250 Pelaku Ekraf Ikuti Pelatihan Penulisan Iklan oleh Kemenparekraft

Paradiso.co.id|Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar pelatihan daring penulisan iklan bertajuk “Kadabra” bagi 250 pelaku ekonomi kreatif (ekraf) agar bisa mengembangan usahanya di tengah masa pandemi COVID-19.

Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Frans Teguh saat kick off Pelatihan Online Kadabra secara virtual, Kamis (2/7/2020) menjelaskan, Kadabra merupakan akronim dari kreativitas kata dalam branding yang merupakan program pelatihan penulisan naskah iklan dilaksanakan oleh Direktorat Pengembangan SDM (PSDM) Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan Vokraf.

“Para pelaku ekraf akan mendapatkan pengetahuan tentang tips dan trik mempromosikan produk atau jasa dengan teknik copywriting,” kata Frans Teguh.

Frans Teguh juga menjelaskan, di kelas tersebut, nantinya para peserta akan mempelajari dasar dan teknik menulis iklan agar produk dan jasanya lebih menjual dan mampu bersaing dengan kompetitor.

“Semisal dengan tagline yang catchy headline yang berirama, hingga narasi yang menyentuh emosi sehingga dapat menjadi senjata baru untuk meningkatkan bisnis para peserta,” katanya.

Saat kick off Pelatihan Online Kadabra hadir pula sebagai narasumber Fini Silmi Febriyani perwakilan dari Vokraf dan Direktur PSDM Ekraf Kemenparekraf/Baparekraf Muh. Ricky Fauziyani.

Muh. Ricky Fauziyani dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang mengolah kreativitas kata untuk branding melalui teknik menulis iklan.

“Pelatihan ini kami harapkan bisa memberi manfaat tersendiri dan meningkatkan skill penjualan para pelaku ekraf dalam mempromosikan produknya, bisa dengan tulisan atau narasi di video,” kata Ricky.

Sebanyak 250 peserta yang mengikuti Pelatihan Kadabra tersebut berasal dari 5 Destinasi Pariwisata Prioritas dan kota kreatif di sektor kuliner, fashion, dan kriya.*go

Igo Kleden

I am journalist...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *