Wonderful Indonesia Kini Melekat di Garuda Indonesia

logo wonderful garudaJakarta (Paradiso) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, meresmikan logo baru Wonderful Indonesia di area perkantoran Garuda City Center, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Peresmian logo baru tersebut juga menandakan kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia.

Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar, Wakil Menparekraf Sapta Nirwandar dan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono juga turut serta dalam meresmikan logo baru tersebut. Dalam kata sambutannya, Emirsyah mengungkapkan bahwa Garuda Indonesia siap untuk mendukung pariwisata Indonesia.

“Dengan diresmikannya logo baru Wonderful Indonesia ini, diharapkan wisatawan bisa merasakan bagaimana kehangatan dari pariwisata Indonesia itu sendiri,” tutur Emirsyah.

Logo Wonderful Indonesia ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan logo Visit Indonesia yang diresmikan pada tahun 2008. Pada logo baru ini, Kemenparekraf tetap mempertahankan lambang garuda yang berwarna warni sebagai ikon Wonderful Indonesia yang baru. “Logo Garuda yang berwarna warni ini sudah melekat di kalangan masyarakat, jadi kita tetap mempertahankannya,” ujar Mari.

Mari juga mengungkapkan bahwa ada sedikit rebranding dari logo baru ini. Dalam logo baru ini, font “Indonesia” tampak lebih besar daripada tulisan “Wonderful” itu sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menonjolkan nama Indonesia di mata dunia.

“Jadi tulisan ‘Indonesia’-nya kita bikin lebih besar untuk menonjolkan nama Indonesia itu sendiri. Terkadang wisatawan asing sering bertanya-tanya, ada apa di Indonesia. Kita mau sedikit branding di sini,” ucap Mari.

Mari juga menjelaskan, di bawah logo baru tersebut juga ditambahkan alamat situs www.indonesia.travel. Dengan dicantumkan alamat situs web tersebut, diharapkan menjadi sebuah sumber bagi wisatawan yang ingin mencari informasi tentang Indonesia.

Ruang lingkup Nota Kesepahaman kerjasama promosi pariwisata tersebut meliputi penyediaan bahan-bahan promosi pariwisata Indonesia, pensponsoran kegiatan promosi pariwisata Indonesia, dan partisipasi pada event-event internasional.

Sementara implementasi dari Nota Kesepahaman antara lain diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti, pemasangan logo Wonderful Indonesia pada 22 badan pesawat Garuda Indonesia berbadan lebar yang melayani rute-rute internasional, partisipasi pada bursa pariwisata besar berskala internasional seperti ITB Berlin dan WTM London, serta sebagai sponsor kegiatan fam-trip media dan industri dari negara-negara pasar wisman.

22 pesawat yang dipasang logo Wonderful Indonesia antara lain; 11 pesawat Airbus jenis A330-200, 5 pesawat Airbus jenis A330-300, 5 pesawat Boeing jenis B777-300ER dan 1 pesawat pada posisi A-Check. Ini merupakan bagian implementasi dari Nota Kesepahaman tentang Promosi Pariwisata Indonesia Kemenparekraf dengan PT Garuda Indonesia yang ditandatangani 21 Februari 2012 lalu.

Garuda juga telah membuka rute-rute baru dengan program “Explore Indonesia” dengan pesawat bombardier dan ATR mereka ke sejumlah destinasi wisata seperti Labuan Bajo, Sumba, Bima, Tambolaka, Ende, Pinongsori Sibolga, Banyuwangi, dan sebagainya.

Mari Elka saat memberikan kata sambutan menjelaskan lebih jauh, prospek pariwisata Indonesia ke depan semakin cerah. Indonesia dinilai sebagai negara yang berhasil memanfaatkan momentum membaiknya pariwisata dunia yang sudah mencapai US$ 7 triliun dengan pertumbuhan tahun 2014 ini diperkirakan 4,2%.

Dalam kelompok G20 Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan pariwisata tertinggi. WTTC memperkirakan tahun 2014 Indonesia berpeluang mencapai pertumbuhan double digit untuk kunjungan wisman dan potensi pertumbuhan wisnus yang mengembirakan karena peningkatan daya beli.

Dengan demikian diperkirakan kontribusi sektor pariwisata secara langsung dan tidak langsung terhadap perekonomian nasional mencapai 8,1%.

Targetkan Jadi Five Star Airlines Pada 2015

Garuda Indonesia saat ini dikenal sebagai maskapai penerbangan dengan pelayanan full service di Indonesia. Bahkan tahun 2015 maskapai tersebut punya impian menjadi five star airlines di internasional. “Kami terus menambah pelayanan demi memuaskan pelanggan,” ujar Emirsyah Satar.

Menurutnya, Garuda Indonesia memiliki konsep layanan menjual Indonesia. Terlebih banyak sekali impian yang bakal diwujudkan tahun 2015 mendatang.  “Tahun 2015 Garuda Indonesia bisa menjadi five star airlines dan the best cabin crew uuntuk peningkatan service kita,” paparnya

Tidak hanya itu, Garuda Indonesia mulai mengambil langkah membuka rute daerah terpencil untuk mengangkat destinasi wisata unik dan menarik yang menjadi aset Indonesia di mata dunia.

Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan nasional Indonesia yang meraih World’s Best Regional Airline dari Skytrax ini, terbang ke 40 tujuan domestik dan ke 36 tujuan internasional ke seluruh penjuru dunia, di antaranya dengan melakukan codeshare bersama KLM, Etihad, Turkish, Philippine Airlines, Vietnam Airlines, Royal Brunei Airlines, dan China Airlines. (bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.