Wakil Presiden RI Buka PATA Travel Mart 2016

JAKARTA (Paradiso) – Wakil Presiden, Jusuf Kalla menghadiri acara welcome reception & opening ceremony PATA Travel Mart (PTM) 2016 yang berlangsung di Nusantara Room, Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Provinsi Banten pada 7 September 2016. Wapres memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi penyelenggaraan PTM 2016 yang berlangsung selama tiga hari 7-9 September 2016.

Acara welcome reception & opening ceremony pada hari pertama PTM 2016 didahului dengan laporan dari Ketua Pelaksanana PTM yang juga sebagai Chairman of PATA Indonesia Chapter S.D. Darmono serta sambutan Chairman PATA Andrew Jones dan sambutan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sekaligus sebagai welcome speech kepada para delegasi PATA yang hadir pada malam itu. Sekitar seribu delegasi dari 60 negara hadir dalam PTM 2016.

Agenda lain adalah penyerahan Monitoring Center Sustainable Tourism Observatory (STO) dari UNWTO oleh Menpar Arief Yahya kepada daerah tujuan wisata yang tersebar di tiga kabupaten yakni; Pangandaran (Jabar), Sleman (Yogyakarta), dan Lombok Barat (NTB). Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan TripAdvisor Traveller’s Choice Awards dari TripAdvisor kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya mengatakan, Indonesia kembali mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah (host) dalam penyelenggaraan PATA (Pacific Asia Travel Association) Travel Mart 2016. Dalam penyelenggaraan even pameran dan bursa pariwisata terbesar di kawasan Asia Pasifik yang diikuti 262 buyers dari 56 negara plus 9 spouses; sellers (219 companies, 416 delegates dari 35 negara), dan international media (65 media dari 15 negara plus 12 bloggers) akan memberikan banyak manfaat kepada Indonesia.

“Selain meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia, khusus di bidang pariwisata, even ini juga menjadi ajang yang efektif untuk mempromosikan obyek dan daya tarik pariwisata baru yang ada di Tanah Air antara lain 10 destinasi prioritas yang akan menjadi ‘10 Bali Baru’; Danau Toba (Sumut), Tanjung Kelayang (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Borobudur (Jateng), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulteng); Bromo Tengger Semeru (Jatim); Mandalika (NTB), Morotai (Malut),” kata Menpar Arief Yahya.

Manfaat lain, menurut Arief Yahya, adalah kita mendapatkan dampak ekonomi langsung (direct impact) berupa kedatangan delegasi yang mencapai sekitar 1.000 orang, yang akan membelanjakan dollarnya untuk akomodasi, transportasi, maupun membeli souvernir. Secara langsung kehadiran delegasi PTM akan meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia yang akhir tahun ini mentargetkan sebanyak 12 juta wisman,” kata Menpar Arief Yahya.

Wapres Jusuf Kalla ketika membuka secara resmi PTM 2016 didampingi Menpar Arief Yahya, Chairman PATA Indonesia Chapter S.D. Darmono, Chairman PATA Andrew Jones dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Dalam acara welcome reception & opening ceremony PTM 2016 itu dimeriahkan dengan pertunjukan musik Purwacaraka Light Orchestra yang menampilkan artis penyanyi Rossa –yang pada kesempatan itu menyanyikan lagu Wonderful Indonesia– dan Elfa’s Singer, serta Batik Carnival Show. Acara ditutup dengan memainkan angklung bersama para delegasi PATA.

INDONESIA RAIH PENGHARGAAN TRIPADVISOR TRAVELLERS’ CHOICE AWARD 2016
Bersamaan dengan penyelenggaraan Welcome Reception PATA Travel Mart 2016 oleh Kementerian Pariwisata, Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya secara simbolis menerima penghargaan TripAdvisor Travellers’ Choice Award 2016 yang diserahkan oleh Martin Verdon-Roe (VP Global Display Sales at TripAdvisor), disaksikan oleh Wakil Presiden Indonesia, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Banten, Delegasi PATA (Pasific Asia Travel Association) dan pelaku pariwisata dari berbagai negara.

Pemenang penghargaan TripAdvisor Travellers ‘Choice dipilih berdasarkan pada jutaan ulasan dan opini yang dibuat oleh wisatawan diseluruh dunia dalam kurun 12 Bulan.Pada tahun 2016 ini, Indonesia berhasil menerima 9 penghargaan TripAdvisor Travellers ‘Choice Award dalam lingkup Global dan Asia dari 4 kategori yaitu Destinations, Island, Landmark dan Beaches. Masing-masing kategori ini memiliki penilaian tersendiri, bagi kategori Landmarks dan Beaches didasarkan pada ulasan dan opini wisatawan yang mengulas tempat tersebut di TripAdvisor, sedangkan untuk kategori Islands dan Destinations merupakan gabungan kualitas dan kuantitas ulasan serta peringkat dari hotel, atraksi wisata dan restoran dan kecenderungan booking melalui TripAdvisor pada pulau maupun destinasi yang terpilih.

Indonesia bersaing dengan berbagai destinasi wisata lain di dunia maupun di Asia. 9 penghargaan yang diterima Indonesia sebagai tujuan wisata para pelancong Internasional tersebut adalah Ubud – #10 Top 25 Destinations in the World – #3 Top 25 Destinations in the Asia ; Bali – #5 Top 10 Islands in the World – #1 Top 10 Islands in the Asia ; Lombok – #5 Top 10 Islands in Asia ; Gili Trawangan – #6 Top 10 Islands in Asia ; Tanah Lot Temple – #18 Top 25 Landmarks in Asia; Borobudur Temple – #21 Top 25 Landmarks in Asia ; Gili Meno Beach – #11 Top 25 Beaches in Asia ; Balangan Beach – #17 Top 25 Beaches in Asia ; Nusa Dua Beach – #24 Top 25 Beaches in Asia.

Dari kategori “Top 25 Destinations in the World”, Indonesia diwakili oleh Ubud memiliki peringkat diatas Dubai (13), Bangkok (15) bahkan Tokyo (21) dan Sydney (24). Pulau Bali diganjar peringkat 5 kategori “Top 10 Islands in the World” yang juga menjadikan Pulau Dewata sebagai peringkat 1 pada lingkup Asia bersama Lombok (5) dan Gili Trawangan (6), pada lingkup kategori ini Indonesia bersaing ketat dengan Thailand dan jauh meninggalkan Malaysia. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.