (Nominasi) dan Bandar Udara Mathilda Batlayeri (Nominasi).

Nominasi dan pemenang Bandara Awards kategori UPBU Kelas II yaitu Bandar Udara Kalimarau (Juara I), Bandar Udara Tambolaka (Juara II), Bandar Udara Umbu Mehang Kunda (Juara III), Bandar Udara Komodo (Juara III), Bandar Udara Abdulrachman Saleh (Juara III), Bandar Udara Pangsuma (Nominasi) dan Bandar Udara Fransiskus Xaverius Seda (Nominasi). Nominasi dan pemenang Bandara Awards kategori UPBU Kelas I yaitu Bandar Udara Mutiara SIS Al Jufri (Juara I), Bandar Udara Djalaluddin (Juara II), Bandar Udara Radin Inten II (Juara III), Bandar Udara Juwata (Nominasi) dan Bandar Udara Mopah (Nominasi).

Nominasi dan pemenang Bandara Awards kategori PT Angkasa Pura II yaitu Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3 Ultimate (Juara I), Bandar Udara Internasional Sultan Thaha (Juara II), Bandar Udara Internasional Supadio (Juara III), Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara (Nominasi) dan Bandar Udara Internasional Kualanamu (Nominasi). Nominasi dan pemenang Bandara Awards kategori PT Angkasa Pura I adalah Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai (Juara I), Bandar Udara Internasional S.A Muhammad Sulaiman (Juara II), Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin (Juara III), Bandar Udara Internasional Juanda (Nominasi) dan Bandar Udara El Tari (Nominasi). (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.