Tren Pertumbuhan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Terus Meningkat

jumpers oktoberJakarta (Paradiso) – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia secara kumulatif sepanjang Januari-Agustus 2014 sebanyak 6.155.553 wisman atau mengalami pertumbuhan sebesar 9,08% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 5.643.271 wisman.

Sementara itu kunjungan wisman pada Agustus 2014 sebanyak 826.821 wisman atau tumbuh 7,24% dibandingkan Agustus 2013 sebanyak 771.009 wisman.

Menurut  data BPS dan Pusdatin Kemenparekraf,  kunjungan wisman berdasarkan kebangsaan pada  bulan Agustus  2014 dibandingkan Agustus 2013 yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah; Mesir (65,81%), Bahrain  (46%), Tiongkok (37,92%), Arab Saudi  (25,76%),  dan Australia (17,66%), sedangkan secara kumulatif Januari hingga Agustus 2014 dibandingkan periode yang sama tahun 2013 negara yang mengalami pertumbuhan tertinggi, yaitu; Bahrain (62,67%), Mesir (49,70%), Arab Saudi (38,45%), Uni Emirat Arab (37,73%),  dan Tiongkok  (27,61%).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu mengatakan berdasarkan 19 pintu masuk utama, selama bulan Agustus 2014 pintu masuk yang memberikan kontribusi besar terhadap kunjungan wisman yakni;  Bandara Ngurah Rai, Bandara Soekarno-Hatta dan pintu masuk Batam.

“Secara kumulatif Januari-Agustus 2014 dibandingkan  Januari-Agustus 2013 kunjungan wisman melalui pintu masuk Ngurah Rai meningkat sebesar 15,65%,  Batam meningkat sebesar 8,54% dan Soekarno-Hatta meningkat 4,45%,” ujar Mari Pangestu di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (6/10/2014).

Menurut laporan Direktorat Pengembangan Pasar dan Informasi Pariwisata Kemenparekraf,  pertumbuhan wisman sebesar 7,24% pada Agustus 2014 antara lain karena dari upaya promosi pariwisata di sejumlah negara sebagai sumber wisman juga membawa dampak positif terhadap pertumbuhan pariwisata nasional.

Mari menambahkan, apabila kenaikan kumulatif selama delapan bulan ini stabil, maka diproyeksikan akhir 2014 jumlah kunjungan wisman ke Indonesia akan mencapai sekitar 9,3 juta hingga 9,5 juta wisman atau sesuai target yang ditetapkan, sedangkan  perolehan devisa pariwisata tahun ini diproyeksikan sekitar US$ 11 miliar atau tumbuh 10,7% dibandingkan tahun lalu.

Program Injury Time

Seperti pada tahun lalu, menghadapi masa puncak kunjungan wisman di bulan Oktober, November, dan Desember 2014, Kemenparekraf bersama para pelaku usaha pariwisata, Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI)  maupun stakeholder pariwisata lainnya menggencarkan promosi secara efektif untuk menarik wisman dari pasar terdekat seperti  negara kawasan ASEAN (Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina), Australia, dan Tiongkok.

“Strategi promosi yang disebut  injury time  ini melibatkan maskapai penerbangan nasional yang menjual paket-paket wisata menarik ke sejumlah destinasi wisata unggulan di tanah air,” ujar Mari Pangestu.

Beberapa event besar yang berpotensi menarik kunjungan wisman  sepanjang Oktober hingga Desember 2014 antara lain;  Ubud Writers & Readers Festival: Wisdom & Knowledge di Bali (1 Oktober 2014);  Jakarta Marathon (26 Oktober 2014); Celebes Travel Mart di Makassar (14 November 2014);  serta  MTQ Internasional di Palembang.

Pasar Tiongkok

Pada Agustus 2014 kunjungan wisman Tiongkok mencapai 96.550 atau tumbuh sebesar 37,92% dan berada di urutan nomor dua terbesar setelah wisman Singapura sebanyak 103,639 wisman. Secara kumulatif kunjungan wisman Tiongkok periode Januari – Agustus 2014 mencapai 645.483 wisman atau meningkat sebesar 27,61% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 505.812 wisman.

“Pertumbuhan pasar Tiongkok antara lain karena semakin membaiknya konektivitas, seperti bertambahnya frekuensi penerbangan dari Tingkok ke destinasi unggulan di Indonesia, China Eastern menambah frekuensi penerbangan untuk rute Guangzhou-Denpasar dari 3x/minggu menjadi 7x/minggu dan rute Senzhen-Denpasar dari 2x/minggu menjadi 3x/minggu,” jelas Mari Pangestu.

Gencarnya program promosi pariwisata Wonderful Indonesia di kota-kota besar Tiongkok juga membawa dampak positif terhadap meningkatnya kunjungan wisman Tiongkok.  Tahun lalu penyelenggaraan pameran pariwisata di mall  berlangsung di 3 kota; (Shanghai 16-17 November 2013, Guangzhou 23-24 November 2013,  dan Shenzen 30 November-1 Desember 2013)  kemudian tahun ini berlanjut di  6 kota;  Shanghai (1-2 Mei), Ningbo (11-12 Mei), Hangzhou (17-18 Mei), Nanjing (24-25 Mei), Guangzhou(31 Mei-1 Juni) dan Shenzhen (7-8 Juni 2014).

Selain itu untuk mendukung promosi khusus di  pasar Tiongkok juga diselenggarakan fam trip dengan mengundang 24 tour operators asal Shandong, Shanghai, Guangdong, Beijing dan Guangzhou China untuk mengunjungi Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali selama 7 hari pada April 2013.

Karakter Lokal Animasi Indonesia

Mari Pangestu menjelaskan, sektor ekonomi kreatif juga memberi kabar gembira mengenai perkembangan kreator animasi Indonesia yang  memiliki kemampuan internasional. Dalam ajang kompetisi animasi international di Jepang belum lama ini,  dua karakter lokal Indonesia; Salim & Silmy karya Royas Amri Bestian dan Hebring karya pasangan Andi Martin dan Marlin Sugama, masing-masing meraih special jury award dan juara kedua.  Dua karakter lokal Indonesia ini menang dalam ajang ASEAN Character Award, yang acara pemberiaan hadiahnya (awarding) dilakukan bersamaan dengan event  Tokyo Game Show 2014 di Jepang.

“Hingga semester pertama  2014, nilai tambah yang diciptakan oleh sektor ekonomi kreatif diestimasi mencapai Rp. 111,2 triliun. Penyumbang nilai tambah tertinggi antara lain subsektor mode, kuliner, kerajinan, serta penerbitan dan percetakan. Keempat subsektor ini juga erat kaitannya dengan sektor pariwisata,” ujar Mari Pangestu.

Menurut estimasi Pusdatin Kemenparekraf, ekspor karya kreatif Indonesia hingga tengah tahun 2014 mencapai Rp 63,1 trilliun atau tumbuh sebesar 7,27% dibandingan periode yang sama tahun 2013. Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh subsektor kerajinan dengan laju pertumbuhan ekspor sebesar 11,81%,  diikuti mode dengan pertumbuhan 7,12%,  periklanan 6,02% dan arsitektur 5,59%.  (Erwin)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.