Dandim Klungkung Serahkan 1 Unit Wastafel Siap Pakai Untuk Desa Adat Takmung

SEMARAPURA|PARADISO.CO.ID –  Setelah membagikan 1300 masker gratis secara serentak kepada warga masyarakat di Kabupaten Klungkung Hari Rabu (20/01/2021) kemarin, Dandim 1610/ Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E., M. Tr., (Han), didampingi Danramil 1610-02/Banjarangkan Kapten Inf I Gede Swastika menyerahkan 1 unit tempat cuci tangan (wastafel) yang sudah siap digunakan kepada Jero Bendesa Desa Adat Takmung I Wayan Sukadana, S.H., selaku perwakilan Pengempon Pura Balai Agung Desa Adat Takmung, Desa Takmung Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Hari Kamis (21/01/2021).

Sarana tempat cuci tangan (wastafel) yang dipasang secara langsung anggota Koramil 1610-02/Banjarangkan dan masyarakat tersebut merupakan kelanjutan dari misi bantuan Kodam IX/Udayana khususnya Korem 163/Wira Satya melalui program sumbangsih Kodam IX/Udayana Untuk Bali Tercinta Tahun 2021 dimana Kodim Klungkung telah memasang 9 unit wastafel dari 30 unit yang siap dipasang secara bertahap dan sisanya akan dipasang kembali di tempat-tempat strategis seperti tempat ibadah, pusat keramaian, tempat wisata dan tempat lainnya di wilayah Kabupaten Klungkung.

Keberadaan wastafel di tempat-tempat yang strategis untuk saat ini merupakan salah satu fasilitas mutlak dan sangat penting dalam rangka mendukung instruksi yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat dan daerah dalam rangka memutus penyebaran rantai Virus Corona yang berdampak secara signifikan dalam kehidupan masyarakat.

Dalam masa Pandemi COVID-19 seperti saat ini, prosedur dan penerapan tindakan 3M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan secara benar dengan sabun dan air yang mengalir serta menggunakan masker dengan benar maupun 3T yaitu testing (pemeriksaan) dini, tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) menjadi keharusan setiap pemangku kepentingan (stakeholder) yang terkait di daerah maupun warga masyarakat untuk menerapkan dan melaksanakannya dengan disiplin dan bersinergi sehingga diharapkan penyebaran Virus Corona di Kabupaten Klungkung dapat diminimalisir dan ditekan semaksimal mungkin penyebarannya.

Ini semua tentu harus didukung dengan keberadaan fasilitas yang memadai seperti adanya tempat untuk cuci tangan (wastafel) di tempat-tempat strategis seperti tempat ibadah, keramaian, wisata dan tempat lainnya

Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E, M.Tr.,.(Han) menyampaikan bahwa tempat cuci tangan atau wastafel yang diberikan oleh Korem 163/WSA secara tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Bali, untuk itu diharapkan desa adat dapat menerima dan menggunakan dengan sebaik-baiknya untuk kebaikan bersama.

“Pada periode ini, bantuan wastafel kami berikan kepada bapak selaku Jero Bendesa Desa Adat Takmung agar nantinya bisa juga menginformasikan lebih lanjut kepada warga masyarakat setempat dalam rangka menekan atau mencegah penyebaran dan penularan COVID-19, salah satunya dengan cara selalu mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir”, jelas Dandim.

Lanjutnya, selaku Komandan Kodim 1610/Klungkung juga berharap agar masyarakat Desa Adat Takmung bisa saling bahu membahu untuk membantu aparat keamanan khususnya Satgas Penanganan COVID-19 dalam menekan penyebaran Pandemi COVID -19 di wilayah Banjarangkan dan sekitarnya.

Di tempat yang sama, Jro Bendesa Adat Takmung I Wayan Sukadana, S.H., juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan wastafel atau tempat cuci tangan dari Kodam IX/Udayana melalui Kodim 1610/Klungkung.

“Semoga wastafel atau tempat cuci tangan ini nantinya bisa bermanfaat/berguna bagi masyarakat Desa Adat Takmung untuk bersama-sama memutus penyebaran rantai COVID-19 di wilayah Kabupaten Klungkung.

Acara yang berlangsung secara kekeluargaan juga dihadiri Babinsa dan Babinkamtibmas serta Perwakilan Kepala Dusun maupun Satgas Gotong Royong Penanganan COVID-19 setempat.***

Editor – Igo Kleden

Igo Kleden

I am journalist...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *