Wonderfood Ramadhan Batam Jadi Konsep Pariwisata Halal

BATAM (Paradiso) – Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Komunitas Seniman Kepri menggagas event bertajuk Wonderfood Ramadhan Batam. Kegiatan yang didukung penuh oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam ini akan berlangsung selama 20 hari, tanggal 7-26 Mei mendatang.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, Wonderfood Ramadhan Batam menyediakan 200 tenant yang bakal menjual beragam kuliner khas Kepulauan Riau. Ini menjadi salah satu bazaar terbesar di Kota Batam, yang dipusatkan di Dataran Engku Putri, Batam Center. Setiap harinya, kegiatan akan dimulai pada pukul 15.30 dan tutupsekitar pukul 21.00 WIB.

Event ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Menurut data pada bulan Oktober 2018, terdapat lebih dari 200.000 wisatawan mancanegara yang datang untuk berlibur di Kepulauan Riau. “Target kegiatan ini memang wisatawan asing, meskipun wisatawan lokal tetap akan memenuhi arena kegiatan. Untuk wisman, diprediksi target 200 orang dapat terpenuhi,” ujarnya, Jumat (3/5).

Selain untuk menarik wisatawan, bazaar tersebut akan menjadi sarana promosi bagi UMKM yang berada di Kota Batam. Dari total tenant yang ada, 60% akan diisi produk makanan dan minuman. Antara lain berupa takjil atau makanan pembuka puasa, makanan berat, minuman siap saji seperti jus dan es.

Selanjutnya, 20% tenan akan diisi pakaian dan penunjangnya. Meliputi pakaian muslim, pakaian umum, kosmetik dan aksesoris. Sementara 20% lagi berupa aneka produk penyedia layanan telekomunikasi, penjual kendaraan bermotor, dan penjual peralatan telekomunikasi.

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menambahkan, kegiatan ini juga sebagai pengembangan dan pembinaan terhadap pelaku kegiatan dakwah maupun seni yang terkait dengan masing-masing sub program acara yang ada dalam kegiatan tersebut.

Adapun kegiatan lain diantaranya Lomba Da’i Remaja dengan peserta usia 15-18 tahun. Peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp50 ribu. Lomba Peragaan Busanan Muslim untuk anak-anak usia 7-12 tahun dengan biaya pendaftaran Rp50 ribu, Lomba Qasidah untuk ibu-ibu komunitas penggiat lagu-lagu qasidahdengan pendaftaran Rp100 ribu/ kelompok, dan Lomba Lagu Religi dengan biaya pendaftaran Rp50 ribu/ peserta.

“Panitia menyediakan hadiah menarik bagi para pemenang di masing-masing lomba. Kami yakin event ini bakal meriah dan mampu menarik banyak pengunjung,” ungkapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, Wonderfood Ramadhan Batam bisa menjadi konsep pariwisata halal. Ia berharap, naiknya peringkat Indonesia pada posisi teratas destinasi halal tourism dunia akan semakin banyak mengundang minat wisatawan internasional berkunjung ke Indonesia. Dimana tahun ini menargetkan kunjungan 20 juta wisman dengan 5 juta atau 25 persen diantaranya adalah wisman halal tourism.

“Tingginya potensi pasar wisata halal terlihat dari jumlah wisatawan yang terus meningkat. Data yang dihimpun GMTI menunjukkan, jumlah wisatawan muslim diperkirakan mencapai 158 juta orang pada 2020. Angka itu tumbuh 21 persen dibanding jumlah wisatawan pada 2017. Jumlah tersebut di luar ibadah haji dan umrah,” bebernya.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.