Tour de Bintan Genjot Kunjungan Wisman

BINTAN (Paradiso) – Event tahunan Tour de Bintan sudah di depan mata. Berbagai persiapan terus dimatangkan demi memenuhi kuota 2000 peserta. Sekaligus, membantu realisasi target kunjungan 700 wisman ke Bintan sepanjang 2019.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Wan Rudy, mengatakan geliat pariwisata Bintan semakin terlihat. Apalagi dengan adanya event-event wisata, baik sport tourism maupun seni budaya. Baru-baru ini, rombongan wisman asal China juga datang ke Bintan. Mereka mengunjungi beberapa destinasi unggulan seperti gurun pasir, telaga biru, hutan mangrove, Pulau Mapor, Pulau Rinti, dan lain-lain.

“Setiap hari wisatawan masuk sebanyak 300 orang melalui Pelabuhan Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi dan Pelabuhan Tanjungpinang. Mereka datang dalam bentuk paket tour group. Kita berharap angka kunjungan ini terus stabil dan semakin bertambah, sehingga target 700 wisman ke Bintan 2019 dapat tercapai,” ujarnya, Rabu (6/3).

Tour de Bintan sendiri akan digelar selama tiga hari, tanggal 29-31 Maret 2019. Tahun ini adalah yang ke-8, dimana kegiatan ini kembali terpilih menjadi salah satu event yang tergabung dalam UCI Gran Fondo. Menariknya, hanya ada 2 event di Asia dan 21 event di dunia yang merupakan bagian dari seri dunia UCI Gran Fondo.

Ada beberapa kelas atau kategori yang bisa diikuti dalam Tour de Bintan. Tanggal 23 Maret deperlombakan Individual Time Trial yang menempuh jarak 17 km. Kemudian tanggal 24 Maret ada Classic Class dengan jarak tempuh 144 km, dan Challenge Class sepanjang 82 km. Selanjutnya tanggal 25 Maret ada Century Class sejauh 111 km dan Discovery Class dengan rute 55 km.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani menyatakan, gelaran event Tour de Bintan secara langsung akan berdampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi di daerah setempat. Peserta akan melihat lebih dekat ‘wajah’ Bintan dan menikmati semua yang tersaji, bahkan dengan keluarga masing-masing.

“Info yang kami dapat, hotel di tempat event berlangsung yakni Bintan Lagoon sudah full booking di jadwal perlombaan. Saya yakin hotel-hotel lain di sekitarnya juga demikian. Semua akan mendapat untung dari Tour de Bintan. Termasuk para pengusaha kuliner, nantinya bakal kebanjiran tamu,” ungkapnya.

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menambahkan, peserta akan mendapat keuntungan dobel dari ajang ini. Selain bisa mengukir prestasi, mereka juga dapat menikmati keindahan alam dengan jalan-jalan yang ditata lebih baik, serta sejumlah resorts kelas internasional yang mengagumkan.

“Acara tiga hari ini adalah tour lengkap dari pulau tropis dengan jalan-jalan pantainya yang menakjubkan, hutan hijau yang rimbun, dan desa-desa yang semarak berbaris di jalan-jalan untuk menyaksikan kecepatan dan warna-warni peserta,” ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, sport tourism menjadi salah satu konsep yang cukup berhasil menarik wisatawan mancanegara. Terbukti, dari tahun ke tahun kunjungan wisman ke Bintan terus meningkat. Ini menjadi kabar baik bagi industri pariwisata setempat.

“Tour de Bintan adalah pembuka dari serangkaian event Bintan tahun 2019 yang masuk kategori sport tourism. Setelah Tour de Bintan, akan digelar Bintan Triathlon (7-9 Juni), Ironman Bintan (25 Agustus), Bintan Marathon (8 September), Bintan Golf Challenge (12 Oktober), dan Bintan KasmaRun (31 Desember). Semua potensial menarik wisman,” jelasnya.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.