Wiryanti: Karnaval dan Festival Efektif Jaring Wisatawan

festivalJakarta (Paradiso) – Penyelenggaraan karnaval di suatu daerah dinilai sangat signifikan untuk menjaring kedatangaan wisatawan sekaligus mempromosikan secara efektif sebuah destinasi kepada publik yang lebih luas.

“Event-event seperti karnaval dan festival harus lebih digencarkan untuk menjaring kedatangan lebih banyak wisatawan ke Indonesia,” kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Wiryanti Sukamdani di Jakarta, Kamis (2/10).

Menurut Wiryanti, karnaval sangat efektif untuk menyedot perhatian wisatawan sehingga mau berkunjung ke sebuah destinasi wisata penyelenggaranya.

Di samping itu, penyelenggaraan karnaval akan mudah sekali untuk diingat, bahkan menjadi ikon seni dan budaya suatu daerah. “Modal yang diperlukan hanya kreativitas masyarakatnya untuk menggali seni tradisi dan budaya nenek moyangnya untuk kemudian diangkat sebagai karnaval yang disuguhkan kepada publik,” katanya.

Pihaknya sendiri mendorong lebih banyak daerah untuk menginisiasi penyelenggaraan karnaval dan festival khas daerah masing-masing.

Karnaval-karnaval serupa itu, kata Yanti, sangat efektif untuk ditawarkan dalam paket wisata oleh para pelaku industri. “Selama ini salah satu yang kurang dari kita adalah atraksi pariwisata kita, karnaval ini salah satu jawabannya,” katanya.

Wiryanti berpendapat bahwa atraksi wisata adalah prasyarat mutlak agar sebuah destinasi wisata tetap diminati pengunjung.

Tanpa atraksi wisata, sebuah destinasi akan sangat membosankan, bahkan akan dengan mudah dilupakan dan tidak akan dikunjungi lagi.

Padahal, pemerintahan mendatang menargetkan jumlah kunjungan wisman hingga 20-25 juta orang dalam lima tahun ke depan sehingga diperlukan kerja ekstra keras untuk menjaring lebih banyak wisman ke Tanah Air. “Karnaval adalah salah satu solusi yang bisa mendatangkan banyak wisatawan ke Indonesia,” katanya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.