Usung Misi Safety Riding, Biker Stephen Langitan Solo Ride Jakarta – London

JAKARTA (Paradiso) – Dalam rangka aksi keselamatan jalan, pagi ini Kementerian Perhubungan melepas keberangkatan salah satu anak bangsa, Stephen Langitan untuk memulai perjalanan dari Jakarta menuju London dengan mengendarai sepeda motor.

“Stephen Langitan akan memulai Solo Ride Adventure Jakarta – London sepanjang 30.000 km yang akan melewati 26 negara, dengan membawa pesan “Salam Persaudaraan Tanpa Batas (Brotherhood Has No Border)”,” kata Menteri Perhubungan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Jakarta (25/3).

“Saya pribadi mendukung apa yang akan dilakukan oleh Saudara Stephen Langitan karena ini bertujuan untuk menyebarkan pesan persaudaraan, perdamaian, juga keselamatan lalu lintas,” ujar Dirjen Budi. “Di setiap spot, nantinya Stephen bisa bertemu bikers lain dan akan menyampaikan safety riding. Saya harapkan, ada edukasi ke masyarakat dari solo adventure Stephen ini,” lanjutnya.

Stephen Langitan akan menempuh perjalanan selama lebih kurang 145 hari dengan menggunakan motor Kawasaki Versys-x 250cc. Dan untuk keselamatan berkendara, perjalanan akan dilakukan pada pukul 08.00 hingga 17.00 setiap harinya. Nantinya, Stephen ditargetkan akan tiba di London pada tanggal 17 Agustus 2018 yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-73.

Dirjen Budi mengungkapkan dirinya percaya bahwa Stephen Langitan sudah memiliki kualifikasi untuk melakukan perjalanan Solo Ride Adventure Jakarta – London. “Dalam melakukan perjalanan juga harus menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket, sepatu boot, sarung tangan, dan lain sebagainya,” tambahnya.

Dalam acara pelepasan anak bangsa tersebut, Dirjen Budi juga menekankan kepada para anggota komunitas motor yang hadir untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dimanapun dan kapanpun mereka melakukan perjalanan. “Keselamatan berlalu lintas harus menjadi prioritas,” tegasnya.

Sementara itu, Stephen Langitan mengungkapan berbagai persiapan telah dilakukan sejak jauh-jauh hari. “Saya pelajari rutenya. Jalurnya. Jalannya sudah ada, namun masih ada beberapa sisi tantangan seperti melewati jalan daerah konflik, itu ada di Pakistan,” tutur Stephen.

Menanggapi hal tersebut, Kakorlantas Polri Royke Lumowa yang juga hadir pada kesempatan tersebut pun memberikan Stephen sebuah rompi antipeluru. “Memang yang rawan Pakistan, ya. Rawan desingan peluru, untuk itu saya kasih rompi antipeluru,” ujar Royke

Selain Kementerian Perhubungan, aksi solo ride ini juga didukung oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kementerian Pariwisata, Kepolisian RI, TVRI, PT Pertamina Lubricants, PT. Kawasaki Motor Indonesia, PT. Robert Bosch dan beberapa perusahaan swasta lainnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.