Uut Permatasari Bakal Goyang Entikong dalam Wonderful Indonesia Festival 2018

JAKARTA (Paradiso) – Wilayah perbatasan di Entikong, Kabupaten Sanggau, dipastikan akan menjadi sangat semarak saat HUT ke-73 Republik Indonesia nanti. Sebab, Kementerian Pariwisata sudah menyiapkan event seru. Yaitu Wonderful Indonesia Festival, 18 – 19 Agustus 2018. Bintang utamanya adalah penyanyi dangdut Uut Permatasari.

Menurut Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, Wonderful Indonesia Festival diharapkan bisa membagikan kebahagiaan kepada masyarakat sekitar.

“Festival ini dapat menjadi tempat untuk wisata. Oleh karena itu, acara ini diharapkan dapat juga meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan bersama,” tutur Pitana, Minggu (12/8).

Dijelaskan Pitana, jaminan kemeriahan acara ini terlihat pada pengisi acaranya.

“Sajian utamanya adalah pentas dangdut. Yang menjadi bintang tamunya tidak main-main. Yaitu Uut Permatasari. Ini termasuk penyanyi fenomenal. Uut akan membawa kebahagiaan untuk kita semua di Entikong,” papar Pitana.

Sedangkan Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Sumarni, mengatakan peran pariwisata sangat penting untuk mengangkat potensi sebuah daerah. Termasuk juga bagi Sanggau dan Entikong.

“Pariwisata menjadi salah satu sektor terdepan di dunia. Karena, mempunyai peran utama dalam pendapatan ekspor, penciptaan lapangan kerja, perusahaan, dan pembangunan infrastruktur,” papar Sumarni.

Menurutnya, Entikong dan Kabupatan Sanggau juga bisa merasakan dampak langsung dari pariwisata.

“Entikong di Kabupaten Sanggau ini adalah wilayah perbatasan. Langsung berhadapan dengan negara tetangga. Jika mereka memiliki atraksi yang bagus, destinasi yang bagus, dan diperkuat dengan unsur 3A, wisatawan crossborder bisa mengalir. Apalagi jaraknya sangat dekat,” paparnya.

Dijelaskan Sumarni, festival menjadi salah satu cara yang cepat dan tepat untuk mendatangkan wisatawan.

Sedangkan Kepala Bidang Pemasaran Area III pada Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Sapto Haryono, menilai event ini memiliki efek besar pada ekonomi lokal. Termasuk juga bagi Sarawak, Malaysia.

“Sarawak dan Kalimantan Barat memiliki akar budaya yang dapat memperkuat ikatan antara Indonesia dan Malaysia. Dan bisa mendorong lebih banyak kolaborasi untuk kesejahteraan masyarakat. Melalui Wonderful Indonesia Festival, keragaman budaya tersebut akan dibawa ke panggung internasional,” kata Sapto.

Menurutnya, dengan festival ini ribuan warga Sarawak dapat menikmati hiburan yang indah dan permainan yang menarik. Apalagi sajian yang ditampilkan juga luar biasa.

“Dangdut dan Melayu adalah dua genre musik favorit di perbatasan. Sehingga, secara khusus disajikan untuk orang-orang di perbatasan,” katanya.

Penonton tidak hanya bisa menikmati konser dangdut. Ada juga beberapa daya tarik lain. Seperti penampilan band Sanggau Pusaka, aksi Sanggar Tari Dahlia yang mewakili perwakilan budaya Dayak, Melayu, & tarian Tiongkok, Ikatan Seni Mahasiswa (Mewakili Wilayah Barat, Tengah, dan Timur Indonesia; Minang, Bali, & Sulawesi).

Ada juga aneka lomba seperti Panjat 2 Pinang, Sumpit, Selipar Gergasi, Cari Koin dalam Tepung, Balap Kelereng, Tarik Tambang, Balap Karung, Makan Kerupuk, Ambil koin dalam Jeruk, Pukul Air dalam Plastik, Balap Kelereng.

Yang menarik dari Wonderful Indonesia Festival di Entikong adalah mengajak saudara-saudara dari Serawak. Mereka akan diajak untuk terlibat dalam berbagai rangkaian lomba yang digelar di Entikong dengan suasana meriah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yakin perhelatan ini akan sukses. Sebab, konser musik selalu menjadi sarana tepat untuk mendatangkan massa, serta menarik wisatawan.

“Berdasarkan pengalaman dari kegiatan di crossborder sebelumnya, acara konser musik selalu ramai. Selalu mampu mendatangkan wisatawan crossborder. Untuk event kali ini pun potensinya sangat besar. Yang menjadi daya tarik lebih, eventnya digelar dalam nuansa HUT RI. Ini akan menjadi acara luar biasa,” katanya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.