Topping Off Gedung Tertinggi di Indonesia, Sahid Sudirman Center

Prosesi penyerahan paku emas dalam kegiatan topping off gedung sahid sudirman center.
Prosesi penyerahan paku emas dalam kegiatan topping off gedung sahid sudirman center.

Jakarta (Paradiso) – Indonesia akan memiliki gedung tertinggi, gedung tersebut bernama Sahid Sudirman Center (SSC) setingi 59 lantai, yang terletak di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD). Diperkirakan kurang dari tiga bulan lagi gedung tersebut selesai dibangun. Gedung perkantoran dengan label grade A (premium) tersebut, baru saja melakukan topping off (penutupan atap) dan akan beroperasi pada awal Januari 2015.

“Untuk sementara gedung perkantoran Sahid Sudirman Center ini merupakan gedung vertikal tertinggi di Jakarta dan Indonesia,” kata Direktur Utama PT Sahid, Hariyadi B Sukamdani saat acara Topping Off Sahid Sudirman Center (SSC), di Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Gedung perkantoran tertinggi di Indonesia ini, merupakan hasil dari Sahid Megatama Karya Gemilang, yakni kerja sama (KSO) antara PT Sahid dengan PT Megatama Karya Gemilang dengan nilai investasi mencapai Rp 1,5 triliun.

Sahid Sudirman Center setinggi 59 lantai ini dibangun di atas lahan seluas 1,1 hektare, dengan lima lapis parkir di bawah tanah (basement), tujuh lapis parkir di atas tanah ditunjang dengan 22 lift penumpang, tiga lift parkir, dua lift service, dan satu lift executive. Perkantoran ini juga dilengkapi dengan VRV system dan toilet VIP di setiap lantai. Perkantoran ini nantinya memiliki 207.000 meter persegi dengan 130 meter persegi bangunan kantor dan sisanya digunakan sebagai fasilitas serta parkir.

Hariyadi mengatakan, gedung SSC ini merupakan bagian terakhir dari proyek yang berada di kawasan Sahid City seluas 5,5 hektare. Sebelumnya telah hadir Grand Sahid Jaya Hotel yang beroperasi sejak tahun 1974, apartemen Istana Sahid sejak tahun 1995, Sahid Office Boutique sejak tahun 2005, Sahid Sahirman Memorial Hospital sejak tahun 2009, Sahid Sudirman Residence sejak tahun 2010.

sahid sudirman center1“Jadi, Sahid Sudirman Center ini merupakan proyek terakhir di kawasan mixed use Sahid City. Kami berharap nilai investasi di kawasan mixed use Sahid City akan terus meningkat,” katanya.

Menurutnya, keunggulan dari Sahid Sudirman Center ini adalah lokasinya yang terletak di prime area jalan Jenderal Sudirman, akses menuju ke kantor ini sangat strategis karena memiliki lebih dari dua akses dari jalan utama Sudirman dan dari jalan KH Mas Mansyur. Ke depannya SSC ini akan dilalui oleh jalaur MRT yang lokasi stasiunnya terletak tidak jauh dari komplek Sahid City.

Hariyadi melanjutkan, perkantoran SSC ini, lebih dekat dengan pusat pemerintahan, perusahaan multinasional, perusahaan BUMN, keduataan besar, dan hotel-hotel berbintang lainnya. “SSC juga memiliki fasilitas penunjang yang terintegrasi dibandingkan dengan perkantoran lain di koridor Sudirman area. Karena sudah dilengkapi hotel, apartemen rumah sakit dan pusat ritel.

Properti Bakal Cerah Setelah Penumuman Kabinet

Sektor properti diproyeksikan akan cerah seiring setelah ada kepastian kabinet baru yang akan dibentuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepastian politik juga akan memberikan segar ke seluruh aspek perekonomian Indonesia.

Kesempatan sama, Research and Consultancy Director Coldwell Banker Commercial Tommy Bastamy mengatakan permintaan ruang perkantoran diharapkan akan terus membaik seiring dengan kepastian ekonomi, dan politik pasca-pelantikan presiden dan pembentukan kabinet baru.

“Permintaan ruang kantor di kawasan CBD dalam sembilan bulan pertama tahun 2014 relatif stabil dibandingkan periode yang sama tahun 2013,” ujarnya.

Gedung perkantoran Grade A akan kembali menjadi kelas perkantoran dengan tingkat penyerapan paling efektif mencapai 70 persen dari penyerapan yang terjadi di kawasan CBD. “Tingkat penyerapan efektif mencapai 70 persen. Kita tunggu kabinet pemerintahan baru,” pungkasnya. (bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.