Tour de Singkarak 2014 Akan Tempuh Jarak 1.250 Km

tds 2014Padang, Sumbar (Paradiso) – Ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) kembali digelar di Sumatera Barat. Tour de Singkarak yang akan digelar pada 7-15 Juni mendatang menempuh jarak 1.250 kilometer.

“Pada TdS 2014 ini, pebalap akan melalui rute sepanjang 1.250 kilometer yang terbagi dalam sembilan etape, dan melibatkan 18 kabupaten/kota di Sumbar” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar saat soft lounching TdS 2014 di Padang, Sumatera Barat, Minggu (30/3/2014).

Ia mengatakan, dibanding penyelenggaraan TdS 2013, yang berjarak 1.000 kilometer dengan 17 daerah yang dilalui, tahun ini panjang rute bertambah karena adanya tambahan daerah yang akan dilalui peserta, yakni Kabupaten Pasaman Barat.

Dikatakannya, pada penyelenggaraan TdS yang ke-enam ini etape pertama akan dimulai di Kabupaten Padang Pariaman dan finish di Kota Pariaman tepatnya di Pantai Gondoriah yang menjadi salah satu ikon wisata daerah itu. “Di Kabupaten Padang Pariaman sekaligus tempat pembuka ajang itu. Total panjang etape pertama ini sejauh 116 kilometer,” katanya.

Sementara itu pada etape dua yang dimulai pada 8 Juni, start akan dimulai di Kabupaten Pasaman dan finis di Kabupaten Pasaman Barat, dengan panjang rute 143 kilometer.

Pada etape tiga, pebalap akan menempuh rute sepanjang 121 kilometer, pada etape itu pertandingan akan dimulai di Kabupaten Limapuluh Kota dan finis di Kabupaten Tanah Datar.

Di etape empat, Kota Bukittingi menjadi tempat start selanjutnya akan finis di Kabupaten Agam, dengan panjang rute 181 Kilometer.

Etape lima pada ajang itu menempuh rute sejauh 121 kilometer, dimulai di Kota Payakumbuh, finis di Kabupaten Solok. Etape enam menempuh jarak sejauh 135 kilometer, dimulai di Kota Padang Panjang dan finis di Kota Solok.

Kabupaten Sijunjung menjadi tempat start pada etape tujuh, rute ini finis di Kabupaten Dharmasraya, panjang rute itu yakni 125 kilometer.

Sementara itu pada etape delapan dan sembilan, masing -masing etape berjarak 183 kilometer dan 125 kilometer.

Etape Sembilan akan dimulai di Kabupaten Pesisir Selatan dan finis di Kota Padang sekaligus tempat penutupan event tahunan itu. Ia mengatakan, semua jalur itu akan disiapkan satu bulan jelang pelaksanaan ajang TdS.

Dikawal 3.000 Personel Polisi

Demi mensukseskan ajang balap sepeda tahunan ini Kepolisian Daerah Sumatera Barat menyiapkan 3.000 personel gabungan untuk pengamanan.

“Pada TdS tahun ini pengamanan akan lebih diperketat, lebih kurang 3.000 personel gabungan disiapkan untuk menyukseskan acara itu,” kata Kepala Bagian Sarana dan Prasarana Polda Sumbar Ajun Komisaris Besar Datuk Zulfahmi di kesempatan sama.

Ia menjelaskan, personel gabungan yang disiapkan tersebut terdiri dari polisi, TNI, POL-PP, dan Dinas Perhubungan yang penempatannya nanti diatur sesuai dengan rute yang dilalui para pebalap.

Zulfahmi menambahkan, dalam personel gabungan tersebut juga terdapat tim penjinak bom yang ditugaskan di bandara dan hotel-hotel tempat atlet menginap.

Berdasarkan evaluasi pada TdS sebelumnya, pengamanan pada tahun ini jauh lebih ketat karena di rute yang dilalui terdapat banyak pusat keramaian dan pasar-pasar rakyat. Hal itu perlu mendapatkan perhatian serius untuk pengamanan. “Banyak rumah-rumah masyarakat yang berada dekat pinggir jalan, ini menjadi potensi kecelakaan bagi pebalap dan masyarakat setempat,” katanya.

Dari sembilan etape yang akan dilalaui pebalap, kata dia, ada beberapa titik potensi kecelakaan, salah satunya yakni rute yang menghubungkan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. “Jalur itu harus steril, artinya penempatan personel jauh lebih banyak di daerah itu,” katanya.

Adapun jumlah peserta mencapai sekitar 160 pebalap yang berasal dari 20 tim. TdS merupakan ajang balap sepeda yang ada sejak 2009. Saat ini, TdS telah masuk dalam kelas 2.2 dalam kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI). (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.