Wonderful Noon Perkuat Branding Pariwisata Melalui Pegiat Medsos

Jakarta (Paradiso) – Kementerian Pariwisata terus menggandeng generasi millenial untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. Tak bisa dipungkiri, keberadaan para blogger, vlogger, selebgram, hingga pegiat media sosial lainnya turut berperan dalam perkembangan pariwisata di era digitalisasi ini.

Untuk mempublikasikan pengelolaan informasi kebijakan dan program pembangunan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Biro Komunikasi Publik Kemenpar menggelar event Wonderful Noon Jakarta 2018 dengan mengajak pegiat media sosial pada Sabtu sore (08/09) di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta. Kemenpar merangkul pegiat media sosial agar secara aktif mengenal pariwisata Indonesia sekaligus membantu memperkuat branding Wonderful Indonesia di tingkat global.

Acara dibuka resmi oleh Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara didampingi oleh Ketua Tim Percepatan Pengembangan Destinasi Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Vita Datau. Peserta yang hadir merupakan selebgram maupun pegiat media sosial terkenal, di antaranya Aulion (content creator), Salim Bahanan (sosmed enthusiast), Benazio (content creator), Ashari Yudha (traveler), Jihan Fauziah Hamdi (fashion enthusiast), Yuda Bustara (food stylist), Gerry Girianza (food vlogger), Jun Chef (Korea chef), Jozz Felix (photographer), Nadia Putriani (sport enthusiast), dan Ana Hidayah (traveler).

“Program utama Kemenpar adalah digital. Branding Wonderful Indonesia menjadi kuat dan melalui media sosial promosi pariwisata menjadi sangat efektif. Sekali Anda mempromosikan destinasi wisata, percayalah Anda telah menghidupkan orang-orang di sekitar dan mengangkat ekonomi masyarakat,” kata Ukus Kuswara.

Menurut Ukus Pariwisata menjadi terkenal dan diakui dunia, salah satunya karena didukung oleh para pegiat media sosial yang selalu mengekspose keindahan alam Indonesia dan keragaman destinasi wisata Nusantara. Karena itulah, Ukus meminta generasi milenial untuk terus aktif mempromosikan wisata Indonesia untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar.

Di awal acara, peserta yang hadir dimanjakan dengan penampilan Amity Voice Choirs yang membawakan beberapa lagu. Selanjutnya, event Wonderful Noon Jakarta yang mengambil tema “Aku Untuk Indonesia” ini turut menghadirkan Adrian Ishak, pemilik restoran Namaaz Dining, yang menyajikan masakan unik melalui keterampilan unik molecular gastronomy. Masakan yang dibuat oleh Adrian Ishak menggunakan teknik ilmu fisiokimiawi sehingga menghasilkan makanan dengan struktur-struktur yang menarik.

Peserta dibuat kagum dan penasaran dengan makanan yang disajikan, di antaranya kue berbentuk cabai dengan rasa yang mengejutkan, irisan yabg tampak seperti daging mentah namun ternyata buah semangka dan isi telur mentah yang ternyata terbuat dari mangga.

Setelah ketiga tahap makanan disajikan, Adrian Ishak tampil dengan kejutan khusus. Ia memperagakan membuat es podeng dengan teknik unik menggunakan nitrogen sehingga menciptakan efek tak biasa. “Karena efek nitrogen ini menghasilkan letupan, maka saya menyebut es podeng ini menjadi explodeng,” kata Adrian.

Puncak acara menjadi luar biasa karena peserta diminta memakai jas hujan yang telah disiapkan panitia karena efek letupan dari nitrogen yang membuat peserta terkejut kagum.

“Seru banget, makanannya enak dan penuh kejutan,” komentar salah satu blogger saat ditanya oleh MC mengenai makanan yang disajikan.

Para pegiat media sosial sengaja dilibatkan dalam kegiatan tersebut karena masuk dalam unsur program prioritas Go Digital yang diluncurkan 2017. Go Digital bersama Homestay Desa Wisata dan Air Connectivity, dinilai berhasil menarik jumlah kunjungan wisatawan khususnya wisman.

Vlogger dan juga selebgram terkenal, Gerry Girianza mengaku sangat senang telah diundang oleh Kemenpar untuk hadir dalam Wonderful Noon Jakarta. Menurutnya, event Wonderful Noon merupakan kolaborasi Indonesia tradisional dan kekinian.

“Mudah-mudahan _influence_ kami para pemain media sosial bisa lebih membuat anak-anak muda Indonesia semakin cinta dengan negara ini,” ujar food vlogger yang satu ini.

Selain pegiat media sosial, Wonderful Noon turut melibatkan para pelaku industri pariwisata yang tergabung dalam Co-Branding Wonderful Indonesia antara lain Martha Tilaar Group, Krisna Bali, Tauzia Hotels Group, Hydro Coco, Bandung Kunafe, Bogor Rain Cake serta Warung Upnormal.

Pelaksanaan Wonderful Noon juga didukung oleh Co-branding Wonderful Indonesia
Hydro Coco produk ini merupakan salah satu produk Indonesia yang ikut mendukung kampanye Wonderful Indonesia dengan mengeluarkan kemasan tematik Exotic Indonesia. Kemasan ini mengangkat lokasi-lokasi alam terbaik di Indonesia seperti Pulau Padar di Labuan Bajo, Broken Beach Nusa Penida Bali, Raja Ampat di Papua, dan Pantai Atuh Nusa Penida Bali. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.