Usung Konsep Go Digital, Wayang Ajen Pesona Indonesia Siap Hebohkan Tasikmalaya

TASIKMALAYA (Paradiso) – Masih ingat Wayang Ajen? Wayang ini pernah mengibarkan karya budaya Merah Putih di 49 negara. Wayang ini tidak hanya tampil mengetengahkan cerita Bharatayudha, Ramayana, dan sebangsanya saja. Yang penasaran, silakan langkahkan kaki ke Lapangan Dadaha, Tasikmalaya, 11 Agustus 2017. Ada tema “Pertunjukan Spektakuler Wayang Ajen,” yang siap diangkat dalang beken Ki Wawan Ajen.

Nah, di Tasikmalaya nanti, Wayang Ajeng akan menyosialisasikan ‘Go Digital’. Semua akan ditampilkan lengkap dengan layar LED ukuran 4×6 meter yang siap membuat decak kagum dari penontonnya. “Semua akan dikemas dengan lakon menarik. Jadi bukan hanya sekadar pentas, inilah esensinya peran dan fungsi pertunjukan wayang sebagai tontonan dan tuntunan, pesan moral inilah yang paling penting,” ujar Wawan Gunawan alias Wawan Ajen, Rabu (9/8).

Semua ide, gagasan dari Menpar Arief Yahya terkait Go Digital akan ikut disampaikan. Dari mulai peperangan berbasis digital, basis data real time, hingga tagline “The more digital, the more personal. The more digital, the more professional. The more digital, the more global,” semua akan disampaikan. Tentunya dengan gaya Wayang Ajen.

Sang dalang yang merupakan jebolan Universitas Padjajaran Bandung itu juga menjaskan, acara ini merupakan kolaborasi permintaan pemerintah daerah dalam upaya mendorong promosi wisata budaya melalui seni pertunjukan berbasis media digital.

“Kemenpar berkomitmen mendukung upaya pemerintah dan masyarakat daerah yang peduli terhadap sektor pariwisata. Jika daerah serius menjadikan sektor pariwisata menjadi unggulan dalam membangun daerah, tentu Kemenpar siap mendukung,” ucap dalang Wawan.

Bagi yang ingin menonton, semua atraksi spektakuler dalang yang pernah tampil di Istana Merdeka itu bisa dinikmati dengan sangat nyaman. Ada 3 Layar LED berukuran besar yang sudah disiapkan untuk membantu penonton melihat secara detail aksi sang dalang di panggung.

Walikota Tasikmalaya H.Budi Budiman ikut merespon positif. Baginya, Wayang Ajen sangat menarik dan sangat gaul. Isu-isu modern juga kerap disisipkan sebagai media bersosialisasi.

“Mengapa Wayang Ajen? Karena Wayang Ajen sangat menarik, keren, tata panggungnya megah serta dalangnya melek teknologi digital,” ujar Walikota Tasikmalaya H.Budi Budiman yang diamini Kadis Budparpora Kota Tasikmalaya H. Undang Hendiana yang daerahnya ketempatan menggelar pertunjukan wayang itu.

Karenanya, agenda ini juga didukung penuh oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ferdiansyah S.E MM. Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti juga ikut merespon.

Baginya, kegiatan ini adalah salah satu dari upaya Kementerian Pariwisata untuk mendongkrak kunjungan wisata budaya, khususnya di Kota Tasikmalaya.

“Kelebihan Wayang Ajen dibanding pertunjukan wayang pada umumnya yaitu dari sisi teknologi. Kecepatan teknologi informasi diimbangi dengan sajian multimedia, tata cahaya, tata suara dan tata panggung yang merekonstruksi struktur lama menjadi pola baru. Jangan lupa, Wayang Ajen sudah go international. Wayang Ajen menjadi nomor satu di India tahun 2010. Wayang Ajen juga diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Seni itu kan bagian dari budaya, kebanggaan masyarakat kita, jati diri bangsa. Selain itu bisa juga untuk rekreasi,” ucap Esthy.

Menteri Pariwisata Arief Yahya ikut mengapresiasi rencana pertunjukan spektakuler Wayang Ajen di Tasikmalaya. Sebagai warisan budaya dunia, wayang juga menjadi objek wisata seni yang dapat dinikmati oleh masyarakat yang berisi pesan moral kehidupan sehari-hari.

“Karena wayang bukan hanya bisa dinikmati sebagai tontonan, melainkan tuntunan untuk memperkuat jatidiri bangsa Indonesia. Untuk itu, merupakan kewajiban kita semua untuk menjaga dan melestarikannya. Karena semaikin dilesatarikan semakin mensejahterakan,” ucap Arief Yahya.

Pada pagelaran kali ini juga akan dimeriahkan penyanyi pop sunda Ria Talenta. Musikalisasi puisi oleh Ridwan Ch Madris beserta Komunitas Bale Budaya Mahardhika Kota Tasik. Selain menjadi hiburan, Wayang Ajen pun akan berkolaborasi dakwah dengan dai kondang K.H Dadang Mulyawan. Sebelum acara dimulai akan diadakan shalat berjamaah dan doa bersama yang dipimpin oleh Syeik Mursyid Abah Aos dari Pesantren Sirnarasa Ciamis. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.